Membuat Santan Bubuk Instan Untuk Menjawab Kebutuhan Pasar

Melihat gaya hidup masyarakat perkotaan yang menginginkan segala kebutuhannya dapat terpenuhi dengan serba instan, Edi Setyo (27) pun mulai berinisiatif untuk menciptakan produk santan bubuk instan untuk menjawab kebutuhan pasar. Mengawali usahanya di awal tahun 2015, sebelumnya Edi sempat melakukan penelitian selama kurang lebih dua tahun untuk mengetahui seberapa besar peluang bisnis santan instan.

membuat-santan-bubuk-instan-untuk-menjawab-kebutuhan-pasar

“Kenapa saya memilih bisnis santan bubuk instan, karena hampir semua wilayah di Indonesia menu masakannya menggunakan bahan baku santan. Mengingat peluang yang sangat besar ini, kami mencoba menawarkan alternatif santan bubuk yang bisa bertahan lama,” begitu kata Edi ketika ditemui tim liputan BisnisUKM pada Jumat, (2/10) silam.

Baca Juga Artikel Ini :

Prospek Pengembangan Agribisnis Kelapa

Kue Kering Kelapa Warisan Leluhur yang Bikin Makmur

Jika biasanya santan cair hanya bisa bertahan selama 1 hari setelah dibuka dari kemasannya, pengusaha muda ini mencoba menghadirkan santan bubuk instan yang bisa bertahan sampai berbulan-bulan. “Saya ingin memperkenalkan santan bubuk instan Risantan ini kepada masyarakat sebagai salah satu alternatif santan kelapa yang tidak hanya berupa santan cair saja namun juga ada santan bubuk instan,” jelasnya.

Dibutuhkan Proses Panjang Untuk Menciptakan Risantan

Bubuk santan instanDalam merintis bisnis santan bubuk instan, Edi menuturkan awalnya untuk menghasilkan produk baru, tentu dibutuhkan proses yang cukup panjang. Apalagi industri ini juga membutuhkan mesin dan sebagainya. Jadi kendala yang Ia rasakan di awal merintis usaha lebih ke permasalahan modal usaha.

“Banyak yang masih bisa kita lakukan ketika kita terpentok di masalah modal. Artinya kita tidak harus memiliki semuanya di awal,” ujar Edi. Sedangkan untuk pemasaran sendiri, Edi sudah memiliki beberapa agen yang nantinya siap membantu memasarkan santan bubuk instan di wilayahnya. Ia juga masih membuka peluang bisnis bagi agen maupun distributor di seluruh Indonesia yang ingin bergabung menjadi agen Risantan.

Ketika ditanya mengenai prospek bisnis santan instan, Edi optimis kedepannya prospek pasarnya semakin bagus. Apalagi pesaing di bisnis ini juga belum banyak, alasan inilah yang mendorongnya lebih serius menggarap bisnis santan bubuk instan.

“Saat ini kita juga sudah melengkapi ijin dari Depkes, dan ijin resmi dari BPOM. Di setiap kemasan sudah ada ijin produk yang kami miliki. Dengan kemasan box, kami membidik segmen pasar di minimarket modern yang tersebar di Jogja,” tuturnya.

Menggandeng Agen Melalui Pemasaran Online

Santan bubuk instanUntuk memperluas pemasaran produk, Edi tak hanya menerapkan sistem konsinyasi (titip jual) di beberapa swalayan yang ada di Jogja namun Ia juga mulai merambah pemasaran online. “Kalau untuk permintaan risantan kemasan box, kami bermain di online jadi permintaan terbanyak juga dari pemasaran online. Sedangkan untuk kemasan sachet kita pasarkan secara offline di pasar tradisional. Sementara ini pemasaran terbanyak masih di sekitar Pulau Jawa, ke depan kami juga akan memperluas pemasaran di luar Jawa,” terang pengusaha muda tersebut.

BINGUNG CARI IDE BISNIS ?

Dapatkan Ratusan Ide Bisnis Dilengkapi Dengan Analisa Usaha.

Klik Disini

Kedepan, Edi berharap bisa mengelola agen yang sudah ada dengan baik sehingga setiap agen bisa mendatangkan omzet yang lebih bagus lagi. “Harapan kedepan kita pengen produk Risantan dikenal luas masyarakat, dan ketika masyarakat membutuhkan produk santan mereka ingat produk risantan. Harapan kedua kita ingin di setiap kota ada agen yang bergabung dengan kita, dan yang ketiga bisnis ini bisa bertahan lama karena kita sudah mencoba memenuhi kebutuhan pasar,” harapnya.

Dengan tekad yang kuat dan passion yang Ia miliki di dunia usaha, kini Edi tak hanya berhasil menciptakan produk baru yang inovatif namun juga bisa mengantongi omzet besar setiap bulannya.

Informasi Keagenan dan Reseller Santan Bubuk Risantan

KLIK DISINI

Tim Liputan BisnisUKM

 

91 Komentar

  1. Bagaimana cara dan syarat jadi agen santan bubuk.saya warung tradisional lokasi dekat pasar berminat jadi agen santan bubuknya

  2. Untuk motoris daerah pandeglang propinsi sudah ada blm dan harga perkartonnya brapa?

  3. Perkenalkan saya Bu Riski dari kab. Bangkalan, Jatim, apa sy masih bisa jadi agen / subdist untuk area Bangkalan dan Sampang, tolong sy diemailkan persyaratan utk menjadi agen di kabupaten kami. Terima kasih

  4. pak saya mau menawarkan karton box untuk kemasan box bapak. bisa saya diberikan nomor kontak yang bisa saya hubungi? terima kasih sebelumnya.

  5. Sungguh kreatif, Untk wil kalimantan barat apa suda ada agennya pak?. dan sy juga mau menawarkan kelapa daerah pesisir kalimantan barat, sy punya kebun sendiri. Selama ini sy kirim ke kalimalang. 12.000. Butir, setiap 15 hari Sekali, kirim, harga Rp. 5500/biji./ grate. 9.on-up. Diantar sampai tujuan. Bila berminat Email aja pak.

  6. Apakah wilyh eks karesidenan pekalongan ; batang, pekalongan, pemalang, tegal dan brebes sdh ada agen/distributor -nya ? mhn detail info syrt agen/distrbtr-risantan -( wilyh pantura jateng bag. barat) makasih.

  7. Pak saya mau menawarkan suplai kelapa gimna caranya pak??
    Pengalaman sdah jd suplier kelapa 2th..terima kasih pak.

  8. Untuk wilayah Kendari Sulawesi Tenggara apakah sudah ada agen? dan bagaimana cara menjadi agen atau distributor? Mohon dikirim persyaratannya ke email suardiwadi798@yahoo.o.id

  9. Untuk wilayah metro di lampung sdh ada yang buka belum. Sy tertarik jd agen…mhn infonya

    • Jember belum ada pak, bisa menghubungi kami ya untuk informasi keagenan Risantan di 087739875439.

    • Baik bapak Wahyu, untuk informasi keagenan bisa hubungi kami di 087739875439 atau Whatsapp 085738880740, Pin BB 5AE5EC57.
      Ada nomor yg bisa kami hubungi bapak?

    • Terimakasih Bapak Wahyudi, untuk Medan belum ada agen, Bapak bisa menghubungi kami di 087739875439 – Whatsapp 085738880740 – Pin BB 5AE5EC57.untuk informasi menjadi mitra.

  10. Mas Edi di Tangerang apa sudah ada, kami berharap bisa jadi mitra maturnuwun persyaratan apa aja.

    • Selamat Sore Bapak Suryadi, untuk Tangerang belum ada agen, Bapak bisa menghubungi kami di 087739875439 – Whatsapp 085738880740 – Pin BB 5AE5EC57.untuk informasi menjadi mitra.

    • Terimakasih Bapak Ahmad, untuk informasi keagenan bisa hubungi kami di 087739875439 atau Whatsapp 085738880740, Pin BB 5AE5EC57.
      Ada nomor yg bisa kami hubungi Bapak?

    • Terimakasih Bapak Fadly atas responnya, untuk proposal sudah kami kirimkan melalui email.

  11. untuk wilayah kabupaten majalengka jawa barat apakah sudah ada tersalurkan ? jika belum mohon email syarat dan ketentuannya menjadi agen…?

    • Terimakasih Bapak Fadly atas responnya, untuk proposal sudah kami kirimkan melalui email.

  12. Untuk wilayah Tulungagung apakah sudah ada agen? dan bagaimana cara menjadi agen atau distributor? Mohon dikirim persyaratannya ke email tulus.bagassejati@gmail.com ya.

Comments are closed.