Bisnis Online, Sosial Media

Membuat Website Toko Online Mudah, Dengan Page Builder dari WordPress!

membuat-website-toko-online-dengan-mudah

Di era digital seperti sekarang ini, mengembangkan usaha yang sudah dijalankan sejak lama dengan menjadikannya suatu bisnis online adalah suatu hal yang lumrah. Ada banyak jasa pembuatan website murah yang bisa dimanfaatkan untuk mewujudkannya. Walau begitu, masih ada banyak orang yang merasa ragu untuk meng-online-kan bisnisnya. Padahal sekarang ini untuk membuat website toko online sangatlah mudah.

Bagi mereka yang belum melek teknologi, membuat website memang bisa jadi sesuatu yang terlihat susah. Jangankan website, perkara membuat email saja bisa jadi PR yang besar. Namun, cara membuat email dengan mudah bisa dipelajari dengan berbagai tutorial yang tersedia di internet. Hal ini juga berlaku jika Anda ingin membuat sebuah website toko online.

Ada banyak cara yang bisa Anda terapkan untuk membuat website toko online secara otodidak dan tanpa ribet. Salah satunya adalah dengan menggunakan page builder dari WordPress. Penggunaan page builder memungkinkan Anda untuk membangun website tanpa harus melakukan coding yang biasa dilakukan oleh para programmer profesional.

Baca juga: 5+ Website Belajar WordPress Online untuk Para Pemula

Untuk bisa membangun website tanpa harus melakukan coding tentu bisa membantu Anda yang mungkin terlalu awam dengan bahasa pemrograman. Apalagi jika Anda ingin segera memasarkan produk dengan lebih mudah melalui toko online. Dengan melakukan drag and drop melalui WordPress page builder, Anda sudah bisa membuat website sesuai keinginan.

Mudahnya penggunaan WordPress page builder tidak berhenti di situ saja. Tool ini tergolong user friendly. Ada beberapa keunggulan lain jika Anda memanfaatkan WordPress page builder untuk membuat website toko online. Keunggulan utamanya adalah website yang akan terlihat lebih trusted dan profesional. Tampilan website bisa diubah sesuai branding yang dirancang.

Baca juga: Sukses di Marketplace, Ini 5 Alasan Bisnismu Harus Buat Website Sendiri

Dari segi desain layout seperti style font dan pemilihan warna, Anda dapat memodifikasinya secara efisien tanpa perlu memakan terlalu banyak tenaga, waktu, dan biaya. Inilah yang membuat page builder menjadi menguntungkan bagi para pengguna pemula. Dengan layanan premium, Anda juga tidak memerlukan plugin tambahan setelah melakukan instalasi.

Memang jika dibandingkan dengan versi gratisnya, Anda akan mengeluarkan budget yang lebih besar. Namun, pengeluaran tersebut akan berbanding lurus dengan keuntungan dari fitur-fitur premium yang Anda dapatkan. Selain itu, penggunaan page builder juga memudahkan Anda untuk melihat preview desain yang sudah dibuat secara real time.

Baca juga: 3 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula

Page Builder WordPress Yang Bisa Kamu Manfaatkan

Lalu, page builder WordPress apa saja yang bisa digunakan untuk membuat website toko online milik Anda sendiri? Berikut beberapa plugin page builder dari WordPress yang layak Anda manfaatkan.

Page Builder: Live Composer

page-builder-live-composer

Plugin ini mungkin tidak begitu familiar di kalangan para pembuat website profesional. Padahal, sudah ada lebih dari 50.000 user yang aktif menggunakannya. Rating untuk plugin ini pun cukup tinggi di WordPress plugin directory. Sehingga, tidak salah jika Live Composer termasuk dalam plugin page builder WordPress yang layak dicoba.

Live Composer terkenal sebagai plugin yang cukup budget friendly. Bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan terlalu banyak biaya untuk pembuatan website, page builder ini bisa jadi pilihan. Hampir seluruh fitur yang ada di dalamnya bisa dimanfaatkan secara cuma-cuma. Anda pun bisa langsung memakai fitur drag and drop dan melihat preview desain yang sudah dirancang.

Baca juga: 5 Kesalahan Digital Marketing yang Harus Anda Hindari

Melalui versi gratis dari Live Composer, Anda sudah bisa menggunakan 40 widget yang tersedia di dalamnya. Widget tersebut di antaranya adalah kolom testimoni, tabs, accordion menu, dan lain sebagainya. Anda pun akan mendapatkan beberapa jenis template berbeda. Jika menginginkan lebih banyak fitur, Anda bisa memanfaatkan versi premium dari plugin ini.

Untuk memanfaatkan layanan premiumnya, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar 49 USD untuk 1 website, 79 USD untuk 5 website, dan 99 USD untuk jumlah website yang tak terbatas. Dengan menggunakan versi berbayar dari plugin ini, Anda akan mendapatkan paket tambahan dengan 12 widget premium di dalamnya.

Elementor Page Builder

elementor-page-builder

Berbicara seputar pembuatan website, nama page builder WordPress yang satu ini pasti tidak akan pernah ketinggalan. Elementor termasuk page builder yang tergolong populer di antara deretan plugin yang lain. Dirilis sejak tahun 2016, plugin ini telah berjuta-juta kali di-install oleh mereka yang ingin membuat website untuk berbagai kebutuhan, termasuk untuk toko online.

Baca juga: Belajar Coding Secara Online Melalui 5 Website Berikut

Untuk memanfaatkan puluhan variasi basic widget lengkap dengan custom elemen HTML dan beragam jenis template, Anda bisa menggunakan versi gratis dari page builder ini. Namun apabila Anda membutuhkan fitur seperti daftar harga, navigasi menu, maupun widget media sosial seperti Facebook, versi gratis tersebut belum menyediakannya.

Maka, akan lebih untuk menggunakan versi berbayar dari plugin ini jika Anda membutuhkan fitur-fitur tersebut. Dengan layanan premium dari Elementor, Anda akan mendapatkan berbagai jenis widget profesional tambahan hingga 22 jenis. Selain itu, versi berbayar ini juga mengakomodir akses menuju 18 widget WooCommerce dan fitur marketing lainnya.

Baca juga: Mudahkan Pelanggan dengan 3 Halaman Ini di Website Toko Online Anda

Dengan biaya mulai dari 49 USD untuk paket Personal, 99 USD untuk paket Business, dan 199 USD untuk paket Unlimited, Anda mampu memanfaatkan layanan premium yang bisa diperbarui setiap tahun. Anda pun bisa me-non-aktifkannya sewaktu-waktu tanpa meninggalkan jejak shortcodes. Kebutuhan website toko online pun bisa diakomodir dengan efisien.

Kesimpulan

Memasarkan produk bisnis dengan membuat website toko online bisa jadi langkah awal yang mampu memajukan nama brand Anda. Apalagi di era digital seperti saat ini, hampir semua orang memilih untuk membeli barang-barang secara online melalui perangkat digital seperti smartphone maupun komputer.

Maka, akan lebih baik apabila Anda mulai membuat website toko online Anda sekarang. Dengan menggunakan page builder dari WordPress, Anda bisa membuat website toko online dan memodifikasi desainnya secara efisien, tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak biaya dan tenaga. Selamat mencoba!