Bisnis Kuliner, Manajemen Bisnis

Apa Bisnis Kuliner adalah Peluang Usaha yang Mudah? Ini 10 Alasannya!

bisnis kuliner adalahBisnis kuliner adalah salah satu jenis bisnis yang banyak peminatnya, tak hanya digeluti oleh kaum hawa yang identik dengan memasak, namun banyak juga kaum lelaki yang menjadi pelopor dalam bisnis kuliner dan sukses besar. Di luaran sana ada banyak sekali artikel yang membahas mengenai tips bisnis kuliner bagi para pemula sehingga bagi anda yang masih sangat pemula dalam bisnis ini bisa memulai langkah dengan tepat.

Salah satu tips yang bisa diterapkan adalah dengan mengetahui jenis kuliner apa yang akan anda pilih, pastikan kuliner tersebut belum banyak yang menjual sehingga persaingannya bisa lebih longgar dan kemungkinan anda sukses besar sangat lebar. Namun tak ada salahnya juga apabila anda membuka usaha kuliner yang sedang hits di masyarakat, hanya saja pastikan anda memiliki resep baru yang otentik untuk membuat makanan hits yang anda jual lebih menarik lagi.

Tak hanya membuka usaha sendiri, anda juga bisa bekerjasama dengan merk dagang untuk menjual kembali produk tersebut, dan biasa dikenal dengan nama franchise. Biasanya ada tipe franchise yang bagi hasil dan ada juga yang hanya membeli nama saja, sehingga anda berjualan dengan nama merk tersebut, serta tidak perlu berbagi hasil. Tinggal anda memilih mau berbisnis menggunakan metode apa, metode mandiri, atau menggunakan metode pemasaran seperti bisnis franchise.

Bisnis kuliner adalah bisnis yang sangat mudah, bahkan bisa dikatakan menjadi bisnis yang bisa dilakukan oleh semua orang, bahkan yang belum bisa memasak sekalipun. Apa saja alasannya? Berikut adalah 10 alasan yang membuktikan bahwa kuliner adalah bisnis yang sangat mudah dilakukan.

1. Bisnis Kuliner Tidak Perlu Banyak Modal

Hal pertama yang membuat bisnis kuliner menjadi peluang usaha yang sangat mudah adalah karena modal yang sedikit. Anda tidak perlu menyediakan modal sampai ratusan juta untuk membuka usaha kuliner, bahkan dengan modal di bawah 500 ribu saja anda sudah bisa membuka usaha sendiri di rumah.

2. Bisnis Kuliner Online Tidak Perlu Sewa Tempat

Jika modal anda terbatas, serta usaha kuliner yang sedang anda rintis masih kecil-kecilan dan belum banyak pembeli, maka tips bisnis kuliner yang bisa dilakukan adalah jangan menyewa toko atau gerobak jualan, melainkan jualan dulu dari rumah misalnya buka bisnis kuliner online sampai usaha anda mulai dikenal orang. Hal ini juga bisa membuat anda lebih hemat modal, karena berbisnis dari rumah tak perlu sewa tempat. Baik itu dengan membuka toko di teras rumah atau menjualnya dengan cara online.

3. Pasarnya Besar Karena Semua Orang Suka Makan

Semua orang pasti membutuhkan makanan, baik itu makanan berat ataupun makanan ringan semacam cemilan dan minuman-minuman yang dikonsumsi untuk melepas dahaga. Tak ada orang yang tidak membutuhkan makanan, karena dengan makanan seseorang bisa memiliki energi untuk beraktivitas. Jadi, bisnis kuliner tidak akan mengecewakan anda dan modal bisa cepat kembali, utamanya jika anda berjualan di tempat yang ramai.

4. Yakin, Bisnis Kuliner Pasti Ada Pembelinya

Semua jenis makanan, pasti akan dibeli. Apalagi jika tampilannya unik dan tempat jualannya juga bersih. Jadi pastikan anda mengemas jualan anda dalam packaging yang rapi dan menarik, menggunakan label yang berwarna cerah, nama yang unik, serta rasa yang tak boleh mengecewakan. Semakin menarik dan semakin enak, semakin banyak pula orang yang akan datang membeli kuliner anda.

5. Strategi Pemasaran Bisnis Makanan Cukup Mudah

Bisnis kuliner adalah salah satu jenis bisnis yang paling mudah untuk berpromosi, karena bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan membuat kemasan makanan yang unik dan menarik, membagikan sampel  produk di jalanan, tak lupa dengan memasukkan kartu nama bisnis anda di dalam kemasan sampel tersebut, sehingga orang yang mencicipi sampel bisa menyimpan kartu tersebut, dan menghubungi anda untuk memesan kuliner yang anda jual.

6. Untungnya Bisnis Kuliner Berlipat Ganda

Untuk memulai usaha kuliner, memang tak banyak modal, apalagi jika di rumah sudah tersedia berbagai macam bahan yang akan digunakan. Anda bisa menekan penggunaan modal, mengkreasikan bahan yang sedikit menjadi banyak dan masih banyak cara lainnya. Salah satu tips bisnis kuliner yang banyak dilakukan adalah dengan mencampur adonan telur dengan air, sehingga tak mudah robek, serta lebih hemat.

7. Buka Peluang Bisnis Kuliner Untuk Menyalurkan Hobi

Pekerjaan terbaik adalah hobi yang dibayar, maka jika anda memiliki hobi memasak dan mengulik resep baru, maka membuka bisnis kuliner adalah pilihan yang paling tepat. Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjalankan hobi anda, serta pekerjaan akan terasa lebih menyenangkan saat mengerjakan hal yang anda sukai.

8. Peluang Bisnis Ini Juga Mudah Dilakukan

Memasak resep baru memang tidak akan sekali jadi, apalagi jika tak memiliki basic atau skill memasak sama sekali. Tetapi dibandingkan dengan pekerjaan yang membutuhkan keterampilan, maka bisnis kuliner jauh lebih mudah untuk dilakukan, bahkan oleh orang yang tak bisa memasak sekalipun, asalkan mau belajar supaya skill masaknya lebih baik lagi.

9. Bisnis Kuliner Berpeluang Buka Cabang

Anda pasti sering melihat banyak franchise makanan dan minuman kekinian, tak hanya di tempat belanja atau tempat wisata, bahkan di sekolah-sekolah pun sudah ada standnya dan peminatnya juga selalu banyak. Jika anda mampu mengembangkan bisnis yang sedang anda geluti ini, maka tak menutup kemungkinan anda bisa membuka cabang, utamanya jika sudah banyak yang membeli kuliner kreasi anda dan ketagihan, serta berasal dari berbagai kota.

10. Banyak Kuliner Kekinian Yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis

Jika anda memilih untuk menggeluti bisnis kuliner, tak perlu khawatir kehabisan ide, karena ide tentang kuliner tidak akan ada habisnya. Selalu ada kuliner baru yang muncul setiap hari, anda bisa mencari ide-ide baru dengan menggabungkan dua macam makanan, mengkreasikan resep lama atau memperbarui resep yang sudah ada sehingga jadi penganan baru dan masih banyak cara lainnya untuk mendapatkan ide usaha baru. Semakin kreatif ide anda, semakin besar pula kesempatan untuk meraih kesuksesan.

Saat pertama kali memulai bisnis kuliner, anda  tak perlu langsung membuat dalam jumlah yang besar karena belum banyak yang tahu mengenai usaha anda dan kecil kemungkinan jualan langsung habis banyak dalam hari-hari pertama jualan. Oleh karena itu, lebih baik anda membuat jualan di hari pertama sedikit-sedikit saja, setelah makin banyak yang mengenal dan pelanggan bertambah maka porsinya bisa ditambah. Hal itu untuk menghindari mubazir, apalagi jika makanan yang anda jual tidak tahan lebih dari satu hari, maka membuat dalam jumlah besar malah akan memboroskan modal saja.

Tak perlu terlalu tegang saat memulai bisnis di bidang kuliner ini, karena bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang terbilang santai dan persaingannya juga tidak seketat bidang bisnis lainnya. Jika anda ingin membuka bisnis di satu wilayah, pastikan tidak ada penjual kuliner sejenis sehingga tidak terjadi persaingan yang kurang sehat.

Menurut anda, bisnis kuliner apa yang sedang hits saat ini? Share, ya!