Menariknya Burger Ikan Laut, Bisnis Makanan yang Diburu Konsumen

Hamburger atau sering disingkat dengan burger merupakan makanan berupa roti dan memiliki bentuk bundar lalu diiris menjadi dua bagian. Burger selalu identik dengan bagian tengah yang diisi dengan aneka campuran, mulai dari daging hingga sayuran segar berupa selada, tomat, dan bawang bombay. Untuk mempertajam rasa burger, roti pun diberi tambahan saus seperti mayones, saus tomat atau sambal. Beberapa varian dari bisnis makanan cepat saji ini juga dilengkapi dengan keju, sayur asinan, serta bahan lain seperti sosis, dan ham.

This image has an empty alt attribute; its file name is BISNIS-UKM-42-720x432.jpg

Maraknya bisnis makanan berupa bisnis olahan ikan, membuat beberapa pengusaha burger menyajikan hamburger dengan isian dari ikan laut. Burger ikan laut merupakan makanan siap saji yang banyak digemari oleh konsumen. Bisnis olahan ikan ini sangat cocok dikembangkan menjadi bisnis sampingan.

Bisnis Makanan Burger Olahan Ikan Laut

Burger yang dikenal sebagai makanan junk food, bisa Anda sulap menjadi makanan penuh gizi melalui burger ikan laut. Burger olahan ikan ini lebih sehat untuk dikonsumsi setiap hari. Target pembeli bisnis makanan burger ikan laut adalah anak-anak sekolah hingga usia dewasa. Terutama bagi kaum wanita dan ibu rumah tangga yang sedang sibuk sehingga tidak memungkinkan untuk memasak.

Di kota-kota besar seperti Denpasar, bisnis makanan Burger ikan laut sudah mulai dijalankan oleh pedagang kaki lima. Bisnis Burger biasanya juga dijajakan beserta camilan lain, seperti kentang goreng, sandwich, dan ayam goreng. Bisnis burger dikemas cantik dalam gerobak mungil didesain menarik, ada yang didorong dengan berjalan kaki, naik sepeda/sepeda motor, atau pun mangkal di tempat.

Dengan adanya peluang bisnis yang semakin cerah pada aneka olahan ikan, Burger ikan laut menjadi usaha yang cocok dijalankan sebagai bisnis sampingan. Karena bisnis Burger ini, bisa Anda mulai dengan modal kecil. Anda bisa membuka bisnis burger di kompleks perumahan, sekolahan, atau tempat nongkrong para kawula muda.

Resep Burger Ikan Laut

Bahan :

  • Roti burger  12

Bahan Burger Ikan :

  • Kakap merah 300 gram
  • Tepung panir halus 2 sdm
  • Telur 1 butir
  • Daun bawang 1 batang
  • Bawang putih 1 siung
  • Garam 3/4 sdm
  • Minyak 700 ml
  • Mentega secukupnya

Bahan Pencelup :

  • Putih telur 1 butir
  • Tapung panir 100 gram

Bahan Pelengkap :

  • Mayones 35 gram
  • Timun 100 gram
  • Tomat 2 buah
  • Keju cheddar 40 gram
  • Saus tomat 35 gram
  • Daun selada 12 lembar

Cara Membuat :

  1. Burger ikan, pertama haluskan daging kemudian cincang halus, lalu campur dengan tepung panir halus.
  2. kemudian masukkan telur, daun bawang, bawang putih, garam dan merica bubuk. Aduk rata kembali semua bahan diatas.
  3. Ambil sedikit campuran ikan kemudian bentuk bulat pipih. Celupkan dalam putih telur. Lalu gulingkan dalam tepung panir putih kasar sampai semua tercampur rata. Ulangi sampai adonan habis.
  4. Sambil panaskan wajan dan jika minyak sudah panas masukkan adonan dan goreng dengan api sedang sampai warna kecoklatan dan matang.
  5. Jika sudah angkat dna tiriskan, tunggu hingga agak dingin.
  6. Kemudian panaskan loyang dan olesi dengan mentega. Kemudian belah roti burger namun jangan sampai putus. pangang sebentar.
  7. Jika sudah hangat dan agak kecoklatan angkat kemudian olesi dengan mayones, saus dan tata dengan selada, timun, tomat, keju kemudian letakkan burger ikan.
  8. Tambahkan saus atau mayones sesuai selera, tutup roti dan sajikan.

This image has an empty alt attribute; its file name is BISNIS-UKM-43-720x432.jpg

Analisa Ekonomi

Modal awal
Etalase                          Rp   350.000
Booth kayu portabel ukuran M     Rp   650.000
Alat masak                       Rp   800.000
Alat makan                       Rp   200.000
Meja lipat                       Rp   300.000
Kursi plastik rotan sender 6     Rp   150.000
lain-lain                        Rp   100.000
Total                            Rp 2.550.000

Biaya Operasional
Daging ikan dan cumi 1kg Rp 40.000 x 30 hari        Rp  1.200.000  
Tepung panir  1kg   Rp 13.500 x 30 hari             Rp    405.000
Telur 1kg (16 butir)  Rp 24.000 x 20                Rp    480.000
Bumbu (bamer, baput, garam, minyak) Rp 50.000 x 30  Rp  1.500.000  
Sayuran (timun, selada, tomat) Rp 50.000 x 30       Rp  1.500.000                     
Mayones 1kg Rp 24.000 x 10                          Rp    240.000
Saus pedas 1kg Rp 20.000 x 10                       Rp    200.000
Saus tomat 1kg 14.000 x 10                          Rp    140.000
Mentega 500 gram Rp 12.500 x 30                     Rp    360.000
Gas     Rp 25.000 x 11                              Rp    275.000
Total                                               Rp  6.300.000
Total modal awal                                    Rp  8.850.000

Biaya penyusutan alat selama pemakaian 1 tahun
= 1/12 x Rp 2.550.000
= Rp 212.500
Pendapatan
Asumsi per harinya burger terjual mencapai 35 porsi dengan harga tiap porsi Rp 11.000

Per harinya = 35 x Rp 11.000 = Rp 385.000
Per bulannya = Rp 385.000 x 30 hari = Rp 11.550.000
Laba bersih 
Laba bersih adalah pendapatan dikurangi modal awal
Jadi, laba bersih Rp 11.550.000 – Rp 8.850.000 = Rp 2.700.00

Model Usaha

Stand Atau Gerobak

Memulai usaha burger ini ada banyak cara dan modelnya. Nah apalagi buat kamu yang masih pemula. Modal adalah salah satu kendala yang pasti dihadapi. Tapi tenang kamu tetap bisa jualan dengan mengandalkan modal yang ada dengan meminimalisir budget sewa lokasi. Salah satunya adalah dengan konsep menggunakan stand atau gerobak. Kamu bisa menggunakan halaman rumah untuk jualan. Usahakan membuat konsep yang sederhana namun menarik.

Tak perlu risau jika kamu memulai usaha ini dengan menggunakan halaman rumah. Nah jika kebetulan rumah kamu lokasinya kurang strategis kamu bisa memaksimalkan pemasaran secara online. Maka tak perlu khawatir karena meski lokasinya jauh dan terpencil pun pasti akan diketahui masyarakat.Nah menarik ya? sekarang memulai usaha tidak lagi terbatas tempat dan modal usaha lagi. Tentu karena sekarang sudah banyak fasilitas, media yang mendukung dan cara-cara unik untuk memulai usaha.

Pesan Antar Dari Rumah

Cara yang satu ini adalah cara yang paling mudah dan cocok bagi para pemula. Memanfaatkan dapur dirumah untuk menghemat biaya sewa tempat. Apalagi di era pandemi seperti ini. Jualan jadi lebih aman karena bisa dilakukan dari rumah tanpa menerima makan ditempat. Nah selanjutnya kamu bisa kerjasama dengan layanan gofood seperti gojek dan grab.

Dengan mengandalkan layanan tersebut kamu bisa memulai hanya dengan modal dapur dirumah. Sistemnya nanti pembeli akan pesan melalui aplikasi gofood. Menarik sekali ya? tak usah ragu karena sudah banyak para pelaku usaha sukses yang memulai usahanya dari dapur dan memanfaatkan layanan gofood. Bahkan dengan mengandalkan layanan ini penjualan bisa lebih meningkat 2 x lipat.

Strategi Pemasaran Dengan Media Sosial

This image has an empty alt attribute; its file name is BISNIS-UKM-45-720x432.jpg

Kualitas dan Konsep Foto Produk

Untuk menciptakan kesan pertama yang baik tentu saja kamu harus menampilkan sesuatu yang baik juga. Buatlah foto produk makanan yang kamu tawarkan dengan konsep dan kualitas terbaik. Dengan tampilan foto produk yang menarik audiens akan lebih terdorong untuk mencari tahu lebih lanjut tentang produk yang kamu tawarkan hingga bisa terjadi pembelian.

Kontes Digital

Pasti kamu udah nggak asing lagi sama give away kan? Give away merupakan salah satu kontes digital yang tren dan bisa menarik perhatian audiens dengan mudah. Hal yang harus kamu perhatikan ketika akan mengadakan kontes digital adalah apa yang kamu dapatkan setidaknya harus setimpal dengan apa yang audiens dapatkan nanti. Pastinya nanti pemenang yang berhasil, akan mendapatkan produk kamu secara gratis dan mereka akan membagikan testimoni serta ulasasan tentang produk kamu.

Customer Review

Manfaatkan Google Local Guide berkaitan dengan ulasan dari konsumen terkait usaha makanan kamu. Google Local Guide adalah orang-orang yang bekerja sama dengan Google untuk melakukan review secara sukarela terhadap tempat-tempat-tempat yang dia kunjungi, termasuk rumah makan dan bisnis kuliner lainnya. Untuk bisa memanfaatkan review dari para Google Local Guide ini kamu perlu membuat akun di Google My Business. Review dari para Google Local Guide ini bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan bisnis kuliner kamu. Kalau review dari mereka bagus dan bahkan mereka ikut merekomendasikan bisnis kuliner kamu. Nah bagaimana kamu tertarik dengan usaha yang satu ini? Yuk, mulai dari sekarang, segera eksekusi dan semoga berhasil ya.

Leave a Comment