Kemasan

Mengenal Kemasan Box Donat Untuk Usaha Makananmu!!

mengenal-kemasan-box-donat-untuk-usaha-makananmu

Mengenal kemasan box donat untuk para pengusaha pemula sangatlah penting. Sebelum memulai suatu usaha ada hal lain yang perlu untuk diperhatikan. Terutama untuk mengenal berbagai jenis dan ukuran kemasan box.

Berbisnis makanan ringan maupun berat kini memang sedang menjamur, bahkan usaha makanan tidak pernah ada matinya. Setiap harinya selalu saja ada kreasi baru berbagai makanan. Maka tidak heran banyak sekali yang mulai mencoba memasuki dunia bisnis makanan. Salah satu makanan yang terus berkembang dan banyak menjadi pilihan para pengusaha makanan adalah donat.

Makanan tersebut menjadi pilihan para pengusaha karena merupakan salah satu makanan yang mudah untuk dijalankan dan dikembangkan. Dengan banyaknya penikmat donat mulai dari anak kecil hingga orang tua serta modal usaha yang relative ringan menjadikan usaha ini menjadi pilihan banyak pengusaha. Nah seiring dengan berkembangnya para pengusaha donat, kemasan box donat pun kini semakin dicari untuk mengemas produk makananya tersebut. Berbagai jenis box donat kini bermunculan dengan menawarakan berbagai ukuran. Beberapa para calon pengusaha yang akan membuka usaha ini pun masih sedikit kesulitan untuk menentukan ukuran dan jenis kemasan box yang cocok untuk mengemas donat.

Kemasan box donat yang simple menjadi pilihan yang tepat. Dengan tambahan variasi desain yang unik dan menarik untuk mempercantik tampilan box. Berikut ada beberapa jenis kertas box donat untuk anda jadikan pilihan kemasan produk anda.

Jenis Kemasan Box Donat Yang Bisa Anda Coba

  1. Kertas Duplex

Jenis kemasan box dengan bahan kertas duplex merupakan salah satu jenis kertas karton yang paling banyak digunakan dipasaran. Keterbalan kertas ini bisa disesuaikan sesuai dengan penggunaan. Jenis kertas duplex memiliki 230-450 GSM. Nah dengan ketebalan tersebut sangatlah cocok untuk mengemas produk yang rentan rusak. Selain itu kertas ini mudah untuk dibentuk menjadi apa saja. Pada bisanya kertas ini digunakan untuk membungkus berbagai makanan cepat saja karena aman dan biasanya sudah food grade.

  1. Ivory

Jenis kemasan box kertas ivory merupaka kombinasi antara art carton dan matt paper. Ketebalannya mencapai 260-350gr. Selain itu kemasan ini juga berupa laminasi glossy, bagian lainnya bertestur doff. Permukaan kertas tersebut yang berlaminasi glossy yang berkilauan menjadikan gambar dan tulisan yang tercetak terlihat lebih cerah, menarik dan tajam. Kemasan ivory ini kerap sekalai digunakan untuk mengemas makanan karena aman dan telah melewati standart food grade. Kelebihan dari kemasan jenis ini adalah tebal dan kuat, gramsi kertas bervariasi, terkesan sederhana namun elegan.

  1. Yellow Board

Jenis kemasan box ini adalah kemasan berbahan karton sehingga cukup tebal. Kertas ini tidak bisa dicetak dengan menggunakan mesin offset melainkan harus menggunakan lapisan kertas linen. Bahan ini terkesan cukup kokoh dan kuat. Sehingga dinilai aman untuk mengemas berbagai jenis makanan yang rentan rusak.

  1. Art Paper

Jenis kemasan box ini merupakan kemasan dengan kertas berbahan lapisan coated. Permukaanya agak rata serta menimbulkan efek glossy. Beberapa kemasan makanan banyak yang menggunakan kemasan bahan kertas ini. Ketebalannya mencapai 100-150gr sehingga lumayan cocok untuk mengemas produk anda.

Tips Memilih Kemasan Box Donat

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda memilih jenis kemasan box untuk usahamu, berikut ada 3 yakni :

  1. Sesuaikan Ukuran Produk Dengan Kemasan

Menyesuaikan ukuran kemasan dengan produk bertujuan agar kemasan tidak kekecilan ataupun kebesaran. Tentunya asangat aneh apabila kemasan yang anda gunakan lebih besar sedangkan isi produknya terlalu kecil karena akan terkesan agak aneh. Namun memilih kemasan dengan ukuran yang lebih kecil juga tidak pas karena produk yang dikemas menjadi kurang sesuai. Usahakan kalau ukuranya sedikit longgar sehingga masih ada ruang kosong untuk bernafas guna untuk menjaga dari kerusakan karena kepenuhan. Dalam hal ini tentu anda pikirkan ukuran kemasan dengan jumlah produk yang akan anda masukan dalam kemasan.

  1. Pilihlah Jenis Kemasan Sesuai Kebutuhan

Memilih jenis kemasan yang sesuai dengan kebutuhan produk adalah hal yang sangat penting. Apabila kurang sesuai fungsinya pun akan hilang. Pastikan apabila untuk mengemas donat dalam jumlah banyak gunakan donat box yang tertutup agar tidak terkontaminsi dengan paparan sinar matahari langsung dan partikel lainnya. Pastikan bahwa jenis kemasam yang digunakan kokoh dan aman untuk mengemas beberapa buah makanan.

  1. Menentukan Material Yang Tepat

Menentukan material termasuk hal yang pantas untuk diperhatikan dikarenakan sangat rentan untuk keamanan makanan. Apabila produk yang anda jual sekiranya perlu perlindungan dan bahan yang tebal dan kokoh carilah bahan yang mampu menahan produk anda.

  1. Pilih Bahan Jenis Kemasan Yang Ramah Lingkungan

Hal ini perlu diperhatikan yaitu dengan memilih jenis bahan kemasan yang ramah lingkungan. Tentunya bahan kemasan box yang bisa didaur ulang. Meski untuk mengemas produk harus memilih bahan yang kuat dan kokoh. Namun juga harus memperhatikan bahan yang digunakan ramah lingkungan. Bahan kemasan kertas dinilai cukup aman karena dapat diuraikan dalam tanah. Jangan sampai lingkungan tercemar dengan bahan kemasan yang anda pilih.

Tidak cukup hanya memilih jenis, bahan dan ukuran kemasan saja, tentu ada hal lain yang menjadi perhatian khusus. Apakah itu?

Jenis Kemasan box yang polos akan terkesan kurang menarik dan konsumen enggan untuk membeli. Meski dengan harga yang lumayan mahal konsumen akan tetap membeli produk karena kemasan dengan sentuhan desain memberikan kesan sangat menarik. Tentunya desain bukan hanya sekedar untuk memaparkan nama atau pun logo saja. Namun hadirnya desain-desain yang menarik juga turut membantu menambah nilai jual suatu produk.

mengenal-kemasan-box-donat-untuk-usaha-makananmu

Tips Memilih Desain Kemasan Box Donat

  1. Pilih desain kemasan yang sederhana tapi elegan

Meski kemasan box anda sudah ada desain yang bertujuan untuk menarik konsumen, namun apabila desain yang digunakan terlalu berlebihan maka akan jadi sangat tidak menarik dan tentunya membosankan.  Memanglah para pembeli lebih menyukai desain kemasan yang di desain secara sendiri ketimbang seperti yang sudah ada dipasaran. Namun jika berlebihan pun akan membuat tidak menarik pula. Maka memilih jenis desain yang simple dan menarik adalah pilihan yang tepat.

  1. Sesuai dengan usaha

Pilih desain yang sesuai dengan usaha anda. Apabila anda menjual makanan donat tentu anda akan memilih desain yang bernuansa atau sesuai dengan produk anda bukan? Karena akan sangat aneh apabila anda usaha makanan kue namun desain menunjukkan gambar kopi atau gambar lainnya. Tentu sangat tidak nyambung. Maka pemilihan gambar pun haruslah hati-hati dan disesuaikan dengan produk usaha anda.

  1. Menggunakan slogan

Cara lain untuk memilih desain kemasan makanan anda maka anda harus menyisipkan slogan. Cara ini dinilai membantu untuk  mrningkatkan target pasar dan promosi. Bukankah anda sering kali melihat produk yang dikemasannya menyisipkan slogan? Nah ternyata cara ini ampuh untuk memantu desain terkesan lebih menarik. Namun tetap masih dalam batas wajar yaa.