Peluang Bisnis, Peluang usaha

Peluang Bisnis Minuman Es Buah Tak Perlu Modal Besar

SHARE YUK!

Bisnis minuman es buahDi Negara tropis seperti Indonesia, olahan buah-buahan tentunya menjadi jajanan laris yang banyak dicari oleh banyak orang. Selain untuk menghilangkan dahaga, buah-buahan juga memberikan kontribusi yang berarti bagi kesehatan tubuh kita. Tak heran lagi, jika aneka buah segar diramu bersama dengan es, susu kental manis, sirup, ketan hitam dan bahan makanan lainnya pasti akan di serbu konsumen di Indonesia.

Orang biasa menyebut kuliner ini dengan nama es buah. Tak hanya rasanya yang segar, minuman es buah ini kini menjadi incaran masyarakat yang sedang bingung mencari peluang usaha. Modalnya yang terbilang kecil serta proses produksinya yang sangat mudah, menjadikan bisnis minuman es buah ini sebagai pilihan peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Meskipun pelaku bisnisnya sudah menjamur dimana-mana, namun penjualan es buah seakan tidak pernah mati karena minuman segar ini banyak digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Dengan modal usaha yang cukup minim dan pengelolaan usaha yang tergolong sederhana, siapa saja bisa merintis bisnis minuman es buah untuk mendatangkan untung jutaan rupiah setiap bulannya.

Konsumen

Konsumen untuk bisnis es buah ini adalah semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa, pria maupun wanita, semuanya bisa menjadi target pasar untuk bisnis minuman ini. Banyaknya manfaat buah-buahan bagi kesehatan tubuh dan rasanya yang menyegarkan membuat kuliner ini banyak disukai orang.

Memulai Bisnis Es Buah

Nilai plus bagi Anda yang tertarik untuk menekuni bisnis es buah ini adalah jika Anda bisa menggunakan sirup manis buatan sendiri atau gunakan gula asli, jangan pernah coba-coba untuk menggunakan pemanis buatan. Karena, rasa manis dari gula asli akan terasa lebih enak dan sehat.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum memulai bisnis berjualan es buah.

  1. Mencari tempat yang strategis yang mudah dijangkau orang, sebaiknya pilih tempat di pinggir jalan yang ramai lalu lintas seperti dekat dengan sekolah, kampus atau kantor. Anda bisa juga bekerjasama dengan kantin sekolah atau restoran.
  2. Menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk pendukung bisnis es buah, misalnya saja lemari es, gelas, kursi, buah-buahan, es dan lain sebagainya.
  3. Mencari tempat yang menyediakan buah-buahan segar berkualitas namun dengan harga yang lebih murah.
  4. Melakukan promosi kepada konsumen yang akan dituju.
  5. Pesan gerobak es yang unik sehingga bisa menarik konsumen.
  6. Jaga kualitas rasa es buah dan ciptakan inovasi baru sehingga konsumen tidak akan bosan menikmati es buah Anda.
  7. Selalu jaga kebersihan dan kenyamanan tempat Anda berjualan, karena bisnis yang berhubungan dengan kuliner atau makanan sangat rentan dengan adanya isu-isu tentang kebersihan.

Keuntungan Bisnis

Keuntungan yang akan Anda peroleh dengan berjualan es buah ini diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Hanya membutuhkan modal kecil dan investasi untuk perlengkapan, sewa tempat, sarana dan hal lainnya tergolong sederhana.
  2. Bahan baku serta bahan penunjang untuk bisnis minuman es buah mudah diperoleh dimana saja.
  3. Jika bahan baku tidak habis terjual, maka pelaku bisnis dapat menyimpannya di kulkas atau lemari es dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan masa ketahanan buah.
  4. Karena bisnis minuman es buah ini berkaitan dengan selera konsumen, maka bisnis ini akan menciptakan sebuah peluang bisnis yang lebih besar lagi jika pelaku bisnisnya mampu berkreasi semaksimal mungkin dan terus berinovasi dengan menciptakan menu-menu baru yang berbeda dengan sebelumnya.

Hambatan Bisnis

Selain keuntungan yang kita peroleh, dalam menjalankan bisnis pastinya ada hambatan yang akan kita hadapi.

  1. Buah yang tidak tahan lama akan cepat membusuk apalagi jika Anda tidak menyimpannya di dalam lemari es.
  2. Bisnis minuman es buah ini sudah menjamur dimana-mana sehingga persaingan bisnis semakin ketat, untuk itu harus memiliki ciri khas dari es buah yang Anda jual agar banyak dikenal oleh pengunjung.
  3. Kualitas rasa yang kurang pas di lidah pembeli dan kurang diminati, sehingga Anda harus membuat es buah seenak mungkin dengan berbagai macam varian rasa dan isinya.

Strategi Pemasaran

Kemasan minumanStrategi pemasaran dan promosi untuk bisnis minuman es buah ini dapat dilakukan secara langsung dari mulut ke mulut. Anda juga dapat melakukannya dengan menyebarkan brosur, memasang merek pada gerobaknya bahkan memajang nomor telepon. Kemudian pilihlah tempat yang strategis untuk menempatkan gerobak jualan Anda, misalnya disekitar kantor, sekolah maupun kampus.

Selain itu, Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan restoran maupun warung yang sudah banyak dikenal orang untuk menempatkan gerobak Anda ditempat tersebut sehingga akan lebih mudah mendapatkan pembeli.

Meskipun termasuk dalam bisnis modal kecil, namun bisnis minuman segar ini dapat mendatangkan keuntungan yang besar bahkan bisa dikembangkan jika ditekuni dengan serius.

Kunci Sukses

Agar bisnis es buah Anda selalu diminati oleh banyak konsumen, maka hal utama yang harus tetap Anda jaga adalah kualitas rasa es buah dan juga kebersihannya. Untuk bahan baku es buah, pilihlah buah-buahan yang berkualitas yang pastinya masih segar. Selain itu, untuk sirup atau gulanya hindarilah menggunakan pemanis buatan. Jika Anda menggunakan pemanis buatan maka dapat menimbulkan image buruk dimata konsumen Anda.

Analisa Ekonomi

Modal Awal

Peralatan
Gerobak/ Sewa Tempat                         Rp 3.000.000,00
Peralatan minum (gelas dan sendok)           Rp   400.000,00
Kulkas                                       Rp 2.000.000,00
Kursi plastik                                Rp   150.000,00 +
Jumlah                                      Rp 5.550.000,00

Perlengkapan
Kantong kemasan                               Rp 100.000,00
Kantong plastik                               Rp  25.000,00 +
Jumlah                                       Rp 125.000,00

Perhitungan laba/ (rugi) per bulan  
30 hari x Rp 5.000,00 x 30 bungkus            Rp 4.500.000,00

Biaya Operasional
Persediaan buah                               Rp 1.500.000,00
Susu + Gula                                   Rp   300.000,00
Listrik + Air                                 Rp   300.000,00
Transportasi                                  Rp   200.000,00
Biaya perlengkapan                            Rp   125.000,00
Biaya penyusutan peralatan                    Rp   115.604,00
Biaya lain-lain                               Rp   100.000,00 +
Jumlah biaya                                 Rp 2.640.604,00

Laba/ (rugi)
Laba/ rugi bersih = pendapatan – biaya operasional
Rp 4.500.000,00 – Rp 2.640.604,00 = Rp 1.859.396,00

Mudah dan murah bukan? Nah, setelah membahas peluang bisnis minuman segar seperti es buah, kini giliran Anda untuk mulai mempraktikkannya langsung di lapangan untuk mendatangkan keuntungan setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar : 
1. http://cdn.klimg.com/vemale.com/headline/650x325/2013/10/segarnya-es-buah-gembira.jpg
2. http://cdn.klimg.com/vemale.com/p/iw.jpg

SHARE YUK!