Mengenali Penjual Toko Online Terpercaya

penjual toko online terpercayaPerkembangan teknologi yang seakan tak pernah berhenti, menjadi salah satu pendorong pertumbuhan toko online di Indonesia. Gaya hidup masyarakat yang kian hari mulai terbiasa dengan aktivitas belanja online, membuat peluang bisnis toko online semakin menjanjikan keuntungan besar bagi para pelakunya. Kondisi inilah yang kemudian dimanfaatkan sebagian orang yang tak bertanggungjawab untuk melakukan tindak penipuan dengan membuat toko online murah yang berkedok penjualan barang via online.

Seperti yang telah dilansir berbagai media, saat ini kasus penipuan online mulai banyak memakan korban.  Kendati begitu, tidak semua toko online murah melakukan tindak kecurangan. Sebagai calon konsumen, sebaiknya kita lebih jeli melihat situs online yang aman dan terpercaya sebelum akhirnya melakukan transaksi pembelian.

Nah, agar Anda tak menjadi korban kasus penipuan online. Sedikitnya ada 3 cara yang bisa Anda gunakan untuk mengenali penjual toko online terpercaya.

1. Teliti dahulu dengan siapa Anda bertransaksi

Agar Anda tak terjebak dengan penipuan online, ada baiknya bila Anda mengetahui terlebih dahulu dengan siapa Anda bertransaksi. Jangan terburu-buru melakukan pemesanan sebelum Anda membaca denan seksama informasi penjual yang tersedia di website toko online terpercaya tersebut. Dalam hal ini Anda bisa meneliti kebenaran alamat toko yang bisa dikunjungi, nomor telepon yang bisa dihubungi, PIN BB, alamat email, atau halaman facebook dan twitter yang mereka gunakan untuk berpromosi

2. Perhatikan cara pembayaran yang ditawarkan

Selain memperhatikan informasi lengkap mengenai penjual, perhatikan pula detail pembayaran yang ditawarkan pemilik toko online. Biasanya toko online terpercaya memilih bank berstandar nasional seperti misalnya Mandiri, BCA, BNI, atau BRI. Sedangkan diluar transaksi pembayaran menggunakan bank, biasanya pemilik toko online menggunakan paypal atau menerapkan sistem COD (cash on delivery) dalam melayani konsumennya.

3. Adanya customer servis yang bisa dihubungi

Toko online terpercaya selalu memiliki customer servis yang setiap saat siap membantu konsumennya yang sedang mencari kebutuhan mereka. Karenanya pastikan Anda memilih toko online yang memiliki customer servis untuk melayani konsumen-konsumennya. Untuk mengantisipasi terjadinya kasus penipuan, ada baiknya bila Anda menanyakan dengan siapa Anda berkomunikasi dan catat pula nomor telepon perusahaan yang digunakan.

Dengan menerapkan keempat tips di atas, semoga Anda bisa belanja online dengan aman dan jauh dari praktek penipuan online. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar : http://img832.imageshack.us/img832/6200/hycmpjxb.jpg

Leave a Comment