Menjalankan Bisnis Makanan Online Skala Rumahan

Gambar 1
Gambar 1

Bisnis makanan adalah salah satu jenis bisnis yang tidak akan pernah ada matinya. Karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia untuk bertahan hidup. Banyak sekali pelaku bisnis yang tertarik pada bisnis makanan yang peluang bisnisnya sangat menggiurkan. Tidak heran jika kini, kita dapat dengan mudah menemukan berbagai macam penjual makanan yang ada pinggir jalan dan di tempat keramaian lainnya. Bahkan ada pula yang dipasarkan secara online.

Penjualan produk makanan yang dipasarkan secara online sudah mulai bermunculan sejak 2 tahun belakangan. Para pelaku bisnis memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan produk makanan yang mereka jual. Pada akhirnya produk yang mereka tawarkan dikenal secara offline oleh banyak orang. Satu per satu, kini mulai bermunculan pelaku bisnis makanan yang tertarik untuk menjual makanan unik hasil produksinya secara online.

Jika Anda seorang pemula atau pelaku bisnis yang tertarik juga menjalankan bisnis makanan secara online, maka berikut ini tips sederhana yang bisa membantu Anda untuk menekuni bisnis makanan secara online di rumah sebagai bisnis rumahan:

  1. Pastikan bahwa makanan yang Anda jual terlihat menarik secara visual

Tampilan yang menarik secara visual akan menjadikan orang merasa penasaran dan ingin mencobanya.Tampilan yang menarik tidak semuanya bisa menjamin cita rasa yang lezat, namun dengan tampilan yang menarik maka seseorang akan tergugah seleranya. Sebagai triknya, pelaku bisnis bisa menggunakan foto dengan gambar yang detail dan juga resolusi yang tinggi. Jika perlu, Anda bisa mencantumkan video di dalamnya.

  1. Tentukan satu menu yang menjadi menu andalan dalam bisnis makanan Anda

Buatlah menu makanan andalan Anda semenarik mungkin saat diambil gambarnya atau difoto. Produk makanan andalan bisa termasuk best seller, sehingga buatlah tampilan produk secara mencolok.

  1. Cantumkan deskripsi produk, karena pengunjung online tidak bisa mencicipi produk

Pelaku bisnis online harus mencantumkan deskripsi produk untuk setiap menu makanan yang dijual misalnya bahan yang digunakan dan juga rasanya sehingga pengunjung bisnis mengira-ngira. Selipkan juga kalimat menggoda yang mampu menarik konsumen untuk mencobanya.

  1. Membuat website

Tidak jauh berbeda dengan bisnis online pada umumnya, bisnis makanan online juga bisa memanfaatkan sosial media yang sedang hits. Anda juga bisa membuat website khusus untuk bisnis rumahan Anda atau membuka toko online dari blog gratis. Buat desain semenarik mungkin dan sesuaikan dengan image makanan yang dijual.

  1. Manfaatkan sosial media untuk memasarkan produk

Untuk mempromosikan produk makanan, Anda bisa memanfaatkan sosial media seperti facebook dan twitter. Caranya dengan mengupload foto-foto makanan kemudian lakukan random tagging karena tidak semua orang suka dengan tagging foto berkali-kali. Usahakan untuk melakukannya pada seseorang yang berbeda-beda. Anda bisa memulainya dari saudara, sahabat dan tetangga.

Gambar 2
Gambar 2
  1. Pastikan cita rasa makanan enak

Meskipun calon konsumen Anda tidak dapat mencicipi produk makanan Anda terlebih dahulu, Anda sebagai pelaku bisnis rumahan yang menjual aneka menu makanan harus mengedepankan kualitas rasa. Usahakan rasanya selezat tampilan di gambar. Jangan sampai konsumen Anda kecewa karena cita rasa yang didapat tidak sesuai dengan yang ditawarkan.

  1. Berikan pelayanan yang memuaskan

Seperti halnya para pengunjung secara offline, pengunjung online pun ingin segera dilayani. Oleh sebab itu, selalu luangkan waktu untuk segera melayani pesanan konsumen. Segera balas setiap komentar dan pertanyaan yang mereka ajukan. Hal ini tentu saja akan membuat para konsumen merasa senang dan puas.

  1. Delivery packing

Pastikan bahwa makanan yang dipesan oleh konsumen tidak berubah saat diterima oleh pembeli. Selain pesanan datang tepat pada waktunya, pastikan juga bahwa tampilan dan rasanya sesuai dengan gambar yang ada di website Anda sehingga pembeli tidak kecewa.

Demikian tips menjalankan bisnis makanan online sebagai bisnis rumahan para ibu. Semoga bisa bermanfaat dan salam sukses!

Sumber Gambar
Gambar 1: http://www.justkirana.com/admin/uploaded/online_grocery_retail-trend.jpg
Gambar 2: http://cache3.asset-cache.net/xc/477446167.jpg?v=2&c=IWSAsset&k=2&d=Sof-YDqers9553gNX5GQ0jb6eu-xpQab2138zM7CW5U1

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba