Menjamurnya Bisnis Kuliner Jamur

bisnis jamurSemakin tingginya minat masyarakat akan konsumsi jamur, juga memberikan keuntungan besar bagi para pengusaha kuliner jamur. Jamur konsumsi seperti jamur tiram kini telah dapat diolah menjadi berbagai macam menu kuliner. Misalnya saja diolah menjadi jamur crispy, sate jamur, tongseng jamur, sup jamur, pepes jamur, dendeng jamur, abon jamur, nugget jamur, kripik jamur, hingga permen jeli jamur pun kini juga telah ditemukan dipasaran.

Banyaknya menu kuliner jamur yang diminati konsumen saat ini, telah menjadikan bisnis kuliner jamur sebagai peluang usaha baru di bidang kuliner. Buktinya dengan menjamurnya bisnis kuliner jamur yang kini mudah ditemukan.

Konsumen

Konsumen bisnis kuliner jamur ditujukan bagi semua kalangan masyarakat pada umumnya, serta bagi masyarakat yang mengkonsumsi menu vegetarian pada khususnya.

Hambatan

Hambatan yang dihadapi para pelaku bisnis kuliner jamur biasanya kurangnya persediaan jamur yang digunakan sebagai bahan baku utama. Karena tidak semua daerah memiliki tempat budidaya jamur. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah banyaknya pesaing yang ada dalam bisnis kuliner jamur, sehingga kita harus memiliki konsep bisnis serta strategi pemasaran yang lain dibandingkan dengan yang sudah ada.

Kunci Sukses

Dalam menjalankan bisnis kuliner jamur hal penting yang harus dipikirkan selain tempat usaha yang strategis, adalah menciptakan sajian unik berbahan jamur dengan kualitas rasa yang nikmat dan lezat. Sehingga dapat membuat konsumen merasa puas dengan menu masakan jamur yang Anda sajikan. Jangan pernah lelah juga untuk selalu menciptakan menu baru di restoran atau warung Anda, agar para konsumen tidak cepat bosan berkunjung di warung Anda.

Selain menyajikan berbagai macam kuliner jamur, menjalankan usaha budidaya jamur juga dapat dijadikan sebagai salah satu pendukung bisnis kuliner ini. Dengan budidaya jamur yang dimiliki, dapat mengatasi masalah persediaan jamur yang sering langka. Sehingga bisnis kuliner Anda tidak terhambat, jika persediaan bahan dari supplier jamur tidak mencukupi kebutuhan yang ada. Hal itu juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan strategi pemasaran usaha kuliner jamur yang Anda miliki. Selagi menunggu pesanan menu jamur yang dipesan datang, konsumen juga bisa menikmati langsung budidaya jamur yang mereka konsumsi.

Resep Kuliner Jamur

Berikut kami berikan resep salah satu menu olahan jamur yang dapat Anda coba untuk usaha Anda.

Nugget Jamur 

Bahan:
nugget jamur500 gr jamur tiram ( diblender halus tanpa air )
75 gr bawang bombay ( cincang halus )
5 lembar roti tawar tanpa kulit
250 ml susu cair
2 butir telur ( pisahkan kuning dan putihnya )
Tepung panir secukupnya
Minyak untuk menggoreng



Bumbu :
- garam ( secukupnya )
- merica ( secukupnya )
- bubuk pala ( secukupnya )

Cara membuatnya:
1. Haluskan semua bumbu, sisihkan
2. Hancurkan roti tawar dengan mencampurkan susu cair
3. Aduk rata roti dan jamur halus. Tambahkan kuning telur, bawang Bombay dan bumbu
4. Masukkan adonan ke dalam loyang dengan tebal adonan 3 cm
5. Kukus adonan selama 20 menit, setelah itu angkat dan dinginkan
6. Potong adonan sesuai selera
7. Celupkan potongan adonan dalam putih telur lalu gulingkan dalam tepung panir
8. Simpan dalam lemari es hingga telur mengeras
9. Goreng nugget dan hidangkan selagi hangat

Sumber gambar : http://kebunjamur.files.wordpress.com/2010/02/nugget-jamur-tiram.jpg

6 thoughts on “Menjamurnya Bisnis Kuliner Jamur”

  1. Bagaimana recipe dan cara pembuatan bakso jamur tiram dari bahan baku daging sapi + tapioka + jamur tiram putih yang paling baik ?

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba