Mie Fil Fil, Bisnis Mie Yang Nyaman Di Perut Dengan Rasa Bersaing

mie-fil-fil-bisnis-mie-yang-nyaman-di-perut-dengan-rasa-bersaing

Siapa yang mencari di mana bisa menemukan mie yang tidak mainstream? Mungkin bisnis mie satu ini  bisa kamu coba karena Mie Fil Fil berbeda dari mie kebanyakan. Bedanya, di perut tidak terasa eneg.  Bahannya juga berbeda, terbuat dari tepung premium, bumbu khusus, dan kualitas topping-nya juga bagus.

“Baksonya (topping) juga dari daging pilihan jadi insyaAllah aman untuk dikonsumsi. Bahkan ada anak-anak di sini yang hampir setiap hari makan mie, alhamdulillah sampai sekarang tidak ada masalah.” tutur Fatwa Aziz saat ditemui tim liputan BisnisUKM.com  mewawancari mengenai bisnis yang dikelolanya saat ini, Mie Fil Fil.

Usaha Mie Fil Fil ini berlokasi di Jalan Pandega Marta No 81 C, Pogung, Sleman. Awal Fatwa Aziz memulai bisnis ini karena hobinya yang suka makan mie. Ia langsung jatuh cinta dengan Mie Fil Fil karena rasanya beda dan nyaman di perut. Kebetulan karena ini franchise, Fatwa Aziz pun berkeinginan untuk mencoba terjun ke usaha ini.

Selayang Pandang Tentang Bisnis Mie Fil Fil

selayang-pandang-tentang-bisnis-mie-fil-fil

Mie Fil Fil ini adalah mie yang berlevel-level pedasnya. Jadi, teman-teman yang suka mie yang berlevel-level atau pedas, bisa datang ke sini. Di sini ada level 0, level yang tidak pedas karena tidak ada cabenya. Kalau pengen pedas bisa pilih antara cabe satu sampai cabe yang konsumen inginkan.

Modalnya memulai usaha ini yang penting yakin. Fatwa Aziz selaku owner Mie Fil Fil ini ingin menerapkan ilmu yang menyebutkan bahwa sembilan dari sepuluh rizki itu katanya dari wirausaha. “Saya ingin mencoba untuk itu. Dan juga dorongan dari istri tercinta, terus juga dari makanannya ini beda belum ada di daerah sini makanya saya ingin mencoba untuk membukanya.” tutur Fatwa Aziz.

“Keunggulannya di sini level nol, harganya 10 ribu sudah ada baksonya dua, terus ada ayam, terus juga ada topping pangsitnya. Jadi 10 ribu sudah include tiga itu. InsyaAllah bakso, ayam, dan pangsit enak dimakan. Yang membedakan juga selain home made, juga insyaAllah rasanya beda dari menu lain.”

Untuk bahan baku itu dari Jogja, asli dari Jogja. Jadi Fatwa Aziz memesan atau membeli bahan bakunya itu dari pemilik yang pertama, karena ini franchise. “Makanya kami semua bahannya dari sana dan insyaAllah orangnya amanah. Jadi insyaAllah bahan bahan yang disediakan halal. Dan insyaAllah juga bagus. Artinya insyaAllah itu bahan bahannya aman buat tubuh.” ungkap pria kelahiran Purworejo, 21 Maret 1992 ini.

Alasan Terjun Ke Dunia Wirausaha

Fatwa Aziz memaparkan, ia belum pernah sama sekali sebelumnya bergelut dengan dunia usaha seperti saat ini. Background-nya bukan dari usaha, melainkan pendidikan. “Jadi ya nyambi, sambil usaha sambil ngajar.” terang Fatwa saat tim liputan menanyakan apakah sebelumnya ia pernah juga bergelut di bidang yang sama. Nyatanya, tidak punya background bisnis tidak menjadi penghalang kan?

“Kesulitan awalnya yang pertama mungkin dari mencari tempat yang seperti apa yang harus saya cari. Jadi, prinsip saya ketika mencari tempat yaitu yang pertama dekat dengan masjid karena usaha sesukses apapun kalau ternyata jauh dari masjid apalagi sampai meninggalkan sholat itu buat saya sangat tidak nyaman. Jangan sampai mengorbankan akhirat demi dunia.” tutur Fatwa Aziz.

Mengenai pemasaran, selama ini Fatwa Aziz memasarkan Mie Fil Fil baru dengan Instagram dan WhatsApp. Ya, mungkin belum banyak teman yang tahu Mie Fil Fil ini karena pemasarannya masih kurang. “Mudah-mudahan dengan kedatangannya mas mas ini mudah-mudahan nanti ke depannya Mie Fil Fil bisa lebih terkenal lagi.” ungkap Fatwa Aziz.

Fatwa Aziz mengaku, pasar yang ia sasar adalah mahasiswa karena lokasi Mie Fil Fil dekat dengan kampus seperti UGM dan UNY. Juga karena di sekitar lokasi terdapat banyak mahasiswa yang ngekos.

Strategi pemasaran yang dilakukan sengaja dibuat supaya lebih banyak orang yang tahu eksistensi Mie Fil Fil. “Karena saya sudah merasakan rasanya Mie Fil Fil jadi saya pengen memberikan apa yang saya rasakan kepada temen-temen juga.”

Oleh karena Mie Fil Fil ini franchise, jadi belum banyak inovasi yang dilakukan, kecuali satu yaitu tambahan topping sosis. Perlu diperhatikan, kalau inovasi sangat penting dalam setiap usaha.

Jangan Takut Memulai Usaha, Kalau Nggak Sekarang, Kapan Lagi?

jangan-takut-memulai-usaha-kalau-nggak-sekarang

Yang memotivasi Fatwa Aziz terjun ke bisnis kuliner ini karena menginginkan kehidupan yang lebih baik. Maksudnya, dengan usaha ia berharap ada rezeki lain yang bisa didapat. Selain itu, juga karena di sekitar lokasi usaha yang dipilihnya saat ini belum ada yang berjualan seperti makanan Mie Fil Fil, makanya ia memberanikan diri untuk menjalankan bisnis waralaba ini.

“Harapan kami mudah-mudahan Allah meridhoi usaha saya dan kemudian juga temen temen yang belum mengetahui tentang Mie Fil Fil ini mudah mudahan bisa datang ke tempat kami ini jalan Pandega Marta nomor 81 C dekat SDIT Yaa Bunayya bisa datang ke sini kalau pengen merasakan Mie Fil Fil yang mie beda dari yang lain insyaAllah.” ujar Fatwa Aziz mengungkapkan harapannya terkait bisnis mie yang sedang dijalankannya.

“Buat temen temen yang pengen membangun usaha, yang pertama harus niatkan usaha itu karena Allah. Jangan karena mengejar dunia karena jika mengejar dunia mungkin tidak mendapatkan apa-apa. Kemudian tipsnya juga bagi teman-teman yang pemula ketika berwirausaha itu harus dengan niat yang sungguh-sungguh. Ketika lagi awal-awal sepi itu wajar nanti insyaAllah lama kelamaan orang akan mengetahui nanti insyaALlah juga akan rame. Tapi kalau lagi awal awal sudah sepi kemudian down, akhirnya tutup ya akhirnya ga akan berjalan.” pungkas Fatwa Aziz.

Ketika bisnis sepi di awal itu hal yang wajar, jangan langsung putus asa. Teruslah berusaha, pasti semakin hari usahamu makin baik dan konsumen juga akan datang lebih banyak lagi dengan sendirinya. Semangat, ya!

Kalau kamu tertarik berbisnis juga tapi bingung mau bisnis apa, kamu bisa kepoin peluang-peluang usaha yang ada di sini. Atau kalau kamu butuh inspirasi dan motivasi bisnis kuliner 2020, bisa akses di sini. Oh iya kalau kamu juga mau usahamu diliput seperti ini bisa banget lho, komen aja di bawah ya. Ini salah satu contoh hasil liputan juga, bisnis kafe.

 

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba