Peluang Usaha

Mencicipi Peluang Usaha Nasi Kuning, Menu Sarapan Pagi

mencicipi-peluang-usaha-nasi-kuning-menu-sarapan-pagi

Peluang usaha nasi kuning adalah salah satu usaha yang bisa dijalankan dari rumah. Sekarang ini hanya dengan mengandalkan peluang usaha dari lingkungan sekitar tempat tinggal saja, kita sudah bisa memulai usaha rumahan yang sangat potensial. Perlu kita ketahui bahwa peluang usaha di rumah sebenarnya memang hanya berangkat dari sebuah potensi-potensi yang kelihatannya sepele di sekitar tempat tinggal kita. Salah satu contohnya adalah peluang usaha nasi kuning sebagai menu sarapan.

Peluang usaha nasi kuning sebagai bisnis rumahan memiliki potensi yang besar, apalagi jika tempat tinggal kita berada di kawasan perumahan atau yang padat penduduk. Kebanyakan orang akan lebih banyak memilih menu sarapan yang praktis untuk menghemat waktu. Karena sebagian besar para ibu harus menyiapkan suami dan anak-anak mereka sementara seorang ibu sendiri juga harus bersiap untuk pergi ke kantor.

Oleh sebab itulah usaha rumahan nasi kuning sebagai menu sarapan yang praktis memiliki potensi yang cukup menarik untuk di gali. Apalagi untuk memulai usaha ini hanya membutuhkan modal kecil, Anda dapat memanfaatkan peralatan masak dan perangkat berjualan yang sudah tersedia di rumah.

Mau Usaha Nasi Kuning? Ini Resepnya

Bahan-bahan :

  • beras 1,5 cangkir
  • kunyit 2 cm, bersihkan dan cuci
  • kemiri 2 buah
  • bawang merah 4 siung
  • bawang putih 2 siung
  • sereh 4 batang
  • cengkeh 2 buah
  • daun salam 2 lembar
  • santan kelapa kental 1100 ml
  • Air secukupnya

Cara Membuat :

  1. Haluskan kunyit, bawang merah, kemiri, dan bawang putih. Kemudian tumis sampai harum, tambahkan dengan santan kelapa kental dan masak hingga mendidih.
  2. Masukkan santan bumbu yang telah mendidih ke dalam beras. Saring untuk mengambil air santan tanpa ampasnya. Tambahkan dengan sereh, cengkeh dan daun salam kemudian aduk sampai rata.
  3. Tambahkan air secukupnya sampai mencapai seujung jari dari permukaan beras. Kemudian masak nasi hingga air meniris. Jangan lupa untuk diaduk agar beras (nasi setengah matang) tidak berkerak di bagian bawahnya.
  4. Kukus beras (nasi setengah matang) kurang lebih 15 menit atau sampai nasi matang.
  5. Sajikan nasi kuning bersama dengan pelengkapnya. Diantaranya adalah telur dadar yang diiris tipis memanjang, tempe kering belado, ayam semur atau daging bumbu kecap, dan kerupuk udang.
  6. Nasi kuning spesial sudah siap untuk dihidangkan.

Analisa Usaha Nasi Kuning

Konsumen

Banyak orang yang merasa terlalu repot jika harus menyiapkan menu sarapan. Karena itulah peluang usaha untuk nasi kuning sebagai usaha rumahan sangatlah luas. Harga yang relatif murah membuat usaha rumahan ini sering dikunjungi oleh semua kalangan menengah ke bawah. Kebanyakan orang yang datang ke warung nasi kuning adalah anak-anak kost, tetangga yang ada disekitar rumah, serta masyarakat umum yang melintasi lokasi tempat Anda berjualan.

Memulai Usaha

Memulai usaha rumahan dengan memanfaatkan teras rumah memang sudah banyak dijalankan oleh sebagian kecil masyarakat.  Dengan konsep tempat makan yang cukup sederhana, pelaku bisnis warung nasi kuning ini bisa memanfaatkan perabot rumah tangga yang ada di rumah sebagai peralatan usaha. Sehingga, dapat dikatakan bahwa untuk membuka warung nasi kuning ini hanya membutuhkan modal kecil.

Namun, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai usaha nasi kuning.

  1. Siapkan tempat untuk berjualan, Anda dapat memanfaatkan teras rumah sebagai warung untuk berjualan.
  2. Mencoba resep nasi kuning, bisa diperoleh dari buku resep masakan atau belajar dari orang yang ahli di bidang masak-memasak.
  3. Menyiapkan berbagai peralatan seperti, magic jar untuk tempat nasi kuning, piring, gelas, pembungkus nasi, kursi, meja dan lain sebagainya.
  4. Mencari bahan baku untuk membuat nasi kuning dengan kualitas yang baik namun murah. Sebaiknya Anda mendatangi pasar tradisional untuk menghemat biaya.
  5. Membersihkan tempat berjualan secara rutin agar konsumen tertarik untuk membeli nasi kuning di warung Anda.

Keuntungan Usaha

Banyak orang memilih menu sarapan yang praktis dan cepat saji karena pada pagi hari orang-orang tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan sarapan sendiri. Karena itulah peluang usaha rumahan warung nasi kuning menjadi peluang usaha yang menjanjikan dengan pasar yang besar.

Konsep yang sederhana dengan memanfaatkan teras rumah, peralatan rumah tangga dan perlengkapan lainnya membuat peluang bisnis rumahan ini hanya membutuhkan modal kecil. Dengan melibatkan keluarga yang ada dirumah sebagai tenaga kerja untuk membantu Anda berjualan nasi kuning juga merupakan salah satu langkah untuk menghemat biaya karena Anda tidak perlu membayar karyawan.

Hambatan Usaha

Dalam menjalankan sebuah usaha pastinya Anda akan mengalami beberapa hambatan ketika berjualan nasi kuning. Berikut ini adalah hambatannya.

  1. Banyaknya pesaing usaha yang telah lebih dulu menjalankan usaha rumahan ini. Untuk menyikapinya, Anda perlu meningkatkan kualitas produk Anda dan berani untuk memberikan harga yang sedikit lebih murah dibandingkan dengan pelaku bisnis lainnya yang sejenis.
  2. Kebosanan dari para konsumennya. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat menyiasatinya dengan menghadirkan lauk pauk untuk pendamping nasi kuning yang beraneka ragam secara bergantian seperti telur balado, sambal goreng kentang, ayam semur dan lain sebagainya.
  3. Kenaikan harga bahan baku pembuat nasi kuning. Cara menyesuaikan kenaikan harga bahan baku adalah dengan menaikkan harga nasi kuning tanpa menurunkan kualitas rasa. Meskipun Anda sedikit menaikkan harga nasi kuning, namun dengan cita rasa yang khas dan keistimewaan yang dimiliki nasi kuning Anda maka pelanggan tidak akan berpaling ke orang lain.

peluang-usaha-nasi-kuning-menu-sarapan-pagi

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran sangat dibutuhkan untuk mengenalkan usaha Anda kepada masyarakat luas. Anda dapat mempromosikannya dengan menggunakan spanduk yang bertuliskan nama warung nasi kuning Anda dan menu nasi kuning yang ditawarkan lengkap dengan lauknya. Sehingga konsumen dapat mengetahui keberadaan warung nasi kuning Anda dan tertarik untuk mencobanya.

Selain itu, cara efektif lainnya yang bisa digunakan untuk memasarkan usaha rumahan nasi kuning yaitu dengan promosi dari mulut ke mulut. Promosi dengan cara ini akan lebih efektif jika yang menyebarkan informasinya adalah orang-orang yang sudah pernah makan di warung nasi kuning Anda.

Kunci Sukses

Seperti bisnis kuliner lainnya, kunci sukses untuk usaha nasi kuning ini juga terletak pada kenikmatan cita rasa nasi kuning yang disajikan. Jadi, yang paling penting adalah Anda menjaga kualitas rasa makanan dan ciptakan varian menu-menu baru untuk menarik minat para konsumen. Selanjutnya ciptakan suasana warung nasi kuning senyaman mungkin bagi para konsumen.

Hal itu akan membuat para konsumen tidak segan-segan untuk kembali ke warung nasi kuning Anda. Bersikaplah ramah kepada setiap konsumen yang datang, karena cara tersebut sangat baik untuk meningkatkan loyalitas konsumen.

Analisa Ekonomi

Asumsi tanpa uang sewa tempat dengan memanfaatkan teras rumah.

Modal awal
Peralatan warung (meja, kursi, dll)                  Rp 3.500.000,00
Spanduk reklame dan peralatan lain                   Rp   500.000,00
Kantong plastik                                      Rp   100.000,00
Kertas pembungkus                                    Rp   100.000,00
Bahan baku                                           Rp   100.000,00 +
Jumlah modal awal                                   Rp 4.300.000,00

Pendapatan
(50 porsi x 30 hari x Rp 3.000,00)                   Rp 4.500.000,00

Biaya-biaya
Bahan baku satu bulan (30 hari x Rp 100.000,00)      Rp 3.000.000,00
Biaya perlengkapan                                   Rp   200.000,00
Penyusutan peralatan                                 Rp    56.299,00
Biaya lain-lain                                      Rp   100.000,00 +
Jumlah biaya                                        Rp 3.356.299,00 

Perhitungan laba/rugi per bulan
Laba/(rugi)bersih = Pendapatan – biaya-biaya
Rp 4.500.000,00 – Rp 3.356.299,00                     Rp 1.143.711,00

Melihat proses produksinya yang cukup mudah dan dengan modal usaha yang cukup murah, tak ada salahnya bila Anda mencoba menjajakan menu sarapan nasi kuning sebagai peluang usaha rumahan yang menjanjikan. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar : 
1. https://www.tripadvisor.com/LocationPhotoDirectLink-g1592993-d2320623-i309342629-Sendok_Restaurant_Bar-Sen
   ggigi_Lombok_West_Nusa_Tenggara.html
2. https://food.detik.com/info-kuliner/d-4169675/suka-yang-mana-tiap-daerah-punya-racikan-nasi-kuning-berbeda
   -lho