Minuman Lidah Buaya Instan, Sehat dan Menyegarkan

lidah buaya
lidah buaya

Di temukan di dataran kering Afrika, tanaman lidah buaya merupakan sejenis tumbuhan yang memiliki banyak kegunaan. Bahkan saking banyaknya khasiat yang terkandung dalam tanaman lidah buaya, para ahli mulai memanfaatkannya untuk keperluan industri farmasi, kosmetika, maupun sebagai bahan baku industri makanan dan minuman kesehatan. Hal ini pula yang kemudian menginspirasi Mahwiyah di Pontianak untuk mengolah lidah buaya menjadi minuman instan beragam rasa.

Mengawali usahanya sejak tahun 2005, Mahwiyah mencoba memperkenalkan minuman kesehatan lidah buaya instan dalam kemasan siap minum maupun berupa serbuk yang siap diseduh atau dilarutkan ke dalam secangkir air. Pengalamannya sebagai pedagang jahe seduh di depan Kantor Polda Pontianak, menginspirasi wanita asal Jombang, Jawa Timur ini untuk mengkombinasikan minuman lidah buaya instan dengan serbuk jahe ataupun kencur. Ide bisnis tersebut memang sangat kreatif, sehingga tidak heran bila sekarang ini perpaduan antara lidah dengan jahe maupun kencur mulai diminati seluruh lapisan masyarakat.

Banyaknya khasiat yang terkandung dalam tanaman aloevera, menjadikan minuman kesehatan lidah buaya instan ini memiliki banyak manfaat bagi para konsumennya. Diantaranya untuk mencegah dan menghilangkan radang tenggorokan, mencegah sembelit, mencegah dan menghilangkan panas dalam, mencegah dan menghilangkan diabetes mellitus, melancarkan buang air besar, mencegah dan menghilangkan ambeyen, mencegah dan menghilangkan batuk, serta merawat kesehatan kulit.

Info Produk dan Pemasarannya

aloevera-instan

Untuk meningkatkan loyalitas konsumennya, Mahwiyah mulai melengkapi produknya dengan nomor IPRT. Dengan langkah tersebut, sekarang ini produk minuman kesehatan lidah buaya instan mulai beredar di toko-toko dan supermarket yang berada di sekitar Sintang, NTT, Kalimantan Timur, Sumatera, Jawa Tengah, dan Surabaya.

Guna memenuhi kebutuhan bahan baku setiap harinya, wanita yang akrab dipanggil Bu Eko ini menjalin kerjasama dengan para pemasok aloevera di sekitar Pontianak, serta pemasok kencur dan jahe yang berasal dari Pulau Jawa maupun Lampung. Strategi tersebut sengaja dipilih Mahwiyah, karena bahan baku jahe dan kencur dari Pontianak memiliki cita rasa yang kurang pedas.

Dengan sedikit kreativitas dan inovasi dari pelakunya, tidak heran bila sekarang ini Mahwiyah berhasil menjadi produsen minuman lidah buaya instan, sehat dan menyegarkan serta mendatangkan keuntungan cukup besar setiap bulan. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://www.necturajuice.com/wp-content/uploads/2012/07/lidah-buaya.jpg
2. http://lumbungusaha.files.wordpress.com/2011/06/aloe-vera1.jpg

4 Komentar

  1. Assalamualaikum pak>.
    saya tertarik untuk berbisnis minuman… gmana saya belajarnya? ada yang punya ebooknya

  2. Memang minuman lidah buaya instan sangat menyegarkan. Apalagi kalau diminum saat terik matahari sanagat menyengat….ajib jiddan!

Komentar ditutup.