Modal Usaha Minim, Coba Ikuti Kata ORTU!

Modal usaha minimSaat saya membuka kuliah dengan tema ini, langsung banyak mengundang mahasiswa protes, katanya tema ini terlalu mainstream, ada pepatah mengatakan kasih anak sepanjang galah, kasih orang tua sepanjang jalan, tidak berbatas dimana letak mainstream-nya?

Jelas, Anda tidak pernah melihat batas tersebut sehingga tidak pernah mau tahu tentang betapa hebatnya orang tua membesarkan Anda, berapa investasinya? Coba hitung mulai Anda dilahirkan sampai sekarang, tidak terbilang, keyakinan saya diatas angka triliyun. Orang tua kita adalah orang terkaya di jagat ini. Bukan Bill Gates, bukan siapapun yang tidak pernah ber-investasi terhadap Anda, bukan?

Baca Juga Artikel Ini :

Tips Mengalokasikan Modal Usaha Dengan Tepat

Memulai Usaha Tanpa Harus Meminjam Modal di Bank

Inilah modal usaha Anda. Ikuti ORTU!!!

Suatu hari seorang mahasiswa bertanya pada saya, dan terjadi tanya jawab seperti di bawah ini :

“Pak, saya ingin berwirausaha tapi tidak punya modal usaha,” tanya mahasiswa.

“Coba lihat uang di saku Anda, ada berapa?” kata saya.

Mahasiswa tersebut merogoh sakunya, lalu saya minta untuk mengeluarkan seluruh uang yang dimilikinya. Uang di saku kanannya ada Rp 20.000,00, dan di saku kirinya ada Rp 3.000,00 dan di dompetnya ada Rp 50.000,00, jadi total ada Rp 73.000,00.

“Anda bisa gunakan uang Rp 73.000,00 sebagai modal usaha, kan?” kata saya.

“Bagaimana caranya? setidaknya modal usaha itu jutaan kan pak?” si mahasiswa bingung,

“Orang tua Anda kerja apa?” kata saya.

“Jual kopi, ketan, STMJ, nasi bungkus, telur rebus, tiap malam di kaki lima terminal pak,” kata mahasiswa itu.

“Baiklah, kalau begitu mulailah berbisnis ikut ORTU saja, ya!” kata saya

ORTU yang saya maksud disini adalah kependekan kata dari “On Risk Take U, bila di diuraikan kurang lebih sebagai berikut.

On Risk

Beresiko, saat ini Anda punya uang Rp 73.000,00, maka cobalah investasikan modal tersebut untuk bisnis kopi. Sebut saja misalnya harga kopi per sachet Rp 400,00 kemudian gula pasir 2 sendok Rp 300,00 maka harga pokok kopi per cangkir adalah Rp700,00. Disini Anda bisa menjual secangkir kopi tersebut dengan harga Rp 2.000,00 sheingga keuntungan yang Anda dapatkan sekitar Rp.1.300,00 per cangkir.

Modal awal Rp 73.000,00 dibagi Rp 700,00 (harga pokok kopi per cangkir) maka didapatkan kurang lebih 104 cangkir kopi. Dari bisnis ini bisa dilihat keuntungan yang Anda dapatkan sekitar Rp 1.300,00 x 104 cangkir kopi = Rp 135.200,00 per hari. Bisa Anda bayangkan bukan berapa keuntungan yang Anda selama sebulan?

Take U

Ambilah kesempatan yang ada! Dari keuntung Anda sebesar Rp 135.200,00 per hari, maka bila dihitung keuntungan selama 30 hari kerja x Rp 135.200,00 bisa dibayangkan keuntungan yang didapatkan setiap bulannya Rp 4.056.000,00, dan per tahunnya Rp 4.056.000,00 x 12 bulan menjadi Rp 48.672.000,00.

Jadi selama satu tahun Anda bisa mendapatkan keuntungan sekitar Rp 48.672.000,00 dari bisnis kopi dengan modal uang Rp 73.000,00.

BINGUNG CARI IDE BISNIS ?

Dapatkan Ratusan Ide Bisnis Dilengkapi Dengan Video.

Klik Disini

Akan lebih bagus lagi bila Anda mengembangkan usaha yang sudah ada atau memilih model business opportunity. Umumnya filosofi ORTU di Indonesia banyak digunakan untuk magang di beberapa Negara oleh International Labour Organization (ILO) dinamakan learning by doing. Tentu saja bila Anda memiliki modal, filosofi ini bisa Anda jadikan sebagai inspirasi untuk menggali potensi setiap produk yang Anda miliki.

Ketika Anda telah berhasil mengikuti Filosofi ORTU, selanjutnya kelola laba usaha yang didapatkan sebagai modal untuk usaha lainnya yang lebih produktif. Disini Anda bisa menggunakan filosofi saku kanan-kiri-belakang Anda sebagai celengan untuk menyimpan pundi-pundi uang yang didapatkan. Misalnya saja uang di saku kanan gunakan untuk keperluan sehari-hari, uang di saku kiri gunakan untuk cadangan, kelebihan uang setiap hari dari saku kiri masukkan di dompet saku belakang sebagai tabungan.

Apabila Anda menguasai kedua filosofi ini dan melaksanakan dengan disiplin, maka keberhasilan ada di depan Anda.

Haris Hermawan

Pendamping Bisnis Roti Ceria

Sumber gambar : http://www.zaragoza-sos.es/s/cc_images/cache_7384778.jpg

3 thoughts on “Modal Usaha Minim, Coba Ikuti Kata ORTU!”

  1. Saya seorang karyawan swasta, sampingan di rumah istri jualan pulsa dengan modal 1 Jt, namun karena tingginya kebutuhan hidup sering kali keuntungan penjualan terpakai, bahkan modal pokok pun terpakai,
    bagaimana menyikapi hal ini . . .

    Reply
  2. Saya jg lagi menjalankan bisnis tour travel,tp saya bingung 2hari buka lom ada pelanggan gmn cara memasarkan y……

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk membantu Bapak Saputra mempromosikan bisnis tour and travel yang dijalankan, berikut ini kami informasikan tips bisnis pemasaran bisnis jasa, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba