Manajemen UKM

Mulai Bisnis Toko Online? Catat Dulu Pesan Jack Ma Sampai Jeff Bezos!

Mulai Bisnis Toko Online? Catat Dulu Pesan Jack Ma Sampai Jeff Bezos!Banyak orang mengatakan sekarang ini dunia bisa mudah digenggam hanya lewat telepon pintar. Rupanya istilah ini tidak sepenuhnya keliru, karena sekarang ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendatangkan uang lewat smartphone. Salah satunya dengan merintis bisnis toko online.

Meski mudah dijalankan dan tak membutuhkan modal besar, nyatanya sampai hari ini masih banyak orang yang takut memulai bisnis toko online. Bingung memilih produk dan tak tahu bagaimana cara memulainya, seringkali jadi alasan mengapa seseorang tak mulai terjun di bisnis toko online.

Tapi sekarang ketakutan itu bisa kamu tepis setelah mengetahui lima pesan pengusaha dunia yang semuanya sukses di bisnis digital. Siapa saja mereka?

Catat 5 pesan pengusaha dunia, mulai dari Jack Ma sampai Jeff Bezos bos besar Amazon!

1. Pesan Jack Ma, sebelum berusia 30 tahun jangan pernah berguru dari perusahaan besar.

Kalau selama ini kebanyakan fresh graduate di Indonesia memimpikan pekerjaan di kantoran besar atau mengabdikan diri jadi PNS, justru Jack Ma berpesan agar kalangan anak muda berguru dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya dari perusahaan kecil.

“Biasanya perusahaan besar adalah tempat yang baik untuk belajar tentang proses. Tetapi bila kita bekerja di perusahaan kecil kita belajar tentang ‘passion’, kita belajar tentang mimpi yang besar, kita belajar untuk melakukan banyak hal dalam satu waktu,” pesannya.

2. Pesan Mark Zuckerberg, perkuat ambisi positif dan jangan takut hadapi tantangan.

Rahasia ini yang memberikan keberanian pada Mark untuk mulai berinovasi menciptakan kehidupan baru lewat Facebook meski saat itu sudah ada Google yang cukup mendominasi pasar internet. Ambisi positif jadi modal utama pemula khususnya kamu yang masih berusia muda, untuk selalu optimis dalam menghadapi semua tantangan dan berani menghancurkan ketakutan untuk memenangkan persaingan.

3. Pesan Steve Jobs, ikuti suara hati dan jangan memikirkan suara sumbang orang lain

Awalnya ide Streve Jobs ditentang banyak orang, tapi Ia tetap mengikui suara hatinya dan lihatlah justru kini Ia melahirkan produk Apple yang sampai saat ini masih digilai masyarakat dunia.

Terkadang suara-suara sumbang mulai bermunculan saat seseorang ingin memulai langkah baru, termasuk ketika kamu hendak merintis bisnis toko online. Steve Jobs berpesan jangan biarkan pendapat orang lain yang bisa menenggelamkan suara hatimu sendiri, meski dianggap berbeda tetaplah ikuti suara hati dan intuisimu karena dari keyakinan tersebut bisa jadi terlahir sebuah inovasi baru.

4. Pesan Larry Page dan Sergey Brin Founder Google, jalankan bisnismu seperti mengerjakan hobimu

Banyak pengusaha yang gagal di tengah jalan karena cepat merasa bosan dengan beban kerja yang digeluti saat ini. Apalagi permasalahan yang dihadapi para pebisnis tidaklah sederhana. Karenanya duo pendiri Google ini berpesan agar pelaku usaha bisa menikmati setiap perjalanan bisnisnya, dengan cara mengerjakan setiap urusan bisnis seperti hobi yang kita senangi. Dengan begitu yang didapat bukan hanya uang tapi juga kesenangan.

5. Jeff Bezos sukses membangun Amazon dengan strategi Amati, Tiru, dan Modifikasi

Untuk bisa terus berkembang mengikuti perkembangan pasar, Jeff Bezos tak pernah malu meniru hal-hal positing yang dilakukan para kompetitornya, dengan catatan menambahkan inovasi baru yang tak dimiliki sang pesaing. Ternyata ini rahasia suksesnya membangun bisnis toko online yang awalnya hanya menjual buku, kini menjadi situs belanja online yang juga memproduksi beragam jenis produk gadget dengan harga tersaing.

Setelah membaca kelima pesan dari pengusaha sukses dunia, kini tak ada alasan lagi buat  ragu memulai bisnis toko online. Manfaatkan kecanggihan teknologi dan internet untuk dapatkan uang tambahan setiap bulan. Selamat mencoba!