Inspirasi Bisnis

Nikmatnya Sensasi Buah dalam Kuliner Bakso

bakso komplit

bakso komplit

Jika ditanya usaha apa yang tidak pernah sepi, jawabnya adalah usaha bakso. Coba lihat disekeliling anda. Dalam satu komplek, dapat dijumpai lebih dari satu pedagang bakso dan semua masih tetap bisa berjalan satu dengan lainnya. Hampir di setiap tempat dapat kita jumpai produk ini. Di pasar-pasar, di pinggir jalan, di pondokan, pedagang keliling sampai di mall terkenal sekalipun. Meski banyak pesaingnya, peluang bisnis bakso masih tetap menjanjikan karena bakso merupakan makanan yang cukup digemari masyarakat Indonesia.

Perkembangan kuliner bakso memang semakin maju. Ragam variasi dan bentuknya cukup menarik, sehingga konsumen tidak pernah merasa jenuh untuk terus mencicipi. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa usaha bakso tidak pernah sepi. Ada yang menawarkan bakso kuah, bakso balungan, bakso rusuk, bakso isi daging, bakso isi telor, bakso isi seafood, bakso isi bandeng, isi tahu, isi keju dan lain-lain.

Memang bakso bisa diisi apapun  begitu juga buah-buahan. Peluang usaha bakso buah cukup menjanjikan dilihat dari potensi ketersediaan  buah yang dimiliki Indonesia cukup melimpah dan beragam, selain itu usaha bakso buah masih jarang ditemui sehingga peluang usahanya masih terbuka lebar. Jadi tunggu apalagi segera raih peluang ini.

Untuk membuat bakso buah bisa digunakan buah salak, apel, anggur, kurma, kedondong, mangga muda, nanas, belimbing, anggur, kelengkeng dan lain-lain. Coba Anda bayangkan, bakso yang kenyal dan rasanya gurih dipadu dengan segarnya buah beraneka rasa. Hmmm..sebuah citarasa yang unik pastinya.

Secara umum pembuatan bakso terdiri dari tahap pemotongan daging, penggilingan daging, penghalusan daging giling serta pencampuran dengan bumbu, pencampuran dengan tepung , pembentukan bola-bola dan terakhir adalah perebusan. Sedangkan pada pembuatan bakso buah hanya perlu disisipkan satu langkah yaitu untuk mengisikan potongan buah dalam adonan bakso.

ALAT

  1. Dandang
  2. Kompor
  3. Pengaduk
  4. Sendok makan
  5. Grinder
  6. Food procerssor

BAHAN

  1. Daging sapi (bagian paha belakang) 1 kg
  2. Putih telur 1 butir
  3. Es serut 1 ons
  4. Tepung sagu 100 gram
  5. Garam 3/2 sdt
  6. Lada bubuk 1 sd
  7. Bawang putih 8 buah dihaluskan
  8. Pengenyal 1 sdt
  9. Buah – buahan

Kuah

  1. 2 liter air
  2. 600 gr lutut sapi/tulang sapi
  3. 6 siung bawang putih
  4. 1/2 sdt merica
  5. 2 batang daun bawang, iris
  6. 3 sdt garam

CARA MEMBUAT

  1. Daging dipotong kira kira 10 x 5 x 5 cm.
  2. Giling daging  dengan menggunakan grinder.
  3. Masukkan daging giling ke dalam Food proscessor beserta campuran bahan – bahan seperti es serut, putih telur, garam,   lada, bawang putih halus,  dan pengenyal menjadi satu. Campuran tersebut dihaluskan selama 5 menit.
  4. Tepung sagu, dan sisa es ditambahkan ke dalam food processor, dan semua campuran dihaluskan sampai halus (kurang lebih   10 menit) hingga adonan benar-benar kalis.
  5. Ambil adonan secukupnya, lalu pipihkan. Beri potongan buah, lalu tutup dengan adonan sambil dibentuk bulat.
  6. Tahap selanjutnya adalah perebusan. Perebusan bakso dilakukan dalam dua tahap agar permukaan bakso yang dihasilkan tidak   keriput dan tidak pecah akibat perubahan suhu yang terlalu cepat. Tahap pertama, bakso dipanaskan dalam panci berisi air   hangat sekitar 60 oC sampai 80 oC, sampai bakso mengeras dan terapung. Tahap kedua, bakso direbus sampai matang dalam air  mendidih.
  7. Setelah matang bakso siap disajikan dengan kuah.

KUAH:

  1. Haluskan bawang putih, merica, dan garam.
  2. Didihkan air, bumbu, dan tulang, masak hingga mendidih, saring.
  3. Taburi daun bawang , angkat.

Nikmatnya sensasi buah dalam kuliner bakso. Anda berminat mencoba dan menjadikan inovasi ini sebagai bisnis baru?? Atau Anda mempunyai ide yang lebih menarik lagi??. Salam sukses
Sumber gambar: http://media.photobucket.com/image/bakso%20isi%20buah/Razorrius/SotoMie.jpg

SHARE YUK!