Ojek Motor Masih Menjanjikan

ojek gaul

Bagi Anda yang ingin bepergian kesuatu tempat sedangkan Anda tidak ada kendaraan dan juga Anda ingin cepat sampai tujuan, pasti Anda akan teringat jasa ojek motor. Memang jasa ojek ini sangat membantu bagi Anda yang ingin serba cepat di jalan apalagi Anda hidup di kota-kota besar pastinya dihadapkan dengan kemacetan dimana-mana. Dengan ojek Anda akan jauh lebih cepat sampai dibandingkan dengan menggunakan Bus atau taksi bahkan mobil pribadi sekalipun. Jika Anda jeli, peluang bisnis jasa ojek ini bisa sangat potensial.

Konsumen
Jika Anda pekerja kantoran bisa juga berlangganan atau jadi member jasa ojek sebagai mitra perjalanan anda. Kabanyakan konsumen jasa ojek adalah para karyawan, anak sekolah, mahasiswa, hingga masyarakat umum yang hendak bepergian tidak begitu jauh. Jasa ojek banyak ditemukan di daerah rawan macet, atau daerah yang masih sulit angkutan umum.

Info bisnis
Persiapan yang dilakukan tentunya ketersediaan alat transportasi yang Anda butuhkan sebagai modal dasar. Barulah hal-hal lainnya, berikut kami berikan informasi yang dibutuhkan untuk memulai usaha tersebut.

1. Mencari motor bekas yang masih baik. Atau, mengapa Anda tidak mengajukan kredit motor sehingga mendapatkan motor yang masih baru? Jika Anda mengajukan kredit mator, pilihlah jenis motor yang sama dengan warna yang sama pula. Tujuan agar tidak keluar biaya untuk penyeragaman armada.

2. Mempersiapkan kelengkapan keselamatan pengendara dan penumpang. Anda harus menyediakan helm yang sesuai standart keamanan, jas hujan, head cap vest untuk penumpang laki-laki, dan loang coat untuk penumpang perempuan dan anak-anak. Usahakan semuanya berwarna sama. Anda harus selalu menjaga kebersihan perlengkapan tersebut supaya penumpang merasa puas dengan layanan Anda.

3. Menentukan rute yang akan dilayani. Anda harus tahu jalan-jalan alternative karena biasanya alas an memilih jasa ojek adalah kecepatannya mencapai suatu tempat dibandingkan taksi.

4. Menentukan harga pelayanan. Anda bisa mengaturnya dengan layanan system pembagian zona.

5. Merekrut para pengendara motor yang handal dan terpercaya. Anda harus mengutamakan keselamatan penumpang. Anda harus turun tangan sendiri untuk merekrut karyawan sebagai pengendara armada.

6. Melakukan strategi promosi, seperti kartu nama dan brosur kecil.

Kelebihan bisnis
Banyaknya daerah macet dan daerah pedesaan yang belum dijangkau angkutan umum, membuat bisnis jasa ojek masih berpeluang besar. Karena pada keadaan tersebut masyarakat lebih memilih jasa ojek untuk mengantarkan mereka sampai tempat tujuan, karena jasa ojek dianggap lebih cepat dan lebih murah.

Kekurangan bisnis
Adanya image buruk bahwa tukang ojek ugal-ugalan dijalanan, membuat masyarakat merasa ragu untuk menggunakan jasa transportasi tersebut. Oleh karena itu ubahlah image buruk tersebut dengan image baru bahwa tukang ojek melayani dengan ramah dan mengutamakan keselamatan penumpang.

Pemasaran
Untuk menarik minat pelanggan dan meningkatkan loyalitas mereka, Anda dapat melakukan strategi pemasaran sebagai berikut.
1. Menetapkan system member. Setiap member mempunyai banyak keuntungan, seperti pengutamaan layanan, diskon tarif, serta hadiah-hadiah tertentu.
2. Selalu menekankan pelayanan penuh keramahan untuk pelanggan.
3. Helm dan rain coat yang unik dan lucu bagi anak-anak.
4. Penetapan tarif berdasarkan zona.
5. Penetapan rute dalam pilihan perjalanan. Semakin dekat dan cepat rutenya untuk mencapai tujuan, pelanggan dikenakan biaya tambahan.
6. Pemberian jasa asuransi bagi setiap penumpang.

Kunci sukses
Kenyamanan adalah kuncinya, pelanggan akan senang dan bahkan akan menjadi pelanggan setia ojek Anda jika mereka mendapatkan kenyamanan dari jasa ojek yang ditawarkan. Disamping itu pilihlah pangkalan ojek yang dekat dengan pemukiman warga atau dekat dengan pabrik, kantor, sekolah, atau dekat dengan kampus. Karena di wilayah tersebut terdapat konsumen yang rata – rata membutuhkan jasa ojek. Ojek motor masih menjanjikan, oleh karena itu Anda bisa mencobanya sebagai peluang usaha.

Analisa Ekonomi

Modal Awal
Peralatan:
Motor second 2 unit                                  Rp 12.000.000,-
Perlengkapan   (2 helm utama + raincoat)             Rp    500.000,-
Helm untuk penumpang 2 unit                          Rp    200.000,- +
Jumlah                                               Rp 12.700.000,-

Peralatan mengalami penyusutan selama 4 tahun dan memiliki
nilai residu sebesar Rp 1.000.000,- dengan menggunakan
metode penyusutan garis lurus.

Biaya penyusutan per tahun
= (Rp12.700.000,00 – Rp1.000.000,00) /4
= Rp2.925.000,00 per tahun
atau sama dengan Rp243.750,00 per bulan.

Perhitungan Laba/(Rugi) per Bulan
Pendapatan:
Rp 100.000,00/motor x 2 x 30 hari                    Rp  6.000.000,00

Biaya-biaya:
Bahan bakar bensin                                   Rp    600.000,00
Service/perawatan kendaraan                          Rp    300.000,00
Gaji pegawai @ Rp 750.000,00                         Rp  1.500.000,00
Biaya penyusutan peralatan                           Rp    222.895,00
Pulsa telepon                                        Rp    100.000,00+
Jumlah                                               Rp  2.722.895,00

Laba bersih 
( Rp 6.000.000,00 – Rp 2.722.895,00) = Rp 3.277.105,00

ROI (Return of Investment)
( modal awal : laba bersih per bulan )          =  ± 5 bulan

Diolah dari berbagai sumber
Sumber gambar: http://www.arthazone.com/photos/news/Jul2008/users/fajarfatahillah/limobike.jpg

11 Komentar

  1. Nanya boss…1)gimana caranya mengantisipasi motor tidak dibawa lari oleh karyawan, 2)mana yg lebih baik, karyawan digaji tetap atau sistem komisi 3)bensin ditanggung perusahaan atau karyawan 4) bagaimana agar tidak dibohongin karyawan mengenai jumlah langganan yg menggunakan jasa ojek
    tenk kiu banget ya boss….

  2. bagaimana sistem yang bisa kita berlakukan agar tidak di curangi oleh karyawan sendiri?
    misal jika ternyata ada 10 penumpang, tapi hanya di lapor 5 penumpang.

    Jika penentuan dengan jarak, apakah karyawan hanya mangkal (standby di lokasi) atau keliling cari penumpang?

  3. Salam sukses.

    Penentuan tarif bisa Anda terapkan dengan sistem area. Misal Jika masih dalam radius 1-5 km Anda bisa kenakan tarif Rp 5.000,- dan dalam radius 5-10 km tarif Rp 10.000,- dst.

    Ijin sebenarnya kalau untuk ojek saya rasa belum perlu, tapi kami belum tau kejelasannya tentang ijin ini. Yang kami tau seh tukang-tukang ojek itu pada tidak punya ijin.

    Masalah asuransi, Anda bisa datangi perusahaan asuransi seperti jasa raharja. Anda bisa konsultasi disana tentang bagai mana baiknya tentang sestem asuransi ini.

    Ojek dengan motor sehari-hari seh oke-oke saja, tapi jika Anda ingin lebih dari 1 armada, ya lebih baik motor dan warnanya di samakan. Itu bisa sebagai ciri khas dari ojek Anda.
    .-= admin´s last blog ..Kriiukk…Kriiukk…Keripik Singkong Rasa Gadung =-.

  4. pak/bu boleh nanya ni….? untuk penentuan tarif itu gimana? terus kiat-kiat cara kita untuk mempromosiin usaha baru kita ini caranya gimana

  5. bos… mau nanya neh mengenai tari??
    apakah berdasarkan jarak atau ada hal lain yg mjd penghitungnya.
    dan perlu izin dishub ato Butuh legal hukum?
    juga asuransi buat penumpang gimana bos??
    tengkyu comac

  6. btw, kalo jadi tukang ojek sendiri, dgn modal motor sehari2 ane, gmn ? tinggal ane poles, pesan seragam supaya keliatan kalo OJEK…

  7. bisa diperjelas mengenai tarip, apakah berdasarkan jarak atau ada hal lain yg mjd penghitungnya. apaka perlu perizinan??.

    Jawaban:
    Terima kasih telah mengunjungi virtual office http://www.bisnisukm.com
    Informasi telah kami kirim melalui email.
    Salam sukses
    Terima kasih

Comments are closed.