Panen Cuan Dengan Usaha Kuliner Rendang Ditengah Pandemi

Memilih usaha kuliner rendang sebagai usaha sampingan ditengah pandemi nampaknya ide cerdas. Rendang sendiri merupakan makanan khas dari Minangkabau. Termasuk dalam makanan yang paling digemari oleh turis mancanegara. Bahkan rendang ini menjadi makanan terenak nomor satu sedunia. Fakta tersebut memang cukup mengejutkan jika ternyata makanan khas Indonesia yang penuh rempah ini disukai diseluruh belahan dunia.

Mampu mengalahkan kelezatan makanan di negara lain menunjukkan bahwa kelezatan rendang cocok dilidah semua orang. Bahkan banyak yang telah mengakui jika rendang memang makanan yang sangat lezat. Fakta menarik lainnya lagi rendang ini bisa tahan hingga berminggu-minggu. Dengan fakta tersebut rendang jadi makanan yang banyak dipilih untuk dijadikan makanan siap saji tersehat.

Peluang Usaha Kuliner Rendang

Prospek

Rendang yang jadi kuliner khas Indonesia memang sangat diidolakan baik masyarakat kita maupun mancanegara. Kelezatannya tak bisa ditandingi oleh makanan apapun bahkan dengan makanan negara lain. Dari sanalah rendnag bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan keuntungan besar. Jika dilihat dari beberapa fakta diatas tentu pangsa pasarnya luas sekali. Bahkan masih sangat terbuka lebar karena belum begitu banyak yang menjajakan makanan ini bahkan hingga ke mancanegara.

Konsumen

Melihat banyaknya penggemar makanan khas Indonesia dari Minangkabau ini tentu sangat menarik. Lihat saja bisa dijamin yang menyukai ini bisa dari berbagai kalangan dan lapisan masyarakat. Dari kalangan bawah sampai atas, bahkan dari anak kecil hingga orang tua. Sekarang coba siapa yang tidak suka dengan rendang?

Kelezatannya saja tidak bisa ditolak oleh siapapun. Bahkan kelezatannya sudah diakui di dunia. Jika seluruh masyarakat Indonesia saja menyukai rendang bisa banyangkan dong berapa konsumenmu jika kamu usaha rendang ini. Belum lagi jika kamu bisa meluaskan usahamu hingga bisa menjualnya sampai pasar internasional.

Kekurangan

Rendang ini dimasak dengan menggunakan santan yang cukup banyak. Disisi lain teksturnya juga basah sehingga tidak bisa disimpan dalam waktu yang terlalu lama. Jika disimpan terlalu lama nanti kelamaan akan menjadi basi. Solusinya jangan terlalu banyak membuat rendang jika memang tidak ada pesanan yang banyak.

Kelebihan

Usaha rendang sangat menjanjikan karena olahan dari daging sapi dengan rempah ini banyak penggemarnya. Bahkan tidak hanya di Indonesia tapi juga negara lain. Sudah banyak yang mengakui kelezatan dari rendang ini. Bahkan bahan baku sangat mudah ditemukan disekitar. Maka ini menjadi kelebihan dari usaha yang satu ini. Potensi yang sangat bagus tersebut sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Pangsa pasar yang sangat luas dan berpeluang. Prospeknya yang luas tentu memudahkan untuk mengembangkan dan menjadikan ini sebagai usaha besar.

Promosi

Kuliner rendang memang banyak sekali penikmatnya namun kamu juga harus mengencarkan pengenalan produk. Agar masyarakat mengetahui kalau kamu jualan rendang. Caranya paling mudah hanya dengan menitipkan ke swalayan, toko. Bisa juga tawarkan langsung pada tetangga, teman atau saudara. Memang para pesaing usaha rendang banyak sekali.

Namun perlu diketahui juga kalau buatan setiap orang pasti berbeda-beda. Akan ada ciri khas masing-masing tergantung siapa yang membuat serta inovasinya. Jadi buat promosi buy 2 get 1 free untuk menarik para konsumen. Dengan begitu konsumen akan mengetahui rasa dan kualitas rendang buatanmu. Jika rasa cocok dengan selera mereka sudah pasti akan repeat order.

Setelah mereka merasa puas dengan rasa, kualitas dan pelayanan maka mereka akan memberikan review. Paling mengesankan lagi strategi dari mulut ke mulut tersebut berhasil. Banyak konsumen baru datang dari review terbaik dari konsumen sebelumnya. Maka bangun kualitas pelayanan dan juga produk untuk meningkatkan penjualan.

Setelah itu sebarkan brosur ke tempat ramai atau juga bisa pasang banner ditempat ramai. Paling mudah lagi kamu bisa memasarkan melalui sosial media, marketplace dan pasang iklan. Dengan mengandalkan pemsaran online maka menjadikan pangsa pasarnya lebih luas. Dan dapat dengan mudah dikenal oleh seluruh konsumen dari penjuru daerah dan negara.

Kalau strategi dan trik pemasarannya benar maka mungkin tidak mungkin bisa semakin meningkat penjualanya. Bahkan bisa banjir orderan karena pangsa pasarnya luas. Apalagi jika kamu bisa menembus pasar internasional sudah pasti orderan semakin ngalir deras.

Resep Kuliner Rendang

Bahan :

  • Daging sapi 2 kg
  • Daun salam 3 lembar
  • Daun jeruk 5 lembar
  • Sereh 4 batang
  • Santan 4 butir kelapa
  • Air 1800 ml
  • Minyak goreng 5 sdm

Bumbu :

  • Bawang merah 25 siung
  • Bawang putih 20 siung
  • Cabai merah 20 buah
  • Jahe 4 cm
  • Lengkuas 3 cm
  • Kunyit 4 cm
  • Kemiri 10 buah
  • Asam 4 buah
  • Cengkeh 4 butir
  • Kapulaga hijau 5 butir
  • Garam, lada dan gula secukupnya

Cara Memasak :

  1. Pertama cuci daging sapi sampai benar-benar bersih dan kemudian tiriskan. Lalu potong-potong dadu.
  2. Disamping itu haluskan semua bumbu dan siapkan wajan. Kemudian panaskan minyak dan masukkan bumbu halus. Lalu susul dengan masukkan daging sapi.
  3. Masukkan santan dan semua bahan sampai mendidih dengan api besar. Sambil terus diaduk-aduk sampai merata.
  4. Jika sudah mendidih maka kecilkan api, aduk dan masak hingga santan mengeluarkan minyak.
  5. Setelah itu kecilkan api kembali, lalu aduk sesekali agar rendang tidak gosong. Kemudian masak rendang hingga kering.
  6. Jikalau mau rendang benar-benar kering maka waktu yang diperlukan kira-kira 8 jam.

Analisa Ekonomi

Analisa Ekonomi
Asumsi isi 1 porsi rendang berat 250 gram, jadi untuk 2kg daging menjadia 8 porsi rendang. 

Modal awal
Daging sapi 2 kg                            Rp 190.000
Bumbu                                       Rp  30.000
Santan 4 butir kelapa                       Rp  32.000
Minyak goreng 5 sdm                         Rp   5.000
Kemasan vacumpack (15x20)                   Rp  45.500 
Gas 3kg  Rp 23.000 x 4                      Rp  92.000 
Total                                       Rp 394.000                   

Total modal Rp 257.000 x 30 hari = Rp 11.835.000 per bulan

Biaya penyusutan alat selama pemakaian 1 tahun
= 1/12 x Rp Rp 11.835.000
= Rp 986.250


Pendapatan
Asumsi per harinya bakso aci pedas terjual mencapai 8 porsi dengan harga tiap porsi Rp 90.000

Per harinya = 8 x Rp 90.000 = Rp 720.000
Per bulannya = Rp 720.000 x 25 hari = Rp 18.000.000

Laba bersih 
Laba bersih adalah pendapatan dikurangi modal awal
Jadi, laba bersih Rp 18.000.000 – Rp 11.835.000  = Rp 6.165.000

Demikian peluang usaha kuliner rendang yang bisa kamu jadikan referensi. Selamat mencoba dan semoga suskes.

Leave a Comment