“Papeda Gulung” Bisnis Warisan Kuliner Khas Papua

Bisnis kuliner nusantara kini mulai banyak dilirik para pelaku bisnis. Cerahnya prospek makanan nusantara menjadikan para pelaku bisnis berlomba – lomba menjajal bisnis kuliner nusantara. Salah satu bisnis kuliner warisan khas Papua yang cukup populer yang bakalan kita bahas kini adalah papeda gulung. Papeda gulung merupakan makanan khas Papua berupa bubur sagu yang dihidangkan bersama ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit atau lebih dikenal dengan kuah kuning.

Pemanfaatan Sagu Makanan Khas Papua Jadi “Papeda Gulung”

Sampai sekarang pemanfaatan Sagu di Indonesia dan Papua masih cukup terbatas. Masih dalam bentuk olahan pangan tradisional, misalnya dikonsumsi sebagai bahan makanan pokok dalam bentuk Papeda. nah papeda ini menjadi salah satu panganan tradisional khas Papua yang cukup digemari oleh masyarakat sekitar. Pemanfaatan lain selain dijadikan olahan papeda juga dipakai dalam pembuatan kue – kue tepung Sagu misalnya Akusa atau aneka Kue Sagu lainnya. 

papeda-kuah-kuning

Hmm apakah kamu sudah pernah dengar yang namanya papeda? Sudah pernah nyoba apa malah baru tahu sekarang banget? Ini waktunya kamu nambah wawasan dan bisa nih coba – coba di rumah bikin sendiri. Dan kalo kebetulan di daerah kamu gada yang jual makanan ini bisa banget lho kalo kamu jadiin ini peluang bisnis kuliner nusantara. Panganan unik ini terlihat cukup menarik untuk dicoba karena belum banyaknya yang mengenal makanan olahan dari sagu ini.

Kalau kamu mau mencoba membuat papeda, kita ada resep cara membuat papeda nih. Simak langkah – langkah sederhananya berikut ini ya. Sekarang kalau kamu mau makan papeda nggak perlu jauh jauh ke papua. Atau mungkin ada yang lagi hamil terus ngidam makan papeda? Coba bikin sendiri aja di rumah! Kauntungan lainnya kamu juga bisa jadiin papeda ini ide bisnis. Waa menarik sekali yaa. Udah deh tunggu apa lagi sekarang buruan yuk bikin.

Resep Membuat Papeda Gulung Kuah Kuning

menggulung-papeda-dengan-sumpit
sumber gambar: farlys.com

Lalu ada yang unik dari cara menikmati papeda ini? nah mengambil papeda ini nggak biasa, bukan pakai sendok tapi sepasang sumpit. Sumpit dipegang dengan kedua tangan, diputar dengan cepat sehingga menghasilkan gulungan gulali papeda. Selanjutnya papeda dituangkan ke piring dan diberi kuah ikan kuning.

Kalau kamu penasaran sama rasanya, papeda ini sebenarnya sama sekali nggak berasa apa – apa, dan lebih ke rasa hambar. Ini karena hanya terbuat dari tepung sagu murni. Makanya, biasanya papeda ini dihidangkan dengan ditambah kuah ikan kuning biar rasanya lebih nendang.

Gimana nih udah nggak sabar mau tahu cara bikinnya? Sekarang, pertama – tama yang harus kamu persiapkan adalah alat – alat dan bahan pembuatannya. Oke, check this out ! ini dia resep papeda hanya untuk kamu !

Bahan dasar papeda:

  • Tepung sagu 100 gr
  • Gula pasir ½ sdt
  • Garam ½ sdt
  • Air 1000 ml

Cara membuat papeda:

  1. Cairkan tepung sagu menggunakan air 300 ml (masukkan sedikit demi sedikit), setelah itu tambahkan gula pasir dan garam. Aduk sampai merata.
  2. Selanjutnya, sisa air direbus sampai mendidih.
  3. Tuangkan air yang sudah mendidih ke dalam larutan tepung sagu.
  4. Aduk perlahan agar sagu matang secara merata dan berwarna bening. Selesai! Enak dimakan hangat.

Bahan dasar kuah papeda:

  • Bawang merah 6 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Kemiri 3 buah
  • Kunyit 2 cm
  • Jahe 2 cm
  • Gula pasir 1 sdm
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama serai dan daun salam hingga harum serta matang.
  2. Kemudian tuangkan air matang, dimasak sampai mendidih.
  3. Masukkan ikan, gula pasir, cabai rawit dan garam. Dimasak hingga ikan matang dan bumbu meresap.
  4. Sebelum diangkat, tambahkan air jeruk nipis dan daun kemangi. Aduk hingga merata.
  5. Hidangkan sebagai pelengkap Papeda.
  6. Papeda ikan kuah kuning siap dihidangkan.

Gimana? Bikinnya gampang banget kan? Pokoknya kalau udah dapat semua bahan, langsung praktek bikin aja ! Apalagi kalau kamu mau bikin bisnis ini, sangat dianjurkan banget soalnya kamu bisa menghadirkan makanan khas papua langsung ke kotamu di mana pun kamu berada.

Tips Meningkatkan Nilai Tambah Produk Papeda Gulung Kuah Kuning 

Tips Meningkatkan Produk

Karena kamu sudah memastikan papedanya enak berdasarkan resep yang diberikan, sekarang kamu juga harus memperhatikan beberapa faktor berikut ini agar makananmu jadi lebih menarik dan laris manis Kemasam produk menjadi salah satu kunci keberhasilan penjualan. Kemasan bukan hanya berperan sebagai pembungkus saja namun juga digunakan untuk membantu meningkatkan penjualan dan media promosi.

Selain itu dalam hal kemasan, untuk meningkatkan nilai jual sebaiknya dibuatkan kemasan yang unik dan transparan. Pilih gambar dan warna yang pas serta design yang mampu mengundang selera konsumen untuk membelinya. Kalau kamu butuh inspirasi kemasan bisa banget mampir melihat macam-macam jenis kemasan di diKemas.com, di situ adalah solusi bagi kamu yang mau menjalankan bisnis.

Nah berikut ini ada beberapa point penting dalam memilih desain kemasan.

  1. Pilih kemasan dengan desain yang kreatif dan inovatif. Serta pilihlah kemasan dengan model dan bentuk yang praktis untuk memudahkan dalam membawa dan mengkonsumsinya.
  2. Usahakan untuk memilih warna yang cerah dan menarik, jikalau bisa pilih warna yang menonjol agar terlihat lebih terlihat, mewah dan juga bermutu.
  3. Kemasan berisi informasi yang singkat, padat dan jelas. Informasi yang diantumkan biasanya berisi petunjuk dan manfaat.
  4. Pastikan untuk menentukan target pasar, sehingga makanan yang kamu jual tepat sasaran. Karena sering kali harga jual emmberatkan konsumen karena kemasan yang mewah biaya pembuatannya juga pasti tinggi.

Contoh Kemasan

Nah sekarang buat kamu yang mau coba bisnis makanan khas Papua olahan papeda kuah kuning satu ini sih cocoknya pakai paper bowl soalnya berair dan hangat. Paper bowl yang bagian luarnya diberikan desain lucu itu bisa menarik perhatian konsumen lho ! Buat kamu yang mau tahu kemasan makanan lainnya bisa cek di website dikemas.com, kamu bisa temukan berbagai jenis, model, dan ukuran kemasan.

Ga perlu binggung lagi kan mau cari kemasan langsung bisa order di dikemas aja ! Keuntungan yang bisa kamu dapetin dari order di dikemas yakni kamu bisa dapet konsultasi gratis, desain gratis, harga murah, bisa order online, bahan berkualitas, bisa kirim diseluruh Indonesia, bisa dapet free ongkir dan masih banyak bonus lainnya. Tunggu apalagi? kalo kamu penasaran dan pengen tahu lebih lengkapnya bisa tanya – tanya langsung sama CSnya.

Sekali lagi, untuk mendapatkan inspirasi dan ide bisnis menarik lainnya kamu bisa cek di website bisnisukm.com, kamu bisa nemuin berbagai jenis informasi bisnis kayag peluang usaha, inspirasi usaha, pemasaran, video bisnis dan bisnis online. Nah salah satu artikel yang perlu kamu pelajarin nih sebelum memulai bisnis, wajib simak strategi pemasaran ini jika kamu memulai bisnis.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba