Peluang Bisnis Bioskop Mini Untungnya Tak Pernah Sepi

Bagi sebagian orang yang hobi menonton film, rutinitas pergi ke bioskop tentu tak pernah terlewatkan terlebih lagi jika ada koleksi film-film baru. Semakin banyak orang menyukai film maka semakin besar pula kemungkinan mereka untuk menonton film di bioskop. Kegemaran atau hobi seseorang dalam menonton itulah yang bisa menjadi peluang bisnis pensiunan yang bisa mendatangkan keuntungan besar setelah kita memutuskan purna tugas.

Sebagian besar orang tidak suka menonton film di bioskop dengan suara yang gaduh karena dipenuhi banyak orang. Mereka membutuhkan tempat dengan suasana yang tenang, nyaman, tidak banyak orang dan lebih privacy. Dengan kebutuhan masyarakat yang seperti itu, maka kita bisa menyediakan semuanya untuk mereka dengan membuka bioskop mini. Peluang bisnis pensiunan dengan bioskop mini ini peluangnya cukup besar jika di daerah kita belum banyak bisnis sejenis dan pengelolaannya pun juga terbilang cukup mudah.

Dalam mengelola bisnis bioskop mini ini, yang kita perlukan hanyalah waktu di akhir pekan dan hari libur untuk ramai-ramai berburu film. Untuk menjaga bisnis bioskop mini tersebut, kita juga bisa membayar beberapa karyawan untuk membantu kita dalam mengelola bisnis tersebut sehingga kita tidak terlalu repot.

Konsumen

Konsumen yang kita cari dalam bisnis bioskop mini ini adalah orang-orang yang mempunyai kegemaran atau hobi menonton film bersama teman maupun keluarga atau orang-orang yang mencari alternatif sebagai tempat hang out. Dalam hal ini Anda juga bisa menggandeng beberapa sekolah atau lembaga pendidikan untuk mengadakan kegiatan nonton bareng film edukasi, tentunya dengan jadwal yang tersusun rapi misalnya per hari 1 kelas yang nonton di bioskop mini mengingat kapasitas penonton yang sangat terbatas.

Memulai Bisnis

Sebagai langkah awal untuk memulai bisnis pensiunan ini, sebaiknya kita memilih tempat yang strategis dan dapat dengan mudah dicapai oleh para calon konsumen. Kemudian dilanjutkan dengan mencari berbagai macam peralatan yang dibutuhkan dalam bisnis ini seperti layar televisi yang cukup lebar, tempat duduk yang nyaman (sebaiknya menggunakan sofa), sound system, peredam suara dan lain sebagainya. Kualitas serta harga juga harus menjadi pertimbangan bagi kita dalam memilih peralatan tersebut.

Untuk pertama kali ketika kita memulai bisnis ini, sebaiknya kita membeli film-film yang pernah menjadi box office di dunia. Anda juga bisa menyediakan ruangan untuk menonton  dengan ukuran 4 x 6 atau 6 x 8 meter dengan kapasitas ruangan mencapai 15 hingga 20 orang, sangat cocok untuk nonton bersama keluarga maupun teman.

Selanjutnya, kenyamanan serta privacy dalam menonton juga bisa menjadi pertimbangan bagi para pelaku bisnis pensiunan untuk menentukan harga per tiketnya. Untuk penggunaan segala fasilitas yang kita tawarkan kepada para konsumen dan untuk sekali pemutaran film, kita bisa menarik harga sebesar Rp 60.000,00 hingga Rp 100.000,00.

Keuntungan Bisnis

Meskipun peluang bisnis pensiunan ini bisa dikatakan relatif baru di kalangan masyarakat, namun bisnis bioskop mini ini ternyata mampu memberikan keuntungan yang cukup fantastis bagi pagi para pelaku bisnisnya. Keuntungan yang diperoleh dengan bisnis ini berkisar antara 60% hingga 80%, tentu saja hal ini sangat menjanjikan sebagai pilihan bisnis.

Selain itu, keuntungan dari memulai bisnis bioskop mini yang lainnya diantaranya juga adalah sebagai berikut:

  1. Tidak membutuhkan tempat usaha yang begitu luas, dapat menyewa tempat di mall, ruko dan tempat strategis lainnya.
  2. Hanya membutuhkan daya listrik sebesar 5000 Watt 25 A.
  3. Tidak membutuhkan banyak tenaga kerja atau karyawan.

Hambatan Bisnis

Dalam menjalankan sebuah bisnis apapun itu, menemui sebuah hambatan itu adalah hal biasa yang pasti terjadi. Sehingga kita tidak boleh menyerah dan harus terus berjuang untuk menghadapinya. Kendala atau hambatan yang mungkin terjadi dalam bisnis bioskop mini ini adalah kesulitan dalam mencari film terbaru serta perawatan untuk alat-alat elektroniknya.

Strategi Pemasaran

Peluang Bisnis Bioskop Mini

Untuk menarik minat dari para pengunjung ke bioskop mini milik Anda, maka lakukanlah beberapa strategi pemasaran yang tepat. Misalnya saja dengan memilih film-film yang sedang populer dikalangan masyarakat khususnya di wilayah Anda, menyediakan film edukatif bagi kelompok belajar, menerapkan sistem member maupun gratis nonton setelah berapa kali kunjungan dan strategi pemasaran lainnya yang mendatangkan keuntungan bagi bisnis bioskop mini Anda.

Penetapan harga atau tarif untuk nonton di bioskop mini milik Anda juga harus dalam batas wajar dan terjangkau bagi banyak kalangan, baik tarif untuk setiap individu maupun group. Demi mempertahankan eksistensi bisnis bioskop mini Anda, maka senantiasa Anda harus mengikuti trend perfilman setiap pekannya. Maka paling tidak dalam satu bulan Anda harus menyediakan 10 judul film.

Kunci Sukses

Hal yang dapat menjadi dasar sebuah kesuksesan kita dalam menjalankan bisnis bioskop mini adalah kelengkapan film. Jika konsumen atau pelanggan yang datang ke bioskop mini kita mencari film yang belum kita miliki maka kita bisa menawarkan film lainnya atau menawarkan untuk datang kembali di hari lainnya. Hal ini untuk memudahkan kita dalam mencari film yang diinginkan tersebut sehingga kita bisa memuaskan pelanggan yang datang.

Sebagai langkah untuk meminimalisir biaya, kita dapat menggunakan jasa pemesanan tempat serta film yang ingin ditonton oleh konsumen dengan menyewa film tersebut di rental VCD atau DVD jika kita tidak memiliki stoknya. Selain dapat meminimalisir biaya, kepuasan dari para pelanggan juga merupakan suatu keuntungan bagi kita jika kita dapat menyediakan film yang mereka inginkan tersebut.

Selain itu, akan lebih baik lagi jika kita bisa menyediakan harga khusus pada hari-hari tertentu untuk menarik minat para pelanggan. Tidak hanya itu saja, kita juga bisa memberikan penawaran free soft drink dalam jumlah tertentu untuk hari-hari tersebut.

Analisa Ekonomi

Modal Awal
Peralatan
(layar, DVD atau VCD, sound system, dll)                 Rp 50.000.000,00
Pendukung
(AC, Perekam suara, Sofa, dll)                           Rp 15.000.000,00
Film                                                     Rp  5.000.000,00 +
Total                                                   Rp 70.000.000,00

Biaya Operasional
Gaji pegawai                                             Rp 1.600.000,00
Listrik                                                  Rp   500.000,00
Film (beli dan sewa)                                     Rp 3.000.000,00 +
Total                                                   Rp 5.100.000,00

Omzet (4 pelanggan per bulan)                           Rp 7.200.000,00
Laba per bulan (omzet – laba per bulan)

Rp 7.200.000,00 – Rp 5.100.000,00                 =      Rp 2.100.000,00

Setelah membahas besarnya keuntungan yang didapatkan dari bisnis bioskop mini, kini giliran Anda untuk mulai mengaplikasikannya langsung menjadi peluang bisnis pensiunan untuk menyusun masa depan yang lebih cerah di hari tua nanti.

Sumber gambar : 
1. http://destinasian.co.id/wp-content/uploads/St-Regis-Saadiyat-Suite-Mini-Cinema.jpg
2. http://2.bp.blogspot.com/-wGOSl1d4Vcw/UunAdm7y51I/AAAAAAAABtk/fVqTe88UEI8/s1600/bioskop+mini+hati+pitate.jpg

11 Komentar

  1. Saya tertarik dengan bisnis usaha bioskop mini, apalagi jika konsepnya ditambah dengan konsep outdoor “gerimis bubar”.

  2. Saya berminat bisnis bioskop mini, yang minat bermitra kami butuhdan perlu tempat, untuk peralatan sudah ada, perijinan juga sudah ada

  3. Sya jga tertarik..tapi maslah film belinya dimana trus bsa update film2 yg ad di bioskop2 besar….mohon pencerahnnya…

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com, untuk rincian bisnis bioskop dapat Bapak Hangga akses melalui link berikut ini, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  4. tertarik dgn forum ini, dan pengen lebih detail terhadap cost structure pembuatan bisnis bioskop mini ini

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, untuk bisa mengakses informasi lengkap mengenai bisnis bioskop mini Bapak Gustam bisa log in terlebih dahulu di BisnisUKM.com. Apabila Bapak Gustam belum terdaftar sebagai member, bisa mendaftar terlebih dahulu melalui tombol DAFTAR yang ada di bagian kanan atas halaman index BisnisUKM.com. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

Comments are closed.