Peluang Bisnis

Bisnis Merica Bisa Hasilkan Ratusan Dollar Amerika, Percaya?

Peluang Bisnis Merica Bisa Hasilkan Ratusan Dollar Amerika !Bisnis Merica? Seberapa menarik? Penasaran bagaimana peluang usahanya?Merica atau lada merupakan komoditas rempah unggulan asal kepulauan Bangka Belitung yang berkualitas tinggi. Seperti yang kita ketahui merica atau lada sangat banyak peminatnya, dan bisa dikatakan setiap hari pasti dibutuhkan, karena merica atau lada menjadi pelengkap bumbu dalam masakan, dengan ciri khas rasanya yang pedas dan agak panas ini, merica sangat digemari warga lokal maupun internasional.

Siapa yang tak mengenal merica? Merica adalah tanaman yang kaya akan kandungan kimia, minyak lemak dan sari pati. Rasanya yang sedikit pahit, pedas dan hangat menjadikan tanaman ini salah satu yang dimanfaatkan untuk bumbu dapur. Berbagai khasiat dari merica tak perlu diragukan lagi walaupun kecil tapi memiliki banyak manfaat, hal ini menyebabkan warga eropa menyukai rempah merica indonesa.  Melihat kebutuhan yang semakin meninggi permintaannya, peluang bisnis merica ini bisa menjadi solusi untuk mencari sesuap nasi. Peluang bisnis merica ini menjanjikan, pasalnya bisnis pertanian tidak akan mati, karena setiap orang pasti butuh sayuran, Lombok, sari, dan lain lain.

Peluang bisnis merica apa saja?

  1. Budidaya Merica

Dengan membudidayakan tanaman merica, biasanya untuk panen perdana menunggu 3 tahun, setelah itu lada dapat dipanen lagi  5 tahun kedepan. Kapasitas panen pohon jika bagus setiap pohon 2kg, harga 1 kg lada bekisar Rp. 150.000, jika 1 hektar bisa ditanam hingga 100 pohon, sekali panen 2000 kg atau 2 ton, jika dikalikan 150.000, sekali panen bisa raup 300 juta. Wow angka yang fantastis bukan?

  1. Pengepul Merica

Pengepul merica bukan seperti petani merica, pengepul hanya tinggal mencari para pedagang kecil dan mengumpulkan sebanyak mungkin kemudian dijual ke jaringan pasarnya. Sebagai pengepul sebenarnya paling enak, dan perputaran uangnya cepat. Namun ada beberapa faktor yang harus kita perhatikan : modal harus besar, benar – benar mengetahui kualitas merica, mengetahui mangsa pasar, dan memiliki pemasok merica. Contoh ; kita membeli merica dari petani seharga Rp. 150.000, kemudian kita ekspor ke eropa seharga Rp. 300.000. bisa untung 2 kali lipat.

  1. Penjual Merica

Penjual merica seperti dipasar, nah ini cocok bagi yang belum memiliki modal besar. Menjual merica kalau kita kreatif bisa menarik minat pembeli loh. Dengan memodifikasi kemasannya, atau sistem penjualannya. Dan tidak menutup kemungkinan bermula dari penjual merica, kemudian bisa menjadi pengepul dan memiliki lahan budidaya merica.

Semua itu bisa tercapai jika kita menekuninya. Lada yang berbentuk butiran – butiran keras sekarang ini bisa diolah menjadi bubuk, hal ini lebih menarik daya beli, jika dalam bentuk butiran harus dihaluskan terlebih dulu sebelum dikonsumsi, namun kini ada lada yang sudah diolah menjadi bubuk tentu lebih hemat tenaga dan waktu. Hal ini sangat menguntungkan terutama bagi yang membutuhkan merica bubuk banyak dalam waktu cepat, seperti di restoran, hotel, dll.

Bubuk merica tidak bisa awet jika tidak ditaruh didalam wadah, supaya bisa bertahan lama maka harus dikemas dengan baik, Dikemas.com adalah tempat kalian mencari solusi terkait kemasan.

Analisa Peluang Usaha Bisnis Merica

Tentu sangat menarik mengetahui ulasan bisnis merica tersebut untuk anda jadikan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Jika anda penasaran bagaimana ulasan lain mengenai bisnis merica ini. Yuk, simak beberapa pemaparan berikut ini :

1. Memulai Bisnis Merica

Bisnis merica ini merupakan salah satu bisnis yang tidak ada matinya. Berbisnis yang satu ini menjadi usaha yang bisa dibilang menjanjikan karena mampu memberikan keuntungan yang luar biasa. Menekuni bisnis ini pun tidak terlalu sulit, baik bisnis budidaya merica, menjadi pengepul merica maupun penjual merica. Memulai bisnis merica ini pun tidak memerlukan banyak modal usaha. Tergantung anda menekuni  yang mana dan dalam jumlah skala yang sebesar apa. Namun pada dasarnya jika semua ditekuni bisa menhasilkan keuntungan yang tidak main-main.

2. Pelaku Bisnis Merica

Bisnis yang satu ini merupakan bisnis yang cocok untuk ditekuni oleh siapa saja. Nah untuk anda yang sedang mencari bisnis yang cocok untuk anda tekuni, usaha ini sepertinya bisa anda coba. Dengan minat dan kemauan yang keras untuk menjalankan bisnis yang satu ini tentunya akan mengantarkan anda pada kesuksesan. Bisnis ini dinilai cukup mudah untuk dijalankan oleh siapa pun dan karena permintaan yang cukup besar menjadikan usaha ini berpeluang cerah.

3. Konsumen Bisnis Merica

Mencari konsumen akan merica ini tidaklah sulit tentunya. Banyaknya permintaan pasar akan bahan dapur yang satu ini menjadi hal yang tidak diragukan lagi jikalau konsumennya cukup tinggi. Banyaknya para pelaku usaha kuliner yang membutuhkan bahan dapur ini menjadikan target pasaran sangat mudah. Bukan hanya itu saja, target pasarnya yang cukup luas meliputi, rumah tangga, industri kecil, restorant, rumah makan dan hotel menjadikan kemudahan para pelaku usaha merica dalam memasarkan bahan dapur ini.

4. Kemudahan Perlatan Dalam Bisnis Merica

Peralatan yang dibutuhkan baik untuk budidaya merica, pengepul merica dan penjual merica juga sangat mudah dicari dan masih sangat terjangkau. Menjadikan usaha ini mudah untuk dijalankan kapanpun dan dimanapun.

5. Memasarkan Merica

Memasarkan merica bumbu dapur ini bukanlah hal yang sulit untuk dijalankan. Untuk menjalankan usaha ini anda bisa membidik para pelaku usaha kuloner, ibu rumah tangga, toko-toko atau waraung terdekat, serta industri rumah tangga kuliner, restoran ataupun warung makan. Anda bisa langsung menawarkan langsung pada tempat-tempat tersebut atau bisa juga menjalin kerja sama dengan menjadi pemasok tetap.

6. Bagaimana Cara Promosi Bisnis Merica?

Lakukan promosi untuk menawarkan produk anda agar dapat dikenal oleh masayarakat luas. Maka anda perlu adanya cara-cara baik secara online maupun dengan cara offline. Dengan cara online anda bisa menawarkan dagangan melalui berbagai media sosial. Sedangkan dengan cara offline anda bisa menarik para pembeli dengan memberikan diskon atau potongan harga.

7. Keuntungan Berbisnis Merica

Banyaknya para pelaku usaha kuliner yang membutuhkan bumbu dapur yang satu ini menjadi alasan peminat merica banyak. Permintaan pasar akan bumbu yang satu ini yang tak pernah surut menjadi salah satu alasan, mengapa bisnis merica ini merupakan peluang usaha yang sangat memiliki prospek cerah.

8. Kekurangan Bisnis merica

Setiap usaha memang memiliki resiko dan kekurangan masing-masing. Nah salah satu kekurangan dari bisnis yang satu ini adalah banyaknya pesaing bisnis marica yang telah lebih dulu menekuni usaha ini. Namun tidak perlu khawatir, asalkan anda bersungguh-sungguh dalam menekuni usaha ini dan terus mampu memberikan inovasi dan pelayanan yang baik dan benara tentunya akan membuat usaha anda akan dapat bersaing.

Demikian adalah pemaparan mengenai bisnis merica dan beberapa analisa usahanya. Semoga dapat bermanfaat dan dapat memberikan inspirasi anda dalam menjalankan bisnis yang satu ini. Bisnis merica ini dinilai sangat menjanjikan karena dapat memberikan mengguntungkan yang cukup menggiurkan. Menarik sekali bukan?. Bagaimana anda tertarik untuk menekuni bisnis merica berikut ini?  Segeralah lakukan tindakan sekarang juga dan mulailah usaha anda mulai dari sekarang. Salam Sukses!