Peluang Bisnis

Peluang Bisnis Reseller Online, Untung Besar Modalnya Cuma Smartphone

peluang bisnis reseller online

Sekarang ada banyak peluang bisnis reseller online yang bisa kamu mulai lewat smartphone, tanpa harus susah-susah cari pinjaman modal ke bank.

Sudah bukan rahasia lagi kalau sekarang ini smartphone tak sebatas jadi alat komunikasi saja, tapi juga bisa dijadikan modal untuk punya usaha sendiri. Terutama buat kalian generasi milenial yang setiap harinya tak bisa terpisah dari gadget dan internet.

Ada banyak peluang bisnis yang bisa dimulai lewat smartphone dan akses internet tanpa harus susah-susah mengurus pinjaman modal ke bank, cari lokasi strategis untuk jualan, bayar karyawan tiap bulan, karena semuanya bisa kamu jalankan kapan saja dan dimana saja lewat telepon pintarmu.

Gimana caranya? Buat yang belum tahu, sekarang ini kamu bisa mendatangkan untung besar setiap bulan lewat peluang bisnis reseller online. Usaha ini nggak membutuhkan banyak modal, karena sebagai reseller online kamu cukup bermodalkan gambar produk dari suplier dan punya smartphone yang terhubung jaringan internet.

Terus, bagaimana cara memulai bisnis reseller online?

bisnis reseller sepatu online

Dari data yang diperoleh di lapangan, deretan produk yang laris belakangan ini contohnya produk fashion, gadget, sepatu, jam tangan, perlengkapan bayi, kosmetik, dan camilan.

Nah, yang menjadi kunci utama kesuksesanmu sebagai reseller online adalah tepat dalam menentukan jenis produk yang kamu pasarkan. Pastikan kamu memilih produk yang sekarang ini sedang hits di pasar online. Dari data yang diperoleh di lapangan, deretan produk yang laris belakangan ini contohnya produk fashion, gadget, sepatu, jam tangan, perlengkapan bayi, kosmetik, dan camilan.

Kalau sudah ketemu produk yang cocok, selanjutnya cari suplier yang terpercaya. Ini yang paling susah, karena mencari suplier bisa diibaratkan seperti mencari jodoh. Harus sesuai kriteria, mulai dari reputasi brand produk sampai sistem pemesanannya kira-kira bersahabat dengan reseller atau tidak. Kamu bisa memanfaatkan situs direktori online untuk mencari daftar suplier terpercaya, contohnya seperti Direktori UKM di BisnisUKM.com.

Selanjutnya, giliranmu buat lapak online dan mulailah berjualan. Disini kamu bisa memanfaatkan sosial media seperti yang sedang hits saat ini instagram dan facebook. Posting foto produk dari suplier kemudian buatlah caption yang menarik untuk memancing rasa penasaran konsumen.

Apa saja keuntungan dan resiko bisnis reseller online?

Ada banyak keuntungan yang bakal kamu peroleh ketika menjalankan bisnis reseller online, antara lain sebagai berikut :

  1. Tak perlu pusing membuat produk sendiri
  2. Modal usaha cukup minim, karena biasanya suplier hanya menentukan minimal order kecil untuk reseller. Contohnya minimal pembelian 3 pcs, atau 6 pcs untuk reseller.
  3. Pastinya produk sudah terjamin kualitasnya, karena produk dengan brand ternama tentu sudah lolos quality control.
  4. Mendapat support dari supplier atau produsen, mulai dari gambar produk maupun content promosi.
  5. Tidak perlu memikirkan stok produk yang melimpah, karena kamu cukup order ke suplier jika sudah ada orderan dari konsumen.

Meski keuntungan yang didapatkan cukup besar, tapi bisnis apa pun itu pasti punya resiko. Begitu juga dengan bisnis reseller online, resikonya seperti ini :

  1. Jika salah memilih suplier bisa dipastikan bakal dapat komplai dari customer. Apalagi jika barang yang dikirim ke konsumen kualitasnya berbeda jauh dari gambarnya di dunia maya.
  2. Tak punya kendali penuh terhadap stock produk. Kalau suplier tidak memiliki update stok yang ready apa saja, reseller tak jarang juga keliru menyampaikan informasi stok produk ke konsumen. Bisa jadi barang yang dipesan konsumen ternyata stoknya di suplier sedang kosong.

Tips Sukses Promosi Produk Reseller

Promosi paling efektif saat ini memang lewat sosial media, terutama jika produk yang kamu jual memang sedang hits di kalangan netizen. Untuk bisa mencuri perhatian konsumen di sosial media, kamu tidak harus terus-terusan posting foto produk. Sesekali adakan kuis interaktif dengan followermu di instagram, untuk meningkatkan jumlah like atau follower akun jualanmu di instagram.

Langkah kedua yang bisa kamu coba yaitu membagikan informasi tips menarik yang masih berhubungan dengan produkmu. Misalnya kamu menjual produk fashion wanita, maka kamu bisa berbagi tips tutorial style fashion terbaru yang sedang digandrungi kalangan anak muda.

Ketiga, kamu bisa mencoba iklan berbayar untuk mendongkrak penjualan setiap bulan. Tak perlu budget besar untuk pasang iklan, bisa kamu mulai dengan menggandeng selebgram untuk endorse produkmu, atau bisa juga menggunakan fasilitas promosi berbayar yang ada di facebook atau instagram. Budgetnya cukup terjangkau, bisa kamu sesuaikan dengan biaya promosimu setiap bulan.


Nah, buat kalian yang masih bingung mau jual produk apa dan bagaimana cara menghitung modal awal yang dibutuhkan. Kali ini kami informasikan contoh analisa usaha jika kalian mencoba bisnis reseller online produk khusus wanita.

ROI Bisnis Reseller Pembalut Kain Jelita-V

Gabung reseller pembalut kain Jelita-V minimal order 6 pcs, dengan diskon 10%
Harga jual Jelita-V ukuran standar Rp 99.000,-/ pack, 
Diskon reseller Rp 9,900,-/ pack
Investasi awal reseller :
@ Rp 89.100,- x 6 pack = Rp 534.600,-

Penjualan per bulan
Estimasi sehari laku : 5 pack
Penjualan per bulan :
10 pack x Rp 99.000 x 30 hari : Rp 29.700.000

Penjualan per bulan :
10 pack x Rp 89.100 x 30 hari = Rp 26.730.000

Biaya operasional per bulan :
Pulsa internet= Rp 100.000,
Biaya endorse = Rp 500.000, (+)
Total biaya   = Rp 600.000,

Total pengeluaran per bulan :
Rp 26.730.000 + Rp 600.000,- = Rp 27.330.000

Laba bersih per bulan : 
Rp 29.700.000 - Rp 27.330.000 = Rp 2.370.000

B.E.P : < 1 bulan

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan smartphone kesayanganmu, daripada hanya buat selfie tanpa hasil, lebih baik dijadikan modal bisnis reseller online yang jelas-jelas mengdatangkan uang tambahan tiap bulan. Selamat mencoba!