Peluang Bisnis Sampingan Jasa Fotocopy Bagi Karyawan

Bisnis FotocopySekarang ini bisnis fotocopy telah banyak kita jumpai di lingkungan sekolah, perkantoran dan juga universitas karena kebutuhan akan jasa fotocopy bisa dikatakan cukup tinggi. Hampir setiap hari para mahasiswa, karyawan dan pelajar menggunakan jasa fotocopy dan jilid untuk keperluan tugas dan pekerjaan mereka.

Hal inilah yang membuat perkembangan bisnis fotocopy di Indonesia semakin besar, sehingga perkembangannya pun sekarang ini tak hanya melayani jasa fotocopy saja namun juga menyediakan jasa scan dokumen, ketik, laminating, print dokumen dan menyediakan berbagai jenis kebutuhan alat tulis kantor (ATK).

Meskipun pelaku bisnis fotocopy sudah tersebar di mana-mana, akan tetapi bisnis ini masih tetap menjanjikan keuntungan besar bagi para pelaku bisnisnya. Bagi Anda para karyawan yang sedang bingung mencari peluang bisnis sampingan, tak ada salahnya bila Anda melirik bisnis fotocopy karena peluang pasarnya masih terbuka lebar dan menjanjikan para pelaku bisnisnya untuk meraup keuntungan besar setiap bulannya.

Konsumen

Sasaran pasar untuk peluang bisnis fotocopy ini adalah semua kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan, hingga lembaga pendidikan atau perkantoran. Semuanya bisa menggunakan jasa fotocopy ini karena setiap harinya selalu ada saja dokumen yang harus mereka gandakan atau dicopy untuk keperluan tugas maupun pekerjaan.

Memulai Bisnis

Mencari tempat yang strategis untuk memulai bisnis sampingan fotocopy ini adalah hal yang pertama kaliharus dilakukan. Sebisa mungkin tempat yang digunakan untuk memulai usaha berada disekitar kampus, sekolah atau perkantoran. Ukuran tempat untuk bisnis fotocopy ini pun tidak perlu terlalu luas, paling tidak cukup untuk minimal dua mesin fotocopy dan juga peralatan pendukung lainnya seperti rak, meja pelayanan dan lain sebagainya.

Bila Anda sebagai pelaku bisnis sampingan memiliki modal usaha yang cukup besar, sebaiknya Anda membeli mesin fotocopy yang baru. Namun, jika modal usaha Anda masih terbilang kecil dan belum cukup membeli mesin yang baru maka Anda bisa membeli mesin fotocopy bekas tetapi kualitasnya masih bagus. Jika mesin yang paling pokok sudah Anda dapatkan, hal terpenting yang tidak boleh terlupakan juga adalah peralatan pendukung seperti mesin pemotong, mesin jilid, mesin laminating dan lain-lain.

Untuk mendapatkan peralatan yang dibutuhkan sebelum memulai bisnis fotocopy tersebut, Anda bisa mencarinya melalui media massa baik lokal maupun skala nasional. Sebaiknya tidak memesan atau membeli barang melalui telepon, usahakan Anda datang sendiri dan memeriksa kualitas serta kelebihan dari masing-masing mesin yang akan Anda beli.

Keuntungan Bisnis

Bisnis sampingan jasa fotocopy ini memiliki prospek yang bagus untuk jangka waktu yang lama dan telah menciptakan para pengusaha sukses dari bisnis ini. Bisnis jasa fotocopy banyak dibutuhkan oleh semua kalangan dari pelajar hingga karyawan, tua maupun muda dan hampir di semua daerah membutuhkan jasa fotocopy.

Untuk memulai bisnis sampingan ini tidak membutuhkan tempat yang luas dan cukup dilakukan dengan manajemen yang sederhana. Pelaku bisnis tinggal berhitung berapa rupiah keuntungan yang akan didapat setiap bulannnya. Begitu banyaknya keuntungan yang diperoleh dengan bisnis fotocopy, sehingga tidak heran jika banyak para pemula bisnis yang tertarik untuk memulai bisnis fotocopy ini.

Hambatan Bisnis

Ketika Anda memutuskan untuk memulai bisnis, pastinya akan ada beberapa hambatan yang mungkin Anda temui nantinya, diantara adalah sebagai berikut.

  1. Banyaknya para pesaing bisnis yang telah lebih dulu menjalankan bisnis fotocopy ini.
  2. Harga bahan pokok seperti kertas dan tinta yang sangat mempengaruhi harga fotocopy setiap lembarnya.
  3. Kualitas fotocopy yang kurang bagus bisa mendatangkan kekecewaan bagi para pelanggannya.

Strategi Pemasaran

Bisnis Fotocopy KelilingUntuk mendatangkan banyak konsumen, ada beberapa strategi pemasaran yang perlu Anda jalankan sehingga selain bisnis Anda memiliki banyak pelanggan, keuntungan yang akan Anda peroleh juga melimpah.

  1. Bisnis fotocopy sangat bergantung pada kualitas hasil fotocopy. Oleh sebab itu, gunakanlah kertas dan tinta fotocopy yang berkualitas bagus.
  2. Berikanlah pelayanan yang ramah, cepat dan berkualitas sehingga pelanggan merasa puas.
  3. Memberikan harga diskon bagi para pelanggan yang memfotocopy lebih dari seratus lembar.
  4. Untuk menambah kepuasan para pelanggan, Anda juga bisa memberikan fasilitas antar-jemput hasil fotocopy dengan jumlah tertentu.
  5. Strategi kelima, tak ada salahnya bila Anda mencoba pemasaran kreatif salah satunya dengan membuat bisnis jasa fotocopy keliling.

Kunci Sukses

Bisnis fotocopy ini tergantung pada kualitas hasil fotocopy yang Anda hasilkan. Banyak orang yang memutuskan untuk menjalankan bisnis inimengungkapkan agar para pelaku bisnis tidak menggunakan bahan baku sembarangan. Karena, pada saat terjadi kelangkaan bahan baku seperti kertas dan tinta, mereka menggunakan bahan baku yang didapat seadanya dengan kualitas yang kurang baik. Akibatnya semua pelanggan yang menggunakan jasa fotocopy Anda protes dan tidak sedikit pula yang berpindah ke tempat yang lain.

Untuk menambah kepuasan dari para pelanggan, Anda juga bisa memberikan fasilitas antar jemput dalam jumlah tertentu dan Anda juga bisa menjual peralatan tulis menulis. Selain pelanggan Anda puas, jumlah keuntungan yang akan Anda dapatkan juga pastinya menjadi berlipat.

Kepuasan pelanggan adalah kunci sukses menjalankan bisnis fotocopy ini. Jika permintaan dari para pelanggan setiap bulannya semakin meningkat, ada baiknya juga Anda menambah jumlah mesin fotocopy berkualitas dan memperluas tempat bisnis Anda.

Analisa Ekonomi

Modal awal :
Sewa tempat                               Rp  6.000.000,00
Persediaan barang dagang (ATK)            Rp  2.000.000,00
Persediaan kertas, plastik, toner         Rp  3.000.000,00 +
Jumlah                                                     Rp 11.000.000,00

Inventaris :
Mesin fotokopi                            Rp 12.000.000,00
Etalase dan meja                          Rp  1.000.000,00
Mesin pemotong kertas dan laminating      Rp  1.000.000,00
Peralatan toko lainnya                    Rp    300.000,00 +
Jumlah                                                     Rp 14.300.000,00 +
Jumlah modal awal                                          Rp 25.300.000,00

Perhitungan laba/rugi per bulan
Pendapatan satu bulan :
Pendapatan jasa fotokopi                  Rp 4.000.000,00
Pendaptan jasa jilid, laminating, dll     Rp 2.700.000,00
Pendapatan penjualan ATK                  Rp 2.250.000,00 +
Jumlah                                    Rp 8.950.000,00

Pengeluaran satu bulan
Harga pokok :
Pembelian ATK                             Rp 2.000.000,00
Plastik jilid dan laminating              Rp 3.000.000,00 +
Jumlah                                    Rp 5.000.000,00 

Laba kotor satu bulan                    Rp 3.950.000,00         
Biaya umum dan lain-lain
Sewa tempat : Rp 6.000.000,00 / 12 bulan  Rp 500.000,00
Gaji 1 orang pegawai                      Rp 600.000,00
Penyusutan inventaris                     Rp 235.000,00
Biaya listrik                             Rp 250.000,00
Biaya lainnya                             Rp 100.000,00 +
Jumlah                                   Rp 1. 685.000,00

Laba bersih satu bulan                   Rp 2.265.000,00

Semoga informasi peluang bisnis sampingan ini bisa menjadi salah satu ide bisnis bagi Anda para karyawan yang ingin mendatangkan tambahan penghasilan dari bisnis sampingan. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar : 
1. http://kkcdn-static.kaskus.co.id/images/1646826_20120403081432.jpg
2. http://peyete.files.wordpress.com/2012/09/fotokopi-keliling-2.jpg

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba