Bisnis Kuliner

Peluang Usaha Jahit Baju, Untuk Ibu – Ibu Rumah Tangga

Peluang Usaha Jahit Baju, Untuk Ibu – Ibu Rumah TanggaMenjadi wanita karier atau ibu rumah tangga? 2 pilihan sebagai seorang wanita yang sama – sama mulianya, dan ke duanya memiliki kelebihan dan kekurangannya. Wanita karier, sebagai seorang wanita karier anda harus siap bekerja dikantor selama 8 – 10 jam, siap capek, urusan rumah tangga tidak bisa terurus secara maksimal. Namun mendapat pemasokan sendiri tanpa dari suami. Ibu rumah tangga, sebagai seorang ibu rumah tangga anda harus siap melayani anak, dan suami.

Disisi lain urusan rumah tangga lebih terurus secara maksimal. Tidak mendapatkan pemasokan kecuali dari suami. Tapi jangan khawatir untuk ibu – ibu rumah tangga yang ingin membantu suaminya mencari nafkah dan memiliki skill menjahit, ada beberapa usaha yang bisa dikerjakan di rumah tapi menguntungkan, seperti peluang usaha jahit baju. Usaha jahit baju tidak terlalu banyak mengeluarkan modal, cukup 1 mesin jahit, dan perlengkapan lainnya. untuk lahan sendiri juga tidak banyak memakan tempat.

Mengapa usaha jahit ?

Karena sandang adalah kebutuhan primer setiap manusia, yang selalu dibutuhkan, dan semuanya memakai, mulai dari anak – anak, remaja, dewasa, dan lansia. Usaha jahit ini tidak ada matinya, asalkan harus mengetahui pangsa pasar dan kualitas terjaga.

Dari usaha jahit baju anda bisa membuka :

  1. Jasa jahit baju : Anda hanya menjahitkan baju orang lain yang order ke anda.
  1. Jual baju : Anda membuat model baju, dan dijahit sendiri, kemudian dijual.
  1. Jasa jahit dan jual baju : Jadi yang dilakukan menjahitkan baju orang lain ke kita sekaligus kita juga jualan produk sendiri.

 

Bagaimana cara pemasarannya ?

Cara pemasarannya ada 2 metode :

  1. Secara offline : Secara mulut ke mulut, membuka outlet di rumah, dan menempelkan brosur – brosur di tempat strategis, dan sekolahan, dll
  1. Secara online : Media promosi secara online, melalui media sosial, web, marketplace, facebook, dll. Jika online maka anda harus bisa meyakinkan calon pembeli, buatlah semenarik mungkin supaya pembeli tertarik dengan produk anda.

Hal yang harus diperhatikan juga dari seorang penjahit baju, harus mengikuti desain trend – trend terkini supaya konsumen tidak bosan dengan model yang monoton, sering lakukan update desain dengan mencari fashion trend dari berbagai referensi (majalah, internet, dll).

Kisah Inspirasi

Kisah sukses seorang wanita yang berhasil meraup omzet 60 juta perbulan, Dzuatqya seorang pemilik produk Anaya hijab Kini mulai memetik hasil sebagai seorang pengusaha, padahal bisnisnya baru dimulai 11 bulan. bermula dari iseng – iseng menjualkan produk orang lain, hingga akhirnya termotivasi untuk memproduksi sendiri. Ia menjual baby shop, seperti jilbab, gamis, tapi untuk bayi. Ia sering lakukan mengupdate desain – desain mengikuti trend – trend. Kini usahanya terus bergulir selama 11 bulan berjalan kini ia mempunyai 15 reseller dari Kalimantan, Aceh, Lampung, Pekanbaru, Jakarta, dan Surabaya.

 

 

 

Gimana moms ? Siap untuk menjalankan bisnis ini ?