Peluang Usaha Keripik Pisang Modal Minim Untungnya Ngalir!

Peluang usaha keripik pisang masih menjanjikan untuk dicoba meski pun sekarang ini makin banyak aneka camilan keripik yang bermunculan. Pisang pada dasarnya merupakan buah serba guna yang punya potensi untuk diolah dengan berbagai cara untuk menjadi produk yang bisa mendatangkan keuntungan. Mulai dari olahan makanan ringan sampai makanan berat. Pisang bisa diolah menjadi keripik, ceriping, sale, bolu pisang, pisang nugget, pisang goreng, serta makanan lainnya. Bahkan pisang juga menjadi salah satu buah yang banyak digunakan menjadi varian rasa atau toping untuk martabak manis, roti bakar, kue leker, jus buah, minuman coklat, pancake, pizza, serta makanan lainnya.

Peluang Usaha Keripik Pisang Modal Minim Untungnya Ngalir!

Peluang Usaha Keripik Pisang

Salah satu jenis olahan pisang yang paling banyak penggemarnya adalah keripik pisang. Seperti kita ketahui bersama, keripik pisang merupakan salah satu camilan yang sudah sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Tingginya kandungan nutrisi pada buah pisang serta teksturnya yang renyah dan citarasanya yang beragam, menjadikan keripik pisang cukup digemari para konsumen. Terbuat dari pisang setengah matang yang diiris tipis kemudian digoreng hingga garing, sekarang ini camilan keripik pisang mulai dikreasikan para produsennya dalam beragam varian rasa.  Nggak cuma rasa gurih original aja yang ditawarkan para pelaku bisnis camilan keripik pisang, sekarang juga ada keripik pisang rasa balado, barbeque, rasa pedas, keju, jagung bakar, sampai keripik pisang rasa cokelat.

Buat kamu para pemula yang sedang cari ide usaha, peluang usaha keripik pisang bisa kamu coba. Terus apa aja sih yang perlu dipersiapkan untuk memanfaatkan peluang usaha keripik pisang supaya bisa mendatangkan keuntungan yang menjanjikan? Kali ini Bisnis UKM akan membagikan ulasan lengkap tentang persiapan untuk mencoba peluang usaha keripik pisang. Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Konsumen Usaha Keripik Pisang

Mengingat buah pisang memiliki kandungan gizi yang sangat baik, banyak orang yang menggemari aneka produk olahan pisang. Salah satunya saja seperti camilan keripik pisang yang bisa dinikmati semua kalangan masyarakat. Usaha keripik pisang bisa menjangkau pasar yang luas. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa bisa menjadi target konsumen yang akan kamu bidik karena produk camilan keripik pisang ini bisa dikonsumsi segala usia. Tapi kalau produk keripik pisang yang kamu jual lebih spesifik seperti keripik pisang pedas, kamu bisa menyasar anak-anak muda seperti pelajar dan mahasiswa.

Keunggulan

Buah pisang punya kandungan yang kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Nggak cuma itu aja, buah pisang juga mengandung beragam jenis vitamin. Mulai dari vitamin C, vitamin B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam mendukung kelancaran fungsi otak. Jadi nggak heran kalau keripik pisang jadi salah satu camilan yang digemari banyak orang. Bisa dikatakan peminat keripik pisang cukup banyak, tentunya peluang usaha keripik pisang sangat terbuka lebar dan pasarnya luas. Kamu bisa bikin inovasi dengan menawarkan berbagai varian rasa keripik pisang dan branding produk kamu melalui kemasan keripik yang unik dan eye catching.

Kekurangan

Meski keripik pisang diminati banyak konsumen dan bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama, kamu harus memperhatikan persaingan pasar dalam bisnis makanan ringan yang semakin hari makin kompetitif. Untuk menyiasati persaingan pasar, kamu harus memberikan nilai tambah yang tidak dimiliki para kompetitor. Misalnya kamu bisa memperbanyak varian rasa keripik pisang, branding dengan kemasan yang menarik, menawarkan harga yang bersaing, serta memberikan bonus khusus bagi para pelanggan yang memesan dalam jumlah tertentu. Semakin menarik penawaran yang kamu berikan, maka semakin besar juga ketertarikan calon konsumen untuk melakukan pembelian.

Proses Produksi Keripik Pisang

Untuk memanfaatkan peluang usaha keripik pisang, kamu perlu alur dan standar produksi. Langkah pertama yaitu mempersiapkan bahan baku dan peralatan dengan baik. Untuk memproduksi keripik pisang, sebaiknya kamu pilih pisang yang masih mentah tapi sudah tua. Jenisnya bisa dipilih antara pisang kepok kuning, pisang raja, pisang ambon, pisang uter, atau pisang konsumsi lainnya yang mudah ditemukan di sekitar lokasi usaha kamu.

Setelah peralatan dan bahan baku siap, selanjutnya kamu perlu meningkatkan keterampilan agar hasil diperoleh bisa maksimal. Kamu bisa mencari resep dan kamu kembangkan untuk membuat keripik pisang dengan citarasa yang sesuai dengan selera kebanyakan orang. Bisa dengan praktik sendiri di rumah hingga menemukan racikan bumbu yang pas atau bisa juga belajar langsung dari ahlinya melalui workshop atau kegiatan pelatihan lainnya.

Ketika proses produksi telah kamu selesaikan dengan baik, selanjutnya adalah quality control. Untuk menjamin kualitas produk keripik pisang yang dihasilkan, kamu harus memperhatikan kebersihan peralatan dan tempat pengolahan serta bahan baku yang digunakan. Pastikan kamu menggunakan bahan baku yang aman untuk kesehatan dan menggunakan peralatan masak yang higienis. Kamu juga sangat perlu megurus legalitas produk dengan mendaftarkan produk keripik pisang ke Dinas Kesehatan setempat untuk mendapatkan Izin P-IRT. Tujuannya supaya produk kamu makin mudah masuk ke pasaran dan mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

Terakhir yang tidak kalah penting adalah perhatikan masalah kemasan produk. Saat ini kemasan bukan sekadar jadi wadah atau pembungkus produk saja. Tapi lebih dari itu kemasan merupakan unsur penting untuk menarik minat pelanggan. Ketika kemasan produk yang kamu gunakan cukup cantik dan juga unik, maka konsumen tidak segan untuk memilih produk keripik pisang kamu dibandingkan keripik serupa dari brand lain.

Resep Keripik Pisang

Dalam dunia bisnis kuliner persaingan rasa adalah hal yang tidak dapat dihindarkan. Kunci kesuksesan dalam mencoba peluang usaha keripik pisang salah satunya adalah citarasa yang sesuai dengan selera pasar. Maka dari itu kamu harus meracik resep keripik pisang dengan ciri khas tersendiri dan disukai oleh konsumen. Berikut ini resep yang pada umumnya dipakai dalam membuat keripik pisang untuk kamu kembangkan.

Bahan

– 1 sisir pisang kepok setengah matang (pilih yang sudah tua)

– Air bersih 1 liter

– Minyak goreng secukupnya

– Kapur sirih 1 sdt

– 1 kg gula pasir dilarutkan dalam 5 gelas air (untuk keripik pisang rasa manis)

– Bubuk bumbu (rasa balado, barbeque, jagung bakar, keju, coklat bubuk, dll)

– Bumbu yang dihaluskan (untuk keripik pisang rasa asin) : 5 siung bawang putih, 1 sendok makan garam dapur, 1 ½ sendok makan ketumbar, 2 cm kunyit, 3 butir kemiri, dan penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat

1. Kupas pisang kemudian diiris tipis-tipis (tebal 2–3 mm) secara memanjang, bulat, atau melintang. Tampung dalam ember perendaman untuk menghindari proses oksidasi enzim fenolase yang ada dalam getah pisang.

2. Irisan pisang direndam dalam air bersih yang telah dicampur kapur sirih, rendam selama 10 menit lalu ditiriskan. Campurkan dengan air gula atau bumbu halus sesuai dengan jenis keripik yang akan dibuat, apakah asin atau manis.

3. Goreng pisang menggunakan minyak yang cukup banyak sehingga semua bahan terendam. Tiap 1 kg irisan pisang membutuhkan 3 liter minyak goreng. Selama penggorengan lakukan pengadukan secara pelan-pelan. Penggorengan dilakukan sampai kripik cukup kering dan garing.

4. Hasil penggorengan pertama ditiriskan dengan menggunakan peniris minyak sampai kandungan minyak pada keripik menetes tuntas. Selanjutnya untuk menambahkan varian rasa yang beragam, tambahkan bumbu seasoning seperti rasa balado, keju, barbeque, stroberi, coklat, dan lainnya.

5. Masukkan keripik pisang dalam plastik kemasan standing pouch. Bisa plastik atau aluminium foil ziplock kalau kamu belum punya mesin hand sealer.

6. Produk keripik pisang siap dipasarkan.

Analisa Modal Usaha Keripik Pisang

Dalam analisa modal berikut ini diperuntunkan untuk usaha keripik pisang skala rumahan. Jadi modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Berikut ini analisa modal usaha keripik pisang yang bisa kamu jadikan gambaran sebelum memulainya.

Investasi Awal

– Kompor + Tabung Gas Rp300.000

– Wajan Besar Rp100.000

– Mesin Slicer Rp400.000

– Baskom Rp50.000

– Alat lainnya Rp85.000

Total Investasi Awal Rp935.000

Operasional Per Bulan

– Bahan baku kurang lebih Rp200.000 per hari x 25 Hari Rp5.000.000

– 7 tabung gas per bulan Rp20.000 x 7 tabung Rp140.000

– Kemasan Rp400.000

– Transportasi, listrik, dan pulsa sebulan Rp 500.000

– Biaya lainnya Rp604.000

Total Biaya Operasional Per Bulan Rp6.644.000

Pendapatan Per Bulan

Keripik pisang dijual Rp13.000/100 gram

Rata-rata penjualan per hari 30 bungkus keripik

Penjualan per bulan Rp13.000 x 30 bungkus x 25 hari) Rp9.750.000

Laba Bersih Per Bulan

Pendapatan – Biaya Operasional

Rp9.750.000 – Rp6.644.000

Laba = Rp3.106.000

ROI (Return of Investment)

Investasi Awal : Laba Bersih Per Bulan

Rp935.000 : Rp3.106.000 = 0,3 maka dalam kurun waktu kurang dari satu bulan sudah bisa balik modal.

Itulah ulasan tentang peluang usaha keripik pisang yang bisa kamu jadikan referensi untuk memulai usaha. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu. Teruslah berkembang untuk menjadikan usaha makanan ringan yang kamu jalankan makin #NaikKelas ya. Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terdorong untuk memulai bisnis!

Ikuti terus tulisan tentang usaha camilan menarik lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba