Peluang Usaha Selama Ramadhan, Coba Peruntunganmu Sekarang!

es-buah
sumber gambar: Fimela.com

Mencari peluang usaha ramadhan? Ramadhan menjadi salah satu bulan dalam setahun yang paling ditunggu. Tidak hanya bagi kaum yang berpuasa, tetapi juga yang mengais rejeki di bulan tersebut. Tidak ada salahnya menjalankan bisnis selama bulan ramadhan, toh untungnya juga besar meskipun hanya selama satu bulan. Biasanya, jajanan pada bulan ramadhan dikonsumsi waktu berbuka, ya itung-itung memberi makan orang berbuka kan pahala gaes. Pahala yang mendatangkan rupiah tentunya!

Tips Mendulang Rupiah Selama Ramadhan

Daripada bermalas-malasan selama bulan puasa, nggak ada salahnya untuk mencoba peruntungan. Pasti kamu juga suka kulineran dong? Suka sama sesuatu yang unik dan sama sekali baru? Asah kreativitas berbisnis kamu selama bulan puasa bakal jadi poin plus. Siapa tahu dari yang sekadar iseng bisa jadi ladang penghasilan beneran. Siapa yang nggak mau tajir mendadak diawali dari sebuah keisengan?

1. Riset Pasar Perlu Banget

Selama ramadhan identik sama apa aja sih? Ini perlu kamu telisik lebih jauh lagi. Yang jelas, puasa ramadhan itu nggak bakal jauh-jauh sama hal berbau makanan. Yup, apa lagi kalau bukan tentang ngabuburit. Orang bakal menghabiskan waktu sebelum berbuka dengan hunting makanan atau minuman. Nah, lewat riset pasar, kamu jadi tahu nih orang-orang lagi butuh apa sih buat berbuka? Kamu jadi bisa tahu usaha apa yang udah menjamur.

Kalau sudah tahu usaha yang menjamur, biasanya orang-orang kita suka latah. Misalnya dulu es kepal milo ngehits banget sampai banyak yang buka usaha itu. Kolak juga banyak yang jual. Es buah juga nggak bisa dihitung jari, pokoknya banyak banget. Nah, gunanya kamu riset itu buat tahu peluang dan penghambat.

Bicara soal peluang, dia ada untuk diadaptasi. Klau penghambat? Tentu aja cari solusi. Semisal nih, es buah ladang uang banget. Gimana sih caranya biar dia tetap bisa menghasilkan banyak keuntungan? Ya harus ada inovasi. Es buah orang-orang biasanya isinya apa aja sih? Nah, kamu bisa mulai eksperimenmu di sini. Temukan cita rasa berbeda yang bikin orang penasaran dan mau mencoba produk kamu.

2. Optimis Kalau Usaha Bakal Lancar, Tapi Kalau Realita Sebaliknya? Ya Nggak Masalah!

Kadang kendala seseorang dalam merintis usaha adalah ketakutan untuk memulai. Takut bakal rugi, takut bakal nggak laku, takut nggak sesuai ekspektasi. Buat ngatasinnya gimana? Ya pokoknya harus yakin. Asalkan udah totalitas, tetap harus berpikiran positif. Kalau belum apa-apa udah mikir negatif, gimana usaha mau lancar? Pastiin kalau kamu itu yakin sama keputusan dan semua yang udah kamu persiapkan dengan matang. Karena pikiran kamu bakal memengaruhi tindakan kamu, jadi mending sekalian pikir positif dan optimis terus kan?

3. Pokoknya Inovasi adalah kunci utama dalam sebuah bisnis!

Siapa bilang mau bikin usaha itu harus anti mainstream? Kamu bisa kok menjadikan yang mainstream jadi anti mainstream cuman bermodalkan inovasi. Setiap dari kita pasti kreatif, jadi asah kreativitasmu untuk menghasilkan produk yang unik. Es buah memang kedengaran biasa, tapi kalau kamu tambahkan rasa-rasa unik seperti matcha? keju? cokelat? Nggak ada salahnya! Eksperimenlah terus sampai kamu menemukan formula yang paling oke untuk produkmu.

Mainstream Nggak Masalah, Yang Penting Inovasinya!

Meskipun peluang usaha es buah udah menjamur banget, bukan berarti kamu nggak boleh coba terjun ke sini. Banyak strategi pemasaran yang bisa kamu lakukan. Membuka usaha di tempat yang dekat dengan keramaian, memanfaatkan media sosial buat promosi, dan memaksimalkan penggunaan kemasan bisa menjadi strategi pemasaran sekaligus meningkatkan penjualan produkmu.

Hal pertama yang dilhat konsumen pada setiap produk sudah pasti kemasannya. Maka, kemasan menjadi poin penting yang tidak boleh dilewatkan. Es buah merupakan produk yang berair, namun memiliki komposisi padat karena irisan buahnya. Sehingga ada beberapa kemasan yang memang sesuai dan bisa menjadi pilihan.

1. Kemasan cup plastik

usaha minuman gelas plastik

Kemasan pertama yang bisa menjadi pilihan adalah kemasan cup plastik. Bahan yang digunakan kemasan ini adalah plastik PP dan plastik PET yang aman bagi minuman. Kemasan ini transparan sehingga konsumen dapat melihat produk yang ada di dalamnya. Cup plastik hadir dalam berbagai ukuran yang bisa kamu sesuaikan dengan porsi yang akan kamu sajikan pada konsumen.

Cup plastik hadir dengan penutup yang bisa kamu pilih antara penutup plastik atau lid cup. Agar cup plastikmu lebih menarik secara tampilan cetak sablon pada permukaannya. Sablon ini bisa berupa desain yang kamu buat sendiri, merek, logo, atau bahkan informasi mengenai produk yang dikemas.

2. Kemasan thin wall

thin wall kemasan

Selain cup plastik kemasan lain yang bisa kamu gunakan untuk es buah adalah thin wall. Berbeda dengan cup plastik yang bentuknya gelas, thin wall ini bentuknya mangkuk. Thin wall juga terbuat dari plastik PP dan plastik PET yang aman bagi minuman atau makanan. Kemasan ini juga transparan, namun lebih tebal daripada cup plastik sehingga produk di dalamnya kurang terlihat jelas.

Thin wall hadir dalam berbagai macam ukuran mulai dari 200 ml. Kemasan ini juga memiliki penutup yang terbuat dari plastik tebal dan datar. Bentuknya yang mangkuk ini cocok untuk es buah yang memiliki komposisi padat. Kemasan ini kokoh dan dapat digunakan kembali oleh konsumen.

Tertarik menjalankan usaha selama puasa ramadhan? Kemasan yang baik membutuhkan waktu untuk pengerjaannya. Jadi lebih baik mulai rencanakan dari sekarang. Apa kamu punya uneg-uneg tersendiri soal kemasan yang baik untuk es buahmu? Sharing yuk!

 

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba