Ide Bisnis: Ekado, Olahan Daging Ikan yang Maknyuss

ekado

Sumber protein hewani yang cukup baik dapat kita peroleh dari ikan. Aneka produk olahan ikan seperti siomai, mpek-mpek, sudah tidak asing lagi menjadi teman santap kita sehari-hari. Selain siomai dan mpek-mplek ada satu lagi produk olahan ikan yang patut dicoba yaitu ekado. Ekado adalah produk olahan yang dibuat dari daging ikan yang dicincang dengan penambahan tepung dan bumbu-bumbu. Spesifikasi dari produk ini  adalah adonan daging ikan dibungkus dengan kulit pangsit dan dibentuk seperti kantong yang bagian atasnya di ikat dengan daun kucai. Ekado merupakan produk yang siap untuk dihidangkan (ready to serve product).

A. Bahan Baku dan Bahan Tambahan

Pada umumnya bahan baku ynag digunkan adalah ikan kembung atau ekor kuning. Persyaratan bahan baku yang terpenting adalah kesegaran ikan tersebut. Bahan tambahan yang digunakan yaitu tepung tapioka sebanyak 5%. Kulit pangsit sebagai pembungkus (+ 50 lembar untuk 500 gram adonan daging ikan). Sedangkan umbu-bumbu yang digunakan sebagai berikut :
– Garam 1,5 – 2 %
– Gula 1,5 – 2 %
– Minyak wijen 3 %
– Bawang Bombay 5%
– Bawang putih 3 %
– Merica halus 0,5 %
– Bumbu masak 1 %
– Daun bawang secukupnya

B. Cara Pembuatan Ekado

  1. Ikan difillet, direndam air dingin selama 5 menit sampai 10 menit, buang kulitnya.
  2. Peras fillet ikan yang telah direndam dengan menggunakan kain saring atau alat pengepres.
  3. Daging ikan dicincang kasar-kasar (tidak terlalu halus).
  4. Bawang putih, bawang bombay dan dun bawang diiris / cincang halus.
  5. Campurkan daging ikan yang telah dicincang dengan bumbu : garam, gula, merica halus, minyak wijen, tepung tapioka dan bumbu masak. Kemudian tambahkan bawang putih, bawang bombay dan daun bawang.
  6. Ambil selembar pangsit, kemudian letakkan satu sendok makan adonan daging diatasnya. Bungkus dengan bentuk seperti kantong lalu ikat dengan daun kucai (sebelum digunakan daun kucai dilayukan dahulu).
  7. Ekado siap dibekukan dan disimpan dalam suhu rendah, selain dibekukan ekado juga dapat langsung digoreng dan disajikan dengan sambal dan saus tomat.

Diolah dari berbagai sumber

6 thoughts on “Ide Bisnis: Ekado, Olahan Daging Ikan yang Maknyuss”

  1. pak/ ibu saya mau nanya
    ekadonya jd mentah begitu langsung d bekukan / atau di kukus dulu baru d goreng,kmrn dapat kiriman kok enak sekali jd pinggin coba untuk jualan trimakasih

    Reply
  2. apa itu daun kucai.

    Jawab:
    Terimakasih telah mengunjungi virtual office kami http://www.bisnisukm.com
    Kucai termasuk dalam jenis tanaman bawang-bawangan. tanaman yang di ambil daunnya saja ini selain menambah citarasa pada hidangan, juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan merangsang nafsu makan. Bagian daun yang baik digunakan adalah daun yang masih muda berwarna hijau tua.
    Salam sukses
    Terimakasih

    Reply
  3. ga ada kuahnya yach? kyk bakso gitu.

    Jawab:
    Terimakasih telah mengunjungi virtual office kami http://www.bisnisukm.com
    Dalam penyajiannya, ekado biasa dilengkapi dengan saos sambal atau mayones
    Salam sukses
    Terimakasih

    Reply
  4. aku sih suka sama ekado. en penasaran banget kalo mau buat sendiri tapi takut gak enak sih, oh iya kalo bisa ekadonya dilampirkan gambarnya dong. makasih ya sebelumnya

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba