Kategori Lainnya

Penasaran Rasa Kue Dorayaki Favorit Doraemon? Begini Cara Buatnya!

dorayaki-coverPenggemar manga dan anime pasti tidak asing lagi dengan tokoh Doraemon. Di dalam cerita, karakter doraemon sangat menggemari sebuah kue yang bernama kue dorayaki. Tahukah kamu bahwa kue ini tidak hanya ada dicerita doraemon, tapi benar-benar ada di dunia nyata?.

Kue dorayaki yang mirip pancake ini sejatinya adalah kue kuno yang sudah ada sejak Zaman Edo (tahun1603 – 1868). Namun, namanya baru populer di awal abad ke-20.

Nama ‘dorayaki’ berasal dari kata dalam bahasa Jepang, yaitu ‘dora’ yang berarti gong, dan ‘yaki’ yang berarti dimasak dengan panas kering. Nama ini diyakini diberikan karena kemiripan bentuknya dengan perkusi piringan logam gong.

Teori asal usul dorayaki juga lekat dengan seorang pahlawan legendaris bernama Saito no Musashibo Benkei. Menurut cerita, saat terluka parah Benkei dirawat oleh sepasang kakek nenek. Pasangan tua itu memberinya kue bulat kecil yang dimasak di permukaan gong. Kue itu diyakini menjadi awal mula terciptanya dorayaki pertama.

dorayaki-1 Meskipun asal usul dorayaki diyakini berasal dari zaman kuno, tapi dorayaki dengan bentuk mirip pancake baru populer di awal abad ke-20. Selama Zaman Edo (1603-1867), dorayaki dikenal sebagai kue lipat seperti telur dadar atau sandwich pucat bulat, dengan adonan jauh lebih tipis.

Dorayaki pertama kali dibuat menyerupai pancake pada 1914 oleh toko pembuat makanan manis di Ueno, Tokyo, bernama Usagiya. Sang pemilik toko mendapatkan ide dari makanan manis yang berakar di Eropa, yakni kasutera atau kue castella.

Untuk menikmati kue popular ini, kamu gak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang untuk menikmatinya. Kamu bisa membuatnya sendiri lho! Berikut resepnya buat kamu.

 

Bahan:

  • 2 butir telur
  • 80 gr gula
  • 1 sdm madu
  • 130 gr terigu
  • 1/2 sdt soda kue
  • 50 ml air
  • Isiansesuai selera (bisa menggunakan selai kacang merah, selai coklat, selai kacang dll)

Cara Membuat:

  • Kocok telur, gula, madu dengan whisk atau mixer sampai agak mengembang dan berwarna pucat
  • Masukkan tepung dan soda kue. Aduk dengan merata.
  • Masukkan air, campur dengan merata. diamkan 10menit. Aduk lagi.
  • Tuang adonan secukupnya (sekitar 1 sendok sayur) ke wajan datar teflon yang sudah dipanaskan. Bila sudah berpori, piggiran mulai mengering namun bagian tengah masih agak basah, segera dibalik.
  • Panggang sebentar, angkat. Lihat, bagian tepi seperti bermadu dan lengket. Nantinya menjadi “lem” saat diisi dengan isian.
  • Isi dengan isian favorit kamu.
snack paper bag

Paper bag lucu seperti ini cocok banget buat menyempurnakan kelezatan kue dorayaki

Jika dilihat dengan kacamata bisnis, ide usaha kue dorayaki ini bisa menjadi salah satu usaha kuliner yang sangat direkomendasikan. Mengapa?. Pertama, karena kue ini sudah sangat dikenal masyarakat sehingga membuat banyak khalayak penasaran untuk mencobanya apalagi kue ini masih jarang dijumpai di Indonesia.

Kedua karena cara membuatnya yang tidak sulit dan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Dan yang ketiga adalah belum banyak yang mencoba usaha kue ini di Indonesia sehingga kompetitor relatif masih sedikit.

Oh iya jangan lupa untuk menggunakan kemasan yang menarik dan aman untuk konsumen ya! Kamu harus paham bahwa penilaian pertama konsumen terhadap suatu produk itu dilihat dari kemasannya. Jadi meskipun produk yang kamu buat sangat enak tapi jika kemasannya tidak menarik, maka konsumen juga belum tentu akan mau membeli produkmu.

Untuk kue dorayaki ini kamu bisa menggunakan paper bag atau bisa juga menggunakan cake box ukuran kecil. Bagaimana? Kamu tertarik untuk mencoba membuatnya? Semoga bermanfaat!.

SHARE YUK!