Inspirasi Bisnis

5 Olahan Kelapa Yang Bisa Dijadikan Bisnis

Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini.

Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, namun kini telah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki beraneka ragam fauna dan flora, pohon kelapa salah satu dari ratusan pohon buah yang ada di dunia. Sebagai pohon yang bisa menghasilkan buah, pohon ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Kelapa sudah tidak asing lagi ditelinga warga Nusantara, buah yang satu ini banyak sekali manfaatnya, air degan yang baik untuk dikonsumsi, dagingnya bisa menjadi bahan baku diberbagai makanan. Jika kita cermati dan jeli dalam melihat peluang bisnisnya, ada berbagai macam olahan kelapa yang bisa dibisniskan.

Berikut 5 olahan kelapa yang bisa dijadikan bisnis versi bisnisUKM.com

1. Minuman Es Kelapa Muda

Siang – siang panas bolong, enaknya minum yang dingin nan segar, yups salah satunya es kelapa muda ini, dengan hanya bermodalkan bahan baku kelapa muda, gula aren, dan es batu, minuman es kelapa muda ini sudah bisa disantap. Semua kalangan menyukainya, mulai dari anak – anak hingga dewasa, biasanya harga dibanderol per gelas Rp 5000 – Rp 7000.

2. Santan Kelapa

Merupakan olahan kelapa juga, santan! Yups, salah satu pelengkap bumbu masakan, bisa untuk menjadi kuah, dll. Santan merupakan air hasil perasan dari daging parutan kelapa, selain menjual santannya anda juga bisa membuka jasa parutan kelapa, dan menjual parutan kelapa. Kelapa yang digunakan untuk parutan ini biasanya kelapa yang sudah tua.

3. Kue Gandos/ Rangin

Kue rangin merupakan salah satu makanan yang bahan bakunya dari parutan kelapa, susah mudah untuk menjalankan bisnis ini, rasa yang dibuat harus benar – benar memanjakan lidah, supaya konsumen tidak bosan dengan rasa – yang monoton.

Berikut bahan dan cara permbuatannya:

Bahan :

  • 5 cangkir tepung ketan
  • 9 cangkir tepung beras
  • 5 kerat parutan kelapa
  • Gula pasir secukupnya
  • 3 sendok teh vanili
  • 17 sendok mentega

Cara pembuatannya

  1. Pertama campurkan semua bahan yaitu tepung ketan, tepung beras, parutan kelapa, gula pasir, vanili, dan mentega aduk hingga rata
  2. Untuk mendapatkan adonan yang tercampur rata, anda dapat meremas-remasnya menggunakan tangan sehingga rata sempurna
  3. Siapkan cetakan kue rangin, panaskan, dan oleskan mentega pada permukaannya
  4. Tuangkan adonan ke dalam cetakan dan biarkan hingga matang
  5. Setelah matang maka segera angkat kue rangin dari cetakan dan pindahkan ke piring saji.

4. Minyak Kelapa

Olahan dari kelapa lagi yaitu minyak kelapa VCO (virgin coconut oil). Berdasarkan riset, minyak ini memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya menyembuhkan berbagai penyakit. Harga VCO 250 ml seharga Rp 86 ribu.

5. Kerajinan Batok Kelapa

Bagi kalian yang mempunyai jiwa seni, kalian bisa menyalurkan ide kreativitas pada media batok kelapa, tidak cukup disitu ketika hasilnya kira – kira menarik dan fungsional, apa salahnya jika dijadikan bisnis.

 

 

Nah itulah 5 olahan kelapa yang bisa djiadikan bisnis, masih banyak lagi ide – ide yang lain. Jangan lupa dalam berbisnis selalu mengalami pasang surut pasar, siapkan mental ketika terjun ke dunia bisnis.

Semoga bermanfaat!

SHARE YUK!