Berita UKM

Pengen Buka Usaha, Datang ke PLUT KUMKM, Ada Pendampingan Usaha

pengen-buka-usaha-datang-ke-plut-kumkm-ada-pendampingan-gratis

Kabar gembira datang bagi setiap warga Cilacap yang ingin membuka usaha sendiri. Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) yang terletak di Jalan Dokter Soetomo, rutin mengadakan kegiatan pelatihan keterampilan, pendampingan, dan bimbingan usaha yang bisa diikuti seluruh masyarakat di Cilacap.

Dian Arinda Murni selaku Kepala Disperindagkop dan  UMKM Cilacap,  menuturkan bahwa Fasilitas Gedung PLUT-KUMKM bantuan dari Kementerian Koperasi dan UMKM harus bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin.

“Untuk itu, bagi masyarakat yang ingin membuka usaha, dipersilahkan datang ke gedung PLUT-KUMKM untuk mengikuti pelatihan,” ungkapnya.

Franchise King Coklat Premium

Franchise King Coklat Premium

Harga Promo 3,8 Juta Saja Mendapatkan Booth, Blender, X-Banner, 100 Bahan Baku Gratis, dan semua perlengkapannya.

Selain menyediakan gedung PLUT-KUMKM sebagai tempat pelatihan usaha, Dian Arinda Murni juga mengungkapkan bahwa sedikitnya ada lima tenaga konsultan yang siap membantu masyarakat dalam memecahkan setiap kendala usaha.

“Kelima konsultan tersebut disiapkan dan dibayar oleh pemerintah pusat. Selama ini kegiatan yang dilakukan mencakup pelatihan keterampilan, pendampingan dan bimbingan. Warga yang ingin menjadi wirausahawan sukses akan dilatih dengan berbagai macam keterampilan sesuai jenis usaha yang akan mereka jalankan,” tambah Kepala Disperindagkop dan  UMKM Cilacap ini.

Bagi masyarakat yang telah memiliki keterampilan cukup, maka para konsultan akan memberikan pendampingan dan bimbingan agar usaha tersebut benar-benar bisa berjalan dan berkembang dengan optimal. “Setiap hari selalu ada warga Cilacap yang datang ke Gedung PLUT-KUMKM. Mereka sengaja datang ke gedung tersebut karena ingin mengikuti pelatihan wirausaha,” katanya.

Baca Juga Artikel Ini :

PLUT-KUMKM DIY Resmikan Kampung UKM Digital dan Rumah Karya Jogja

Press Release, Kemenkop Dorong PLUT Merata di Subang

Beliau juga menambahkan bahwa sampai saat ini PLUT-KUMKM Cilacap sudah mencetak banyak wirausahawan baru melalui pelatihan rutin yang sering diadakan. Bahkan beberapa masyarakat yang dulu buta tentang dunia bisnis, kini sudah berhasil memiliki usaha sendiri. Sebut saja seperti merintis usaha batik, bisnis kerajinan, sampai produksi makanan olahan.

“Namun, sebagian besar warga yang pernah mengikuti pelatihan, membuka usaha makanan olahan,” terang Ibu Dian. Salah satu usaha makanan olahan dari hasil pelatihan di PLUT-KUMKM adalah rujak es krim. Jadi kalau kita berkunjung ke Cilacap dan menemukan pedagang rujak es krim di pusat keramaian seperti di depan toko modern, pasar, atau tempat-tempat strategis lainnya, bisa jadi mereka para peserta pelatihan rujak es krim yang diselenggarakan di PLUT-KUMKM Cilacap beberapa waktu yang lalu.

Sebagai kepala Disperindagkop dan  UMKM Cilacap, Dian Arinda Murni berharap bagi pemula yang ingin membuka usaha maupun pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnisnya lebih besar lagi, jangan takut untuk berkonsultasi dengan para tenaga konsultan yang setiap hari berkantor di Gedung PLUT-KUMKM.

“Semakin banyak yang datang, berarti pemanfaatan gedung tersebut semakin optimal dan itu lebih baik,” pungkasnya.

Sumber