Manajemen UKM

Pentingnya Koneksi Dalam Mengembangkan Bisnis

jaringan bisnisHalo rekan bisnis sekalian, begitu bersemangat sekali untuk selalu menyapa semua pengunjung bisnisUKM.com yang hingga saat ini jumlah membernya semakin bertambah setiap harinya. Kondisi ini tentunya cukup baik untuk perkembangan bisnis kita, sebab secara tidak langsung kita terkoneksi oleh banyak rekan bisnis yang memiliki ciri khas masing-masing.

Nah, kali ini saya akan berbagi pengalaman saya dalam menjalankan bisnis dan akan sedikit share tentang “Pentingnya koneksi dalam mengembangkan bisnis”.

Memulai bisnis tentu kita akan berinteraksi dengan banyak karakter yang berbeda-beda, dan dengan banyak karakter tersebut akan membantu kita untuk terus menerus mengembangkan ide dan daya kritis kita dalam menjalankan bisnis yang kita tekuni saat ini.

Setelah memulai, kita akan memasuki fase yang dinamakan pengembangan bisnis. Saya sangat yakin, bahwa koneksi adalah salah satu metode yang sangat menentukan kualitas dari bisnis yang kita jalankan.

Mungkin semua pernah mendengar pepatah yang mengatakan “Banyak teman, banyak rezeki”, itulah yang saya yakini. Lalu, bagaimana cara kita untuk bisa mengetahui pentingnya peranan koneksi dalam mengembangkan sebuah bisnis?

Berikut adalah 5 hal yang harus dilakukan untuk mulai mengaktifkan koneksi atau jaringan bisnis kita.

1. Masuk dalam forum bisnis

Di Indonesia, sudah cukup banyak sekali forum yang membicarakan tentang bisnis. Mulai dari forum yang membahas tentang bisnis kecil, hingga bisnis kelas atas. Forum sebaiknya dikalibrasi terlebih dahulu, mana saja forum yang sangat berkualitas dan sesuai dengan kita. Salah satunya bisnisUKM ini, didalamnya sangat banyak sekali konten yang cocok digunakan untuk memulai bisnis.

2. Berkenalan dengan pelaku bisnis lainnya

Tak ada salahnya anda SKSD (Sok Kenal Sok Dekat) saat memulai untuk menjalin koneksi. Memulai pembicaraan terkadang bisa dengan cara apa saja yang penting kita sudah mempersiapkan apa saja yang ingin dibicarakan, sampai dengan pembicaraan seputar bisnis. Karena dengan ini, akan timbul ide bisnis baru yang mungkin tidak kita pikirkan sebelumnya.

3. Jadi sponsorship

Menjadi sponsorship adalah cara jitu untuk membangun koneksi bisnis. Sponsorship memang cukup membutuhkan biaya dalam melakukannya. Pastikan terlebih dahulu tentang benefit apa saja yang akan kita dapatkan ketika kita sudah menjadi sponsorship suatu event. Target pasar dan audience sangat menentukan keberhasilan dari strategi mengembangkan bisnis.

4. Koneksi tidak hanya tentang bisnis

Perlu dicatat pula, memang prioritas utama kita dalam bisnis tidak melulu soal uang/ omset. Membangun koneksi juga akan membantu kita untuk melakukan silaturahmi ke orang yang mungkin tidak menjalankan bisnis. Berteman atau berkumpul dengan komunitas juga akan sangat membantu kita mengasah skill kita dalam berkomunikasi, berinteraksi dengan banyak kalangan juga, kita akan lebih tahu tentang apa saja yang menjadi permasalahan dalam kehidupan kita. Tidak menutup kemungkinan, berikutnya jika kita ingin mengembangkan bisnis bidang lainpun akan terpenuhi.

Semoga artikel saya tentang pentingnya koneksi dalam mengembangkan bisnis ini membantu teman-teman yang mungkin belum bisa menurunkan ego kita untuk berinteraksi dengan bisnis yang mungkin sejenis dengan bisnis kita atau bisnis lainnya. Salam sukses and “Be Something”.

Sumber gambar : http://www.itechutopia.com/images/walking-big.jpg

Ditulis Oleh: Muhammad Fuady, S. Farm., Apt.

Founder and CEO of mbojosouvenir.net - Spesial