Potensi Bisnis Pupuk Cair Organik Dari Hama Keong

pupuk organik dari keong masMelimpahnya potensi bisnis pertanian di Indonesia, ternyata membuat populasi keong mas juga terus meningkat di berbagai pelosok daerah. Meskipun keberadaan keong mas tidak membahayakan keselamatan masyarakat, namun hewan tersebut menjadi salah satu hama yang menganggu pertumbuhan tanaman padi. Tidaklah heran bila selama ini keong mas dikenal sebagai hama pada tanaman padi yang cukup sulit dikendalikan para petani.

Melihat populasi hama keong yang terus meningkat, siswa SMK Negeri Pertanian Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mulai tergerak untuk membasmi hama padi tersebut dengan cara yang sangat kreatif. Bila selama ini kita melihat hama keong mas dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan ikan, maka tak kalah inovatifnya para siswa tersebut mengolah keong mas menjadi produk pupuk cair organik yang memiliki beberapa keunggulan untuk membantu meningkatkan kesuburan tanaman.

Meskipun diproduksi menggunakan hama keong, pupuk cair organik ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan jenis pupuk lainnya. Tanaman dan buah disinyalir akan lebih cepat tumbuh dibandingkan jika menggunakan pupuk kimia lainnya. Selain itu pupuk organik ini mampu menghidupkan organisme tanah yang sudah mati sehingga akan kembali subur. Yang penting lagi pupuk organik ini tidak menimbulkan efek buruk kepada tumbuhan dan petani karena tidak bercampur dengan bahan kimia, dan tidak akan tumbuh hama.

pupuk organik dari keongIde pengembangan pembuatan pupuk cair organik dari keong mas ini sudah berjalan satu tahun dan memberikan dampak yang cukup positif bagi perkembangan dunia pertanian di Indonesia. Dengan harga jual yang cukup murah yakni berkisar antara Rp 20.000,00 per 2 liter, pupuk cair organik ini tidak terlalu sulit untuk diproduksi. Setiap liter pupuk cair organik dari keong ini bisa dicampurkan dengan air sebanyak 10 liter, yang kemudian bisa digunakan untuk lahan 1 hektar. Besarnya manfaat yang diberikan dan murahnya harga yang ditawarkan serta menciptakan metode pertanian yang ramah lingkungan, menjadikan inovasi siswa SMK Negeri Pertanian Cibadak ini sebagai salah satu potensi bisnis daerah yang bisa dikembangkan menjadi peluang usaha baru.

Semoga dengan meningkatnya kreativitas anak bangsa, kedepannya potensi bisnis pupuk cair organik dari hama keong ini bisa mengharumkan nama SMK Negeri Pertanian Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dan bisa menjadi salah satu potensi daerah yang menjanjikan keuntungan cukup besar bagi para petani di Indonesia. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar : 
1. http://1.bp.blogspot.com/-j1qKFoMZNGI/UMhj9SbW4aI/AAAAAAAAAVw/dXqVVHMfEUc/s1600/Hama-Keong.jpg
2. http://galeriukm.com/wp-content/uploads/2012/10/pupuk-organik.jpg

3 thoughts on “Potensi Bisnis Pupuk Cair Organik Dari Hama Keong”

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba