Potensi Daerah Trenggalek Ramaikan Pasar Internasional

Menggali berbagai macam potensi daerah seakan-akan tidak pernah ada habisnya. Melimpahnya kekayaan alam dan meningkatnya kemampuan sumber daya manusia, membuat setiap daerah di Indonesia mulai berkembang pesat dan menunjukan keunggulannya di tiap-tiap sektor. Tak terkecuali geliat para pelaku bisnis lokal di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur yang mulai menunjukan eksistensinya di pasar lokal, nasional, bahkan hingga merambah pasar internasional.

kabupaten trenggalek

Kabupaten trenggalek sendiri merupakan salah satu daerah pegunungan yang terletak di bagian selatan Propinsi Jawa Timur. Dengan luas wilayah sekitar 126.140 Ha, Kabupaten Trenggalek terbagi menjadi 14 kecamatan dan 157 desa dengan jumlah penduduk mencapai angka 796.966 jiwa pada tahun 2009. Daerah ini memiliki ratusan pelaku UKM yang tersebar di berbagai kecamatan maupun desa dengan aneka macam produk komoditas yang tidak bisa dianggap remeh.

Untuk mengetahui seberapa besar potensi daerah yang terdapat di Kabupaten Trenggalek, berikut ini kami informasikan selengkapnya bagi para pembaca.

Potensi Bisnis Hasil Perkebunan

Mengingat kondisi tanah di daerah Trenggalek yang kurang subur, sebagian besar masyarakat lebih memilih tanaman perkebunan seperti cengkeh, kopi, ketela pohon, umbi-umbian, jagung, kakao, sayuran, serta aneka macam buah-buahan (misalnya : durian, mangga, alpukat, belimbing, pisang, manggis, dll) untuk dikembangkan menjadi potensi bisnis daerah yang memiliki nilai ekonomi cukup besar. Selain itu, sebagian wilayah Trenggalek merupakan kawasan hutan yang ditanami pohon sengon, akasia, mahoni, jati, dan lain sebagainya.

Potensi Industri Kerajinan

Salah satu potensi daerah Kabupaten Trenggalek yang berhasil menembus pasar ekspor adalah industri kerajinannya. Beragam sentra industri kerajinan banyak ditemukan di kabupaten yang berbatasan langsung dengan daerah Tulungagung ini, seperti misalnya kerajinan anyaman bambu yang terdapat di desa Wonoanti, kecamatan Gandusari (20 km dari pusat kota Trenggalek). Desa tersebut memproduksi aneka macam souvenir berupa kotak snack, rantang, tudung saji, kotak tisu, keranjang parsel, sampai perabot furnitur meliputi meja tamu, meja makan, serta pembatas ruangan dari anyaman bambu. Produk kerajinan tersebut kini telah dipasarkan di sekitar Ponorogo, Kediri, Jakarta, Surabaya, Makassar, hingga menembus pasar Brunei Darussalam, Inggris, dan Amerika Serikat.

Disamping itu, Kabupaten Trenggalek juga memiliki beberapa wilayah yang menjadi pusat industri kerajinan genteng. Terdapat lebih dari 100 pengrajin genteng di Dusun Nglayur, Desa Sukorejo, Kec. Gandusari. Selain itu sentra kerajinan genteng juga bisa ditemukan di Desa Kamulan, Kec. Durenan, di Desa Sukowaten, Kec. Karangan, serta di Desa Petung, Kec. Dongko.

Potensi Industri Makanan

industri makanan

Seperti halnya daerah-daerah lain, Kabupaten Trenggalek juga memiliki makanan khas yang sering dijadikan sebagai buah tangan para wisatawan. Salah satunya yaitu kue kering manco yang terbuat dari tepung ketan berselimut gula merah cair dan dilengkapi dengan taburan wijen. Sentra industri kue manco terdapat di Desa Sugihan, Kecamatan Kampak.

Selanjutnya ada juga industri sale pisang yang terdapat di Kecamatan Karangsuko, Kabupaten Trenggalek. Berbeda dengan sale pisang di daerah lain, produk sale pisang di Karangsuko dibentuk menyerupai buah anggur. Bentuknya yang unik dan rasanya yang nikmat membuat produk makanan ini banyak diminta pasar nasional seperti di Jakarta, Malang, Blitar, Semarang, Kediri, dan Surabaya.

Industri makanan lainnya yang tidak kalah populer yaitu industri tempe keripik dan industri alen-alen. Untuk industri tempe keripik berada di Jl. Yos Sudarso, sedikitnya terdapat 25 orang produsen tempe keripik yang telah menjalankan peluang usaha ini sebagai mata pencaharian mereka. Sedangkan untuk produsen alen-alen terdapat di  Desa Sumbergedong, Desa Surodakan, dan Desa Ngantru Kec. Trenggalek.

Potensi Industri Perikanan

Di Kabupaten Trenggalek terdapat dua sumber utama industri perikanan, yaitu laut dan perikanan air tawar. Untuk hasil tangkapan laut berupa cumi-cumi, ikan tuna, ikan makarel, dan rumput laut, masyarakat Trenggalek mengandalkan potensi pantai Prigi, pantai Pelang, dan pantai Konang. Sedangkan untuk hasil perikanan air tawar yang biasa dipasarkan adalah ikan lele, ikan gurame dan ikan nila.

Setelah membahas tentang berbagai macam potensi bisnis di Kabupaten Trenggalek, diharapkan masyarakat di daerah lain mulai terinspirasi untuk mengoptimalkan kekayaan alam dan budaya di sekitarnya sebagai peluang bisnis baru yang menjanjikan untung besar bagi masyarakat setempat. Keberhasilan potensi daerah Trenggalek ramaikan pasar internasional menjadi bukti nyata bagi kita bahwa setiap daerah memiliki peluang yang sama untuk bisa sukses meningkatkan perekonomian Indonesia. Selalu ada peluang bila kita jeli dengan potensi di sekitar kita. Mulai dari yang kecil, mulai dari yang mudah, mulai dari sekarang. Ayo berbisnis !!!

Sumber gambar : http://4.bp.blogspot.com/__WSjqe3eGac/TUCyPMDtUhI/AAAAAAAAACE/QBNO_Dc5LDs/s1600/Kab+Trenggalek.png dan http://lancarjayakeripik.com/images/uploads/mancho.JPG

19 Komentar

  1. Maaf sebelumnya, saya dari wilayah prigi. Tolong jika ada info mengenai program pemberdayaan UKM di kota atau semacam seminar bagi pengembangan produk kreatif beritanya itu mbok ya diusahakan maksimal sampai ke pelosok2 desa biar kami yang pemula bisa ikut berkontribusi menyampaikan minat dan inspirasi. Bahkan berita adanya Rumah kreatif BUMN saja baru kemarin terdengar di telinga saya. Saya punya beberapa sample produk souvenir wisata khas trenggalek beserta konsep penyebaran ke beberapa tempat wisata yg kenyataannya tempat2 wisata kita sama sekali belum ada yang mau berkreasi di sektor souvenir khasnya. Jika pihak PEMKAB Trenggalek bersedia meluruh para pemuda kreatif dibidang souvenir khas yang bisa dijadikan permulaan bangkitnya generasi muda kreatif bidang souvenir khas saya siap membagi inspirasi beserta konsepnya biar wisata kita punya kekhasan souvenir2nya. Mohon ini disampaikan pada pihak yang berwenang ya. Sukses Trenggalek

  2. trenggalek berteman hati ??? wujutkan generasi enerasimu munculkan maju jayalah ekonomiku “””

  3. Matahari boleh berpijar, dunia boleh bergetar, bumi boleh berputar, tapi trenggalek tak boleh gentar, untuk hadapi daerah lain yg lebih maju dan pintar…..
    Mari kita songsong trenggalek baru, dg bupati n wabup baru, yg akan jadikan trenggalek lebih layak huni dan trenggalek berswasembada dalam segala bidang kehidupan,… Wira usaha adalah salah satu pilar jalan sukses kehidupan seseorang…. Trenggalek mari bersama, maju tak gentar, membela n mengayomi rakyat, trenggalek dari rakyat, oleh rakyat, dan sejahtera untuk rakyat…
    Salam sukses all for your

  4. Trenggalek mempunyai potensi yang cukup besar, Visi /Misi yang ada jangan sebagai slogan aja , dan dilaksanakan /ditindak lanjuti dengan program /Kegiatan yang mengutamakan kepentingan masyarakat untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan , Trenggalek masih perlu Pemimpin yang Mampu dan Bijak dan lebih mengutamakan kepentingan masyarakat.

  5. mungkin nggak ya kalau daerah wisata pntai prigi itu ada potensi bagi pengusaha misal membuat kerajinan atau oleh2 khas bagi wisatawan atau turis asing.yang berbeda dg daerah lain dan hanya bisa didapatkan disana.soalnya selama ini jalan ke pantai trenggalek yang Akses jalannya lumayan dijangkau dan ramai pengunjung adalah pantai prigi.kok sayang sekali kalau sya sering lihat wisatawan kesana itu ga ada oleh2 khas yang bisa mencapai pasar dunia supaya lebih banyak wisatwan yang tertarik berkunjung lagi dan mengajak kerabat mereka.

  6. sebenarnya GENTENG di TRENGGALEK itu bukan dari kamulan melainkan asli dari NGLAYUR SUKOREJO TRENGGALEK

    • Terimakasih atas informasi tambahan yang diberikan, semoga potensi bisnis di Daerah Trenggalek bisa semakin berkembang dan perekonomian masyarakat setempat juga ikut terangkat. Salam sukses!

  7. masarakat desa ngerdani sangat meprihati dengan keadanya kususnya di rt 28,04 sidomukti
    jalan yang tidak layak membuat mereka semakin jauh dari kesejahteran dan program pemerentah untuk masarakat miskin dan daerah tertinggal,tolong di perhatikan kususnya untuk pemerintahan kab. trengalek,kususnya jalan adalah togak ukur perkembangan ekonomi yang masarakatnya petani dan mepergantungkan terhadap hasil tani..

  8. Trenggalek tercinta… Kadang saya merasa sedih menjadi anak yang di besarkan di lingkungan nelayan yaitu di pantai PRIGI, dimana setiap musim ikan, nilai jual ikan pasti merosot jauh karena adanya mafia bakul, maka yang jadi korban adalah nelayan yang seharusnya bisa menikmati hasil keringatnya di saat musim melaut tiba, belum lagi harga solar yang mahal, kisah dari nelayan sendiri yang selalu menerjang ombak, menerjang kencangnya angin, menerjang dinginnya malam setelah dapat ikan sampai pelelangan dihargai murah, saya berharap Pemda Trenggalek melihat, terjun langsung ke lokasi (Tempat Pelelangan Ikan), apa yang sebenarnya yang terjadi. Tempat Pelelangan Ikan sekarang tidak lagi menjadi fungsi yang sebenarnya, yang mengakibatkan nelayan dirugikan dan para bakul2 di untungkan, semoga aspirasi ini bisa di dengar oleh Pemda dan semoga masyarakat pesisir Pantai prigi lebih sukses sehingga Trenggalek Tercinta tidak lagi menjadi kabupaten tertinggal dan terpinggirkan… Maju Trenggalekku..

  9. Potensi Trenggalek luar biasa, mari kita optimalkan lagi sesuai kemampuan kita masing masing. Curahkan tenaga dan pikiran untuk Trenggalek tercinta.

  10. Trenggalek harus didukung, digerakkan dan dipelopori oleh Bupati yg mau tau kebutuhan tiap wilayah.. Contoh Pak Jokowi biar tahu apa yg dibutuhkan warganya.. Ayo turun ke plosok” daerah Pak..

  11. Trenggalek sangatlah luar biasa, akan tetapi banyak SDA dan SDM yang belum termanfaatkan, banyak anak-anak kita yag menjuarai berbagai lomba tingkat daerah maupun propinsi, banyak bapak-bapak kita yang menjadi orang besar di luar sana, tp banyak juga yang krisis kewarganegaraan,…. SDA yang ada di berbagai kecamatan di Trenggalek belum termanfaatkan, banyak tambang yang belum di kelola dengan baik.. inggat..!!!!! kita punya segalanya.

  12. Potensi SDM & SDA Trenggalek sgt bs untuk di eksplore, tp sgt dibutuhkan goodwill dr Pemda, trutama Bupati-nya jgn hy berbisnis untuk memperkaya diri & kroni-kroni. Yg perlu dicatat bhw siapapun yg mjd Bupati Trenggalek dmn tdk bs mengakses dana diluar APBD tdk akan pernah bs memajukan Trenggalek scr signifikan, krn untuk mengeksplore berbagai potensiTrenggalek perlu support dana yg besar mengingat kondisi geografisnya yg memerlukan pembangunan infrastruktur yg memadai. Maka dari itu sgt dibutuhkan kesadaran masyarakat agar tepat dan cermat dlm memilih Calon Bupati, jgn memilih calon yg cuma mengandalkan money politik, krn hal itu awal dari “PENYAKIT KORUPSI” seorang Bupati dan awal dari kebobrokan tata pemerintahan. Kedaulatan ada ditangan Rakyat Trenggalek sendiri, kita hrs memilih calon Bupati yg mempunyai program & visi nyata dlm membangun ekonomi Trenggalek agar Trenggalek benar – benar bs sejahtera & mampu bersaing dlm kancah Nasional maupun Internasional…aku yakin suatu saat itu bs terjadi di Trenggalek TERCINTA…!!!

  13. Untuk trenggalek tercinta,py usul ni pak giman klo pegunungan di trenggalek khususnya daerah bendungan di jadikan hutan jati.supaya satwa2 yg dlu bs kembali menikmati hutan trenggalek.baek jg untuk menjaga tanah kita agar tdk mudah longsor

  14. apakah PEMKAB TRENGGALEK mendukung bisnis UKM masyarakatnya,,kalo iya,,knpa ngak pernah q temui di lingkungan masyarakat,,tolong PEMKAB TRENGGALEK memberi dukungan modal pada para pelaku bisnis UKM,trima kasih

    • Pemerintah pasti akan mendukung tapi mungkin dari segi proses itu sendiri yang tergolong lambat mengingat banyak persoalan yang belum selesai juga. :)

Comments are closed.