Rekomendasi Kemasan Plastik Fashion Buat Olshop!

Plastik fashion jadi satu hal yang penting banget nih buat kamu yang punya bisnis pakaian. Sekarang ini bisnis pakaian nggak cuma mengandalkan offline store aja, tapi juga online store supaya jangkauan konsumennya lebih luas. Kalau kita lihat ke belakang bisnis fashion itu mengalami tren yang berubah-ubah. Kalau di waktu sekarang, tren bisnis fashion lebih didominasi sama online shop. Mulai dari online shop pakaian dari brand besar sampai brand butik, trennya sejak era sosial media tidak pernah redup bahkan pemainnya makin bertambah.

Tips Bisnis Fahion Buat Pemula

Pemain dari bisnis fashion online shop ini jumlahnya sangat banyak. Ada online shop fashion khusus pakain muslim, pakaian anak, pakaian wanita, pakaian pria, pakaian olahraga, bahkan lebih spesifik lagi hanya untuk jenis pakaian tertentu saja. Misalnya hanya menawarkan produk kemeja, hanya kaos, hanya celana, hanya jilbab, dan item produk spesifik lainnya. Tapi tidak jarang juga ada bisnis fashion online shop yang menjual berbagai jenis pakaian.

Makin banyak pemainnya, pastinya persaingan bisnis pakaian makin hari juga makin kompetitif. Setiap pelaku bisnisnya harus punya strategi jitu untuk menguatkan daya saing apalagi kalau ranah bisnis online shop fashion. Nah buat kamu yang masih pemula atau ingin mengembangkan bisnis fashion baik offlie, online, ataupun keduanya, ada beberapa tips nih buat kamu!

1. Mulai dari yang Kecil

Memulai bisnis fashion itu nggak harus punya toko atau gerai busana yang besar dan terletak di lokasi yang strategis. Selain biaya sewa yang bombastis, sebagai pemula lebih baik kamu fokus pada penguatan value produk. Kamu bisa loh punya bisnis fashion yang dimulai dari butik skala rumahan.

Manfaatkan sudut ruangan atau bagian rumah kamu sebagai tempat display produk. Buatlah tata letak dan desain ruangan yang menarik dengan pencahayaan yang memadahi. Selain memanfaatkan offline store di rumah, kamu juga harus manfaatkan online store supaya jangkauan konsumen juga lebih luas.

2. Pahami Tren Bisnis Fashion

Baik itu pemula atau pemain lama, dalam dunia bisnis fahion ini semuanya harus mengikuti tren. Kamu bisa mengikuti tren dengan melihat jenis pakaian yang paling laku di toko-toko online atau di gerai besar. Kamu juga bisa mengikuti pakaian apa saja yang direkomendasikan oleh para fashion blogger Indonesia. Untuk tren fashion di Indonesia berubah-ubah sesuai dengan musim atau event terdekat apa yang akan terjadi.

Mulai dari tren warna, tren bahan, dan tren model pakaian akan terus berubah-ubah. Maka dari itu kamu perlu menganalisa tren, apalagi kalau pakaian yang kamu jual diproduksi sendiri. Bisnis fashion pada dasarnya murni tentang membaca keinginan konsumen. Baik untuk kamu yang ingin jadi pembuat fashion, menjadi distributor, maupun pemilik butik, semuanya harus pandai membaca keinginan pasar.

3. Manfaatkan Platform Online

Online shop menjadi hal yang patut untuk perhatikan. Terlebih dengan meledaknya fashion di pasaran dengan berbagai style yang diusung oleh produsen serta kemudahan masyarakat untuk mengakses tren fashion saat ini. Kamu bisa manfaatkan platform online seperti media sosial, website, iklan, dan email marketing untuk memperluas pasar. Kelebihan dari platform online untuk bisinis fashion pastinya akan menekan biaya operasional usaha. Toko online tidak perlu tempat strategis. Cukup ketepatan kamu dalam menguatkan konten dengan memahami alogaritma platform online yang kamu gunakan.

Tapi kurang lebih tiap platform online itu kunci optmasinya sama yaitu mebuat konten yang relevan dengan kebiasaan dan logika konsumen. Ketika kamu sudah menguasai strategi optimasi baik secara organi maupun iklan berbayar, dijamin online shop kamu bisa menjangkau niche market dengan maksimal. Kelebihan lain dari menggunakan platform online untuk bisnis fashion adalah platfrom yang tersedia beragam. Mulai dari platform berbasis web, media sosial, serta marketplace yang bisa kamu manfaatkan secara bersamaan.

Menguatkan Daya Saing Bisnis

Value produk merupakan hal yang harus kamu kuatkan supaya daya saing dari usaha pakaian kamu juga makin kuat.  Buatlah produk-produk yang kamu tawarkan semenarik mungkin. Mulai dari tampilan produk, value produk, dan konten produk yang kamu publish ke target konsumen. Konten produk benar-benar harus kamu perhatikan dengan detail, terutama untuk foto produk. Pasanglah foto produk dengan kualitas terbaik dan sesuai untuk menumbuhkan kesan pertama yang baik terhadap penilaian calon konsumen.

Pepatah don’t judge book by its cover tidak berlaku dalam dunia fashion. Sebab psikologis konsumen pakaian akan tertarik karena tampilan produk itu sendiri dibarengi dengan kebutuhan dan tujuan pemakaian. Selain itu pasanglah informasi produk dengan lengkap. Mulai dari jenis bahan, ketersediaan warna, ketersediaan stok, dan ketersediaan ukuran. Selain konsumen akan terbantu dengan informasi produk yang lengkap, kamu juga akan terbantu dalam menghemat waktu dan tenaga dalam menjawab pertanyaan calon konsumen.

Tampilan produk juga harus didukung dengan pengemasan yang menarik. Kemasan sekarang ini bukan hanya sebatas sebagai pembungkus produk saja. Tapi lebih dari itu kemasan juga merupakan bagian dari identitas produk. Maka dari itu kamu perlu memahami jenis kemasan fashion seperti apa yang akan menguatkan identitas dan daya saing bisnis kamu. Salah satu kemasan yang menarik adalah plastik fashion. Ada berbagai jenis dan model plastik fashion yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan. Pastinya kebutuhan kemasan fashion untuk pengiriman lewat paket, stok di toko, dan pembelanjaan offline masing-masing akan berbeda.

Macam Plastik Fashion

Sebelum memilih kemasan fashion mana yang akan digunakan untuk usaha pakaian, kamu perlu memahami terlebih dahulu jenis dan model kemasannya. Tujuannya supaya kemasan fashion yang kamu pilih tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini beberapa macam kemasan fashion yang perlu kamu pahami.

1. Kemasan Plastik Fashion Plong HD Doff

Kalau kemasan fashion yang satu ini dari segi harga ekonomis tapi bukan berarti kualitasnya diragukan. Ada tersedia banyak pilihan warna mulai dari warna nentral seperti putih atau hitam sampai beragam warna lainnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk ukurannya juga bisa custom mulai dari ukuran kecil, sedang, sampai besar. Laminasi dari kemasan fashion ini doff, tidak mengkilap. Jadi kalau kamu akan memanfaatkan cetakan sablon pada bahan plastik HD ini pilihlah warna yang sedana supaya desain atau nama brand tetap terbaca.

2. Plastik Fashion Polimer

Kemasan fashion yang satu ini akan sangat cocok ketika dimanfaatkan untuk keperluan pengiriman online atau pun dijadikan kemasan primer sebelum dikemas dengan kemasan sekunder seperti kemasan box hampers. Pilihan warnanya ada banyak, begitu juga dengan ukurannya. Bakhan plastik polimer ini juga cocok untuk digunakan sebagai pembungkus produk lain seperti buku sebelum dikirimkan melalui jasa ekspedisi.

3. Plastik Fashion OPP

Pasti kamu udah nggak asing lagi sama kemasan fashion yang satu ini. Plastik OPP banyak digunakan sebagai kemasan primer untuk banyak kebutuhan. Seperti kebutuhan stok produk di toko supaya terlindungi dengan baik dan tampil tetap rapi serta menarik. Ada bagian perekat pada kemasan yang akan melindungi produk dengan baik selama penyimpanan bahkan sampai ke ditribusi. Plastik OPP juga bisa dicetak sablon. Jadi untuk semakin menguatkan identitas produk, kamu bisa memanfaatkan kemasan ini dengan dicetak sablon untuk logo atau brand kamu.

4. Plastik Fashion Ziplock

Kemasan fashion plastik ziplock punya keunggulan yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis kemasan fashion lainnya. Bahan plastiknya PE, kelenturan dan kerapatannya sesuai untuk melindungi produk pakaian. Bahkan kekuatannya juga cukup besar untuk jenis pakaian yang berat. Warna yang tersedia di pasaran sejauh ini ada hitam, putih susu, dan bening. Ukurannya mulai dari 20x30x6, ukuran 25x35x7, dan ukuran 30x38x7. Untuk angka terakhir adalah bagian pegangan kemasan dari titik ziplock. Kemasan yang dilengkapi ziplock klip ini pastinya akan melindungi produk untuk pengiriman baju ataupun kantong belanja.

5. Plastik Klip Bening

Hampir serupa dengan kemasan fashion ziplock, bedanya hanya tersedia warna bening. Kalau dari model kemasannya, tidak ada bagian pegangan. Untuk cetakannya bisa dengan sablon. Kemasan ini cocok untuk dijadikan kemasan sebelum dimasukkan ke box supaya produk tetap bersih dan aman saat pengiriman.

Itulah ulasan soal kemasan plastik fashion yang bisa kamu jadikan referensi untuk menguatkan identitas bran usaha pakaian kamu. Semoga tulisan ini bermanfaat ya. Bagikan juga ke teman kamu yang lain supaya makin banyak manfaat yang tersebar. Kalau urusan kemasan fashion, kamu bisa konsultasikan tanpa dipungut biaya dengan tim diKemas.com Ada layanan gratis desain dan minimal pemesanan hanya 100pcs.

Ikuti terus ulasan menarik soal kemasan lainnya hanya di BisnisUKM.com

Apakah kamu punya bisnis di bidang fashion? Tulis di kolom komentar ya

Leave a Comment