Salurkan Hobi Otomotif, Ihsan Jualan Motor Mini

Dari hobi Ihsan bisnis motor miniHobi tidak melulu menghabiskan uang. Tapi, bisa jadi peluang untuk menghasilkan uang. Seperti Ihsan (45) yang sejak muda sudah hobi otomotif, kini menangguk untung dengan berjualan motor mini impor.

Baca Juga Artikel Ini :

Berhasil Membuka Peluang Bisnis Dari Hobi Otomotif

Kemajuan Teknologi Dorong Pertumbuhan Bisnis Otomotif Online

Bisnis motor miniSebelum menjadi penjual motor mini impor, Ihsan hanyalah seorang karyawan biasa. Namun, karena ritme hidupnya yang begitu-begitu saja, tepat tahun 2013 ia putuskan diri menjadi usahawan.

PeluangĀ usaha yang dilirik tidak jauh-jauh dari hobinya yaitu otomotif. Kebetulan dulu dia juga kerap melakukan balap liar di Kemayoran, sehingga tahu betul jeroan mesin motor jika mengalami kerusakan.

Berbekal modal yang ada, ia pun membuka semacam dealer motor mini yang didatangkan dari Tiongkok. Motor-motor itu diimpor dalam keadaan terpisah. Hanya mesin saja yang menempel di body motor. Dengan keahliannya, ia memasang sendiri setang, fairing, knalpot, dan ban hingga terlihat menjadi motor yang utuh.

“Impornya tanpa merek, dan kita kasih merek dan stiker sendiri. Sebulan kita ambil 20 unit dari importir,” ujarnya kepada BisnisUKM.com di dealernya, Sawangan, Depok, kemarin.

Ihsan menambahkan, motor mini yang dijualnya memiliki spesifikasi 50 CC dengan jenis mesin 2 Tak. Untuk satu unit motor dijualnya mulai dari Rp 3-9 juta.

“Kapasitas tangkinya antara 1 sampai 2 liter setengah. Bensinnya pakai premium campur oli,” jelasnya.

Jual Motor Mini Kompetitor Masih Sedikit

Bisnis motor miniMenjadi penjual motor mini, dilakukan Ihsan karena perhitungan bisnis. Sebab, saat ini sudah banyak dealer motor ukuran standar sehingga persaingan penjualannya pun sangat ketat.

Sedangkan penjual motor mini di Depok hanya ada dia dan seorang lainnya di kawasan Kukusan, Beji. Minimnya saingan membuat ceruk untungnya terbuka lebar. Tak kurang omzet Rp 60-70 juta bisa ia kumpulkan setiap bulan.

“Peminatnya banyak. Kalau pagi saya belum buka pada gedor-gedor pembeli. Tapi, ada juga yang datang cuma tanya-tanya sampai tiga kali datang,” ucapnya.

Sedia Onderdil dan Tangani Service Sendiri

Lantaran spesifikasi motor mini berbeda dengan motor orang dewasa, jarang sekali bengkel yang jual onderdil motor mini. Untuk memfasilitasi konsumen, Ihsan menjual onderdil motor mini dan membuka service bagi pelanggan.

BINGUNG CARI IDE BISNIS ?
Dapatkan Ratusan Ide Bisnis Dilengkapi Dengan Analisa Usaha.
Klik Disini

Perakitan motor miniBiasanya kerusakan motor mini, lebih sering terjadi pada tali tarikan starter yang mengalami putus. Pihaknya menyediakan tali starter yang harganya hanya Rp 5 ribu. Sedangkan untuk ban cukup mahal yaitu bisa mencapai Rp 500 ribu.

“Untuk biaya service dari Rp 25 ribu hingga jutaan. Kita juga ada garansi toko bagi pembeli selama satu bulan. Pembelinya tidak hanya dari Depok, tapi ada juga dari daerah seperti Padang dan Kalimantan,” tandasnya.

Tim Liputan BisnisUKM

(/Dunih)

Kontributor BisnisUKM.com wilayah Depok

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba