Sebelum Mantap Berbisnis Bareng Teman, Pastikan Kalian Ingat 7 Hal ini

Sebelum Mantap Berbisnis Bareng Teman, Pastikan Kalian Ingat 7 Hal iniMenjadikan sahabat sebagai partner bisnis memang terdengar sangat menyenangkan. Kesamaan hobi yang dimiliki, alasan sudah kenal luar dalam, serta perasaan nyaman yang didapatkan ketika beraktivitas bersama teman-teman sering kali menjadi alasan mereka untuk memilih berbisnis bersama teman maupun sahabat.

Namun, benarkah membangun bisnis bersama teman sendiri hanya mengandalkan kedekatan personal saja? Pasalnya, membangun usaha bersama teman tidaklah semudah apa yang kalian pikirkan. Ada beberapa aturan dan persiapan yang perlu kalian ingat, karena disini yang dipertaruhkan bukan hanya modal yang kalian keluarkan tapi juga nasib persahabatan yang kalian jalin bertahun-tahun silam.

Nah, sebelum gegabah memulai usaha bareng teman, coba pahami tujuh hal ini agar usaha dan persahabatanmu tak berantakan di tengah jalan.

1. Sebelum Memutuskan Bergabung, Pahami Dulu Kepribadian Setiap Sahabatmu.

Selalu asyik selama berteman, belum tentu bisa tetap asyik diajak kerja bareng. Jadi, sebelum memutuskan memulai usaha bersama temanmu, pastikan kamu mengenal dengan baik setiap kepribadian dan kemampuan mereka. Sebab tidak hanya kekompakan dalam berteman saja yang dibutuhkan untuk bisa sukses membangun bisnis bersama, tapi juga kekompakan dalam bekerja sebagai partner bisnis professional. Sehingga kalian bisa saling melengkapi baik dalam hal menentukan konsep bisnis, mempersiapkan event promosi, maupun melayani pelanggan, sehingga kalian lebih mudah dalam berbagi tugas.

2. Sedekat Apapun Pertemanan Kalian, Pastikan Ada Kontrak Perjanjian Kerjasama

Berbicara masalah join modal tidaklah segampang menyelesaikan urusan tugas kelompok semasa kuliah. Kalian harus memulainya dengan kontrak perjanjian kerjasama yang jelas, agar kedepannya tidak terjadi perselisihan ataupun perseteruan antar pemilik usaha. Pastikan ada perjanjian hitam di atas putih, agar kalian selalu ingat hak dan kewajiban masing-masing selama menjalankan bisnis bersama. Dengan begitu informasi terkait pembagian profit, serta tugas dan jabatan masing-masing tertuang dengan jelas agar kedepannya tidak saling menyalahkan jika ada hal-hal buruk yang tak terduga.

3. Harus Bisa Menggabungkan Beberapa Kepala Dalam Satu Visi dan Misi yang Sama.

Mengumpulkan beberapa kepala dalam satu atap tentu tidak mudah. Karenanya kalian dituntut untuk bisa mengesampingkan ego masing-masing agar bisa mewujudkan satu visi dan misi yang sama. Menanamkan visi dan misi juga bisa membantumu untuk bisa terus kompak dan mengingat tujuan membangun usaha bersama.

4. Tentukan Masing-Masing Jabatan Dengan Jelas.

Nah, ini merupakan poin penting yang seringkali dilupakan. Membangun bisnis bersama teman bukan berarti semua tugas dikerjakan bersama. Kompak dalam segala hal memang boleh-boleh saja, tapi agar bisnismu bisa berkembang secara sehat maka buatkan struktur organisasi yang jelas agar kamu dan sahabatmu mengerti dan paham tugas dan tanggungjawab masing-masing. Dalam hal ini kalian bisa menentukan jabatan sesuai dengan kemampuan masing-masing.

5. Usahakan Selalu Menyelesaikan Masalah Dengan Jalan Diskusi.

Meski kalian sudah saling mengenal satu sama lain, namun bukan tidak mungkin di tengah perjalanan usaha ada perselisihan pendapat yang terjadi. Hal seperti ini sangat wajar terjadi, karena menggabungkan beberapa pikiran dalam satu pekerjaan tidak selamanya memberikan hasil yang seragam. Jadi, jangan anggap perbedaan tersebut sebagai awal perpecahan. Diskusikan setiap masalah yang muncul, bicarakan dengan baik, saling terbuka satu sama lain dan pastikan kalian menemukan jalan tengah tanpa harus melibatkan pihak lain.

6. Junjung Tinggi Profesionalitas Kerja

Kendati bekerja bareng teman terlihat santai dengan aturan yang lebih fleksibel, namun biasakan untuk menjunjung tinggi profesionalitas kerja agar tak saling merugikan satu sama lain. Layaknya bekerja di perusahaan orang lain, kalian juga harus bisa profesional ketika menjalankan tugas masing-masing. Reward and punishment juga bisa diberlakukan untuk meningkatkan profesionalitas kerja.

7. Kepercayaan Dan Kekompakan Sebagai Sahabat Wajib Terus Dijaga.

Modal utama dalam menjalankan bisnis bersama adalah kepercayaan dan kekompakan sebagai teman. Jangan sampai hanya karena uang yang tak seberapa, kekompakan kalian mulai pudar di tengah jalan. Untuk menjaga kepercayaan satu sama lain, pastikan komunikasi terjalin dengan baik dan saling terbuka satu sama lain. Sesekali luangkan waktu kalian untuk sekedar hang out atau liburan bareng untuk meningkatkan kekompakan kalian dan sejenak melupakan urusan pekerjaan.

Meski kelihatannya tidak mudah, tapi bukan berarti sulit untuk dijalankan. Jika kamu yakin dengan kemampuan sahabatmu dan sudah memahami dengan baik berbagai resiko dan ketentuannya, membangun bisnis bareng teman bisa jadi salah satu cara untuk mulai berwirausaha. Selamat mencoba dan salam sukses!