9 Tips Memulai Usaha Baru Untuk Kamu Pebisnis Pemula

9 Tips Memulai Usaha Baru Untuk Kamu Pebisnis PemulaDemam wirausaha belakangan ini mulai mewabah di kalangan masyarakat. Bagusnya lagi, pemerintah pun mulai aktif menggulirkan program-program wirausaha melalui menteri Koperasi dan UKM. Tentu ini menjadi pertanda positif perkembangan ekonomi di Indonesia. Dan yang lebih membanggakan lagi, sebagian besar wirausaha di negara kita kini mulai didominasi kalangan pengusaha muda.

Untuk memulai karir di dunia usaha tidak ada batasan usia, kamu yang masih muda belia pun memiliki kesempatan yang sama besar untuk bisa sukses di dunia usaha. Tapi tentu syarat dan ketentuan berlaku, karena menjadi pengusaha sukses tidaklah gampang.

Agar kamu lebih siap menjadi pengusaha di usia muda, kali ini BisnisUKM.com akan memberikan 9 tips memulai usaha baru untuk kamu pebisnis pemula.

1. START WITH A DREAM

Mulailah dengan sebuah mimpi. Semua bermula dari sebuah mimpi dan yakinkan akan produk yang akan kita tawarkan. A dream is where it all started: Pemimpilah yang selalu menciptakan dan membuat sebuah terobosan dalam produk, cara pelayanan, jasa, ataupun idea yang dapat dijual dengan sukses. Mereka tidak mengenal batas dan keterikatan, tak mengenal kata tidak bisa; ataupun tidak mungkin.

2. LOVE THE PRODUCTS OR SERVICES

Cintailah Produkmu. Kecintaan akan produk kita akan memberikan sebuah keyakinan pada pelanggan kita dan membuat kerja keras terasa ringan. Membuat kita mampu melewati masa-masa sulit. Enthusiaatism and Persistence: Antusiasme dan keuletan sebagai pertanda cinta dan keyakinan akan menjadi tulang punggung keberhasilan sebuah usaha yang baru

3. LEARN THE BASICS OF BUSINESS.

Pelajarilah fundamental business. BEYOND THE BUY LOW, SELL HIGH, PAYLATE, COLLECT EARLY: Tidak akan ada sukses tanpa ada sebuah pengetahuaan dasar untuk business yang baik, belajar sambil bekerja, turut kerja dahulu selama 1-2 tahun untuk dapat mempelajari dasar-dasar usaha akan membantu kita untuk maju dengan lebih baik. Carilah guru yang baik!

4. WILLING TO TAKE CALCULATED RISKS.

Ambillah resiko. The Gaint that u will be able to achiave is directly propoltional to the risk taken: Berani mengambil resiko yang diperhitungkan merupakan kunci awal dalam dunia usaha, karena hasil yang akan dicapai akan proporsional terhadap resiko yang akan diambil. Sebuah resiko yang diperhitungkan dengan baik-baik akan lebih banyak memberikan kemungkinan berhasil. Dan inilah faktor penentu yang membedakan entrepreneur dengan manager. Entrepreneur akan lebih dibutuhkan pada tahap awal pengembangan perusahaan, dan manager dibutuhkan akan mengatur perusahaan yang telah maju.

5. SEEK ADVICE, BUT FOLLOW YOUR BELIEF.

Carilah nasehat dari pekarnya, tapi ikuti kata-kata kita. Consult Consultants, ask the experts, but follow, but follow your hearts. Entrepreneur selalu mencari nasehat dari berbagai pihak tapi keputusan akhir selalu ada ditangannya dan dapat diputuskan dengan indera ke enamnya. Pada fase awal sebuah usaha, kepiawaian menjual merupakan kunci suksesnya. Dan kemampuan untuk memahami dan menguasai hubungan dengan pelanggan akan membantu mengembangkan usaha pada fase itu.

6. WORK HARD, 7 DAY A WEEK, 18 HOURS A DAY

Kerja keras. Ethos Kerja keras sering dianggap sebagai mimpi kuno dan seharusnya diganti, tapi hard work and smart work tidaklah dapat dipisahkan lagi sekarang. Hampir semua successful start up butuh workaholics. Entrepreneur sejati tidak pernah lepas dari kerjanya, pada saat tidurpun otaknya bekerja dan berpikir akan bussinessnya. Melamunkan dan memimpikan kerjanya.

7. MAKE FRIENDS AS MUCH AS POSSIBLE

Bertemanlah sebanyak-banyaknya. Pada harga dan kualitas yang sama orang membeli dari temannya, pada harga yang sedikit mahal, orang akan tetap membeli dari teman. Teman akan membantu mengembangkan usaha kita, memberi nasehat, membantu menolong pada masa sulit.

8. DEAL WITH FAILURES

Hadapi kegagalan. Kegagalan merupakan sebuah vitamin untuk menguatkan dan mempertajam intuisi dan kemampuan kita berwirausaha, selama kegagalan itu tidak mematikan. Setiap usaha selalu akan mempunyai resiko kegagalan dan bilamana itu sampai terjadi, bersiaplah dan hadapilah!.

9. JUST DO IT, NOW!

Lakukanlah sekarang juga. Bila kamu sudah siap. Manager selalu melakukan : READY-AIM-SHOOT, tetapi entrepreneur sejati akan melakukan READY-SHOOT-AIM!. Putuskan dan kerjakan sekarang, karena besok bukanlah milik kita.

58 Komentar

  1. Saya tinggal di kupang ,saya ingin sekali membuka usaha,dan saya sudah pernah menjalani usaha yg sama dengan yg pernah saya kerjakan dlu semasa kuliah
    Lokasi sudah ada dan sangt strategis,,tpi ya itu lah kembali ke point’ awal lgi,,masalah DANA atau modal
    Sampai2 yg ada dalam benak ini pada akhir nya hanya menuju kepada kepasrahan saja lg😞😩

  2. saya orang sumba barat, saya pengen membuka usaha,tapi saya bingung mau buuka usaha apa karena saya belum mempunyai keterampilan..gimana cara mengembangkan keterampilan yang belum kita tahu,??????

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Pada dasarnya keterampilan bisa diketahui dari hobi atau passion yang Bapak miliki, namun sebagai calon pengusaha keterampilan yang perlu Anda miliki antara lain seperti yang telah kami bahas pada artikel berikut, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  3. Kalo berani jangan takut-takut, kalo takut jangan berani-berani apa benar prinsip kalo mau usaha…?

  4. Saya tingal di medan, 2 tahun sudah saya bekerja tetapi entah kenapa niatnya saya tidak ada untuk bekerja dan di gaji melainkan saya ingin mempekerjakan dan menggaji, saya ingin membuka usaha tp sy bingung mau buka usaha apa???

  5. saya DAVID umur 20thn, saya karyawan pln, sya penegen punya usaha / kerjaan sampingan, tp saya bingung mau bikin usaha apa..karena pengalaman saya masih rendah,, tolong kasih solusinya teman2, trimsss

  6. Sebelum mnjlnkan usaha, kita di
    haruskan untuk berpikir panjng.
    Jngn takut untuk mncoba. Ke Gagalan itu biasa, tnpa KeGagalan kita tidak bisa Sukses.
    Belajarlah sambil mencoba.

  7. saya tinggal di kediri, saya berniat untuk membuka usaha cetak undangan tapi rumah saya di gang kecil, sedangkan didaerah saya hanya ada 1 kompetitor. tapi saya masih ragu, karena saya juga belum menguasai benar dunia percetakan.apa yang harus saya lakukan?mohon bantuannya…… terima kasih.
    farida0837@yahoo.com

  8. Saya tgal d muara bungo, saat ini saya sedang merintis usaha percetakan, dan baru berjalan 3bln, tapi sampai saat ini usaha percetakan sya masih sangat sepi pengunjungnya, saya mohon masukn dari teman” semua.

  9. saya baru memulai usaha, buah yaitu salak pondoh ,alhmdulilah baru mulai jalan. Tapi saya ingin kembangkan ke usaha telur ,tp saya belum tahu langkah apa yang harus saya lakukan, mohon masukanya

  10. saya seorg PNS, skrg saya buka usaha general cleaning di banda aceh, sperti cuci sofa dll, sdh 2 tahun usaha saya blm berkembang, saya bingung mulai darimana untuk mengembangkannya, terutama dlm hal penjualan dan pengenalan usaha saya, perlu diketahui bahwa usaha ini saya yg pertama dan blm ada kompetitor, dan saya dlm kondisi terpuruk dlm hal ekonomi krna kegagalan usaha saya yg pertama, sehingga banyak menninggalkan sisa hutang bisnis. mohon pencerahannya, trims

  11. saya yuli saya baru lulus kuliah jurusan ekonomi saya belom punya pengalaman saya coba mencari kerja tapi gak dapet-dapet saya pengen buka usaha sendiri tapi bingung mau usaha apa sama dari mana saya memulainya…tapi saya sepertinya tidak memiliki dan saya selalu ragu dan takut gimana yah tipsnya biar saya punya jiwa enterpreneur dan biar saya tidak ragu dan takut lagi… juga usaha yang cocok bwt saya apa yah,,, soalnya saya cuma hobi masak..,(masak juga baru belajar) sama nulis puisi..

    • Mba yuli yg saya hormati,salam kenal dr yanti di garut.maaf sebelum nya bukan bermaksud untuk menggurui tp ini saya hanya ingin berbagi pengalaman,jika saya baca dan teliti pertanyaaan mba yuli,mba yuli tipe wanita feminim dan mempunyai sifat kurang percaya diri,,pendapat saya mba yuli lebih pas pada posisi sebagai produsen saja dengan mengembangkan keterampilan dan bakat anda,krna jika di lihat dr karakter anda,anda akan sedikit aga canggung dalam masalah pemasaran atau pendistribusian serta hubungan sosial pemasaran pun akan aga susah untuk mengoperasikannya ,jd saran saya anda lebih pas berada di posisi belakang layar perusahaan dengan menjadi produsen perusahaan,,krna saya yakin anda tipe yg rajin,ulet dan disiplin.terima kasih,mohon maaf bila ada kata kata atau kalimat yg kurang sopan atau kurang berkenan di hati anda.salam persahabatan.Wslm.

  12. saya lukman ,saya tinggal dipaya melihat keluarga saya bisnis jual beli tanah ,tapi saya bingung ingin berbisnis apa..? apakah saya ikuti bisnis keluarga saya pa bagai mana ? tolong kasi solusinya

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan. Jika Bapak Lukman memiliki minat dan bakat di bisnis yang sama, tidak ada salahnya bila Bapak Lukman meneruskan bisnis keluarga yang sudah ada. Namun jika Bapak Lukman memiliki hoby/ minat/ passion/ keahlian di bidang lain, bisa coba Bapak kembangkan untuk merintis peluang usaha sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Sebab, pada dasarnya kesuksesan bisnis tidak dipengaruhi oleh faktor keturunan. Semua tergantung dengan niat, tekad, dan kerjakeras Bapak dalam menjalankannya. Semoga bisa membantu dan salam sukses.

  13. saya bertempat tinggal di Sulawesi Tenggara, saya punya mimpi untuk membuka usaha sendiri, alhamdulillah mimpi saya itu sudah terwujud. terima kasih

  14. saya IRT, sebelum memiliki anak saya smpat menjadi seorang English teacher,,,,suami saya lebih mendukung saya to memulai usaha,,,tapi saya bingung usaha ap yg cocok buat saya?saya sangat interest di fashion,,,mohon bantuanny

  15. SAya Adang, saya ahli dibidang otomotip motor & traktor, impian saya ingin buka bengkel sendiri tapi ga punya dana untuk memulainya kira2 punya solusinya ga? agar impian saya itu bisa tercapai…

  16. saya seorang mahasiswa baru disebuah universitas, dan diasmping itu saya ingin membuka suatu usaha kecil untuk menambah uang saku,terus usaha apaya yang baik utuk saya…..?

    • Salut melihat semangat mahasiswa Indonesia yang sekarang ini mulai tertarik menekuni dunia usaha. Untuk menambah uang saku, Sdr.Misbahul bisa mencoba bisnis sampingan yang minim modal, misalnya saja menjadi reseller produk (pengambilan produk bisa dilakukan setelah ada orderan dan pembayaran dari konsumen), jualan pulsa berjalan (satu simcard u/ mengisi all operator), jadi dropshipper, dll. Beerikut ini kami informasikan pula artikel ide bisnis yang pernah kami angkat, tentang PELUANG BISNIS BAGI MAHASISWA.

    • Saya sudah bekerja di tempat sodara saya selama 7thun,saya sudah kpengen sekali buka usaha sendiri dan saya sudah memikirkan usaha yang akan saya rintis,tapai problemnya saya tidak berani kpada sodara saya bagaimana caranya bilang kalo saya mau buka usaha sendiri(takut,grogi)..sebaiknya saya harus bilang seperti apa??terimaksih.butuh pencerahan.

  17. smua yang dari awal memang sulit ….usaha .kerja keras.doa.komit………….sukses smuanya

Comments are closed.