Inspirasi Bisnis

Siapa Sangka Bisnis Ini Punya 111 Juta Pelanggan di Indonesia?!

siapa-sangka-bisnis-ini-punya-111-juta-pelanggan-di-indonesia

Di zaman sekarang ini, siapa yang tidak memiliki kendaraan? Hampir setiap masyarakat Indonesia memiliki kendaraan pribadi mulai dari motor sampai mobil pribadi. Bahkan tidak sedikit pula yang memiliki kendaraan pribadi lebih dari satu. Menurut data dari Mabes Polri, jumlah kendaraan yang terdaftar di Indonesia per tanggal 1 Januari 2018 mencapai 111 Juta, atau tepatnya 111.571.239 unit kendaraaan. Jumlah yang sangat luar biasa!.

Pertambahan jumlah kendaraan yang terus meningkat setiap tahunnya berbanding lurus dengan peningkatan kebutuhan masyarakat pada jasa bengkel. Dan tahukah Anda? Ternyata tingginya tingkat kebutuhan masyarakat pada jasa bengkel dapat menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Apalagi bengkel yang benar-benar berkualitas masih belum banyak ditemui di Indonesia. Bisnis bengkel juga tergolong sebagai bisnis yang tidak akan pernah ‘basi’.

Bagi anda yang sedang mencari ide bisnis, membuka jasa bengkel bisa jadi satu solusi yang bisa anda coba. Nah, jika anda tertarik untuk mencoba bergelut dengan bisnis bengkel ini, berikut beberapa tips yang bisa anda coba.

diKemas - Kemasan Kopi

Ingin Kemasan Kopi Kamu Naik Kelas?

Bungkus Kopi Kamu Dengan Elegan! Kemasan Kopi, Lebih dari Sekedar Bungkus Kopi.

  1. Pastikan suku cadang yang digunakan terjamin kualitasnya
pastikan-suku-cadang-yang-digunakan-terjamin-kualitasnya

Pastikan suku cadang yang digunakan terjamin kualitasnya

Untuk membangun kesan sebagai bengkel yang berkualitas, tentu anda harus benar-benar memberikan suku cabang dengan kualitas terbaik untuk konsumen anda. Jangan sampai bengkel anda justru memiliki nama yang buruk akibat memberikan produk dengan kualitas buruk dan mudah rusak. Kondisi ini tentu membuat pelanggan kecewa dan kapok buat ke bengkel anda lagi. Jangan sampai ya!.

  1. Teknisi yang kompeten
teknisi-yang-kompeten

Teknisi yang kompeten berperan penting dalam bisnis bengkel ini

Tips yang kedua adalah anda harus merekrut teknisi bengkel yang benar-benar berkompeten dibidangnya!. Teknisi yang sudah profesional akan paham permasalahan yang terjadi pada kendaraan, apa yang konsumen butuhkan dan mengerti apa yang diinginkan konsumen. Kompetensi yang baik dari teknisi bengkel anda, tentu akan membuat konsumen puas dan akan kembali lagi jika memiliki masalah dengan kendaraan mereka.

  1. Kualitas Pelayanan Terbaik
kualitas-pelayanan-terbaik

Kualitas pelayanan terbaik

Pelayanan terbaik adalah kunci utama dari kepuasan konsumen. Bahkan sebaik apapun produk yang anda jual dan sepintar apapun teknisi yang anda miliki, penjual tidak akan pernah kembali jika tidak mendapatkan pelayanan yang baik. Cara paling sederhana yang bisa anda terapkan adalah senyum dan bersikap ramah. Jadi, pastikan konsumen mendapatkan pelayanan terbaik dari anda. Ingat, Pelanggan adalah raja!.

  1. Suasana Bengkel yang Nyaman

Nah supaya konsumen anda makin betah untuk terus kembali ke bengkel anda, bisa disiati dengan menyuguhkan suasana bengkel yang nyaman untuk para pelanggan. Anda bisa menyiapkan waiting room yang nyaman plus dilengkapi dengan layanan WiFi gratis.

suasana-bengkel-yang-nyaman

Suasana bengkel yang nyaman

Waiting room yang bersih, nyaman, dan dilengkapi fasilitas WiFi super kenceng, bakalan bikin pelanggan betah berlama-lama menunggu kendaraan selesai diperbaiki. Agar koneksi WiFi di bengkel Anda bisa tetap lancar meski sedang banyak pengunjung yang mengaksesnya, pastikan Anda memilih WiFi berkualitas seperti WiFi Station dari Telkom Indonesia.

Semoga keempat tips sederhana ini bisa Anda coba jika tertarik untuk menggeluti usaha Bengkel. Semoga bermanfaat. Salam Sukses!