Strategi Pemasaran Bisnis Laundry Rumahan

Strategi pemasaran bisnis laundryPerkembangan bisnis laundry sekarang ini semakin hari kian meningkat pesat. Bahkan belakangan bisnis laundry banyak dipilih sebagai investasi masa depan mengingat keuntungannya cukup besar. Sehingga tidak heran lagi jika bisnis laundry rumahan sekarang ini banyak kita jumpai di sekitar kita.

Banyaknya layanan jasa sejenis menjadikan persaingan pasar bisnis laundry semakin ketat. Untuk memenangkan persaingan tentu dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan sasaran pasar.

Memenangkan Persaingan Pasar di Bisnis Laundry

Lalu, bagaimana strategi pemasaran yang paling jitu untuk memenangkan persaingan pasar di bisnis laundry?

1. Sistem Delivery

Strategi pemasaran yang pertama adalah menggunakan sistem delivery atau antar jemput laundry. Sistem jemput bola ini memudahkan pelaku bisnis untuk bisa mengambil cucian para pelanggan langsung ke rumahnya sehingga para pelanggan tidak perlu repot mengantarkan cucian ke tempat usaha Anda. Namun tentu saja harga yang ditawarkan lebih mahal dibandingkan dengan pelanggan yang datang sendiri ke tempat usaha Anda.

2. Sistem Kupon

Strategi pemasaran ini bisa dilakukan sebagai promo untuk bisnis laundry milik Anda, tentunya dengan persyaratan tertentu. Misalnya saja, pelaku bisnis memberikan laundry gratis 5 kg jika sudah pernah mencuci di laundry tempat Anda sebanyak 10 kali. Jadi setiap kali ada pelanggan datang, Anda akan memberikan 1 kupon untuk dikumpulkan, setelah kupon sudah mencapai 10 kupon maka pelanggan bisa menukarkannya dengan mencuci gratis sebanyak 5 kg.

3. Mengadakan Undian Berhadiah

Strategi pemasaran yang ketiga adalah dengan mengadakan undian berhadiah setiap satu tahun atau enam bulan sekali. Hal itu bertujuan agar para pelanggan lebih loyal lagi dan tidak bosan kepada bisnis laundry yang Anda jalankan. Siapkan hadiah yang berkaitan erat dengan ibu rumah tangga seperti peralatan dapur, aksesoris kamar dan lain sebagainya karena pasar untuk bisnis laundry sebagian besar adalah para ibu rumah tangga.

4. Diskon Member

Untuk memenangkan pasar bisnis laundry, pelaku bisnis juga bisa menggunakan sistem diskon untuk setiap pelanggan yang mempunyai kartu member. Dengan begitu pelaku bisnis harus membuat dua harga yaitu untuk pelanggan yang memiliki kartu member dan yang tidak.

5. Sistem Pemasaran Waralaba

Jika manajemen dari bisnis laundry yang Anda miliki sudah bagus dan brand bisnis Anda sudah dikenal banyak orang, maka Anda dapat mengembangkan bisnis tersebut dengan sistem waralaba. Caranya dengan merekrut orang yang ada di daerah lain untuk menjadi mitra franchise laundry Anda miliki.

Selain beberapa strategi pemasaran di atas, penambahan layanan seperti memilih sendiri pewangi pakaian yang akan Anda gunakan juga bisa digunakan sebagai salah satu media untuk memenangkan persaingan pasar bisnis laundry. Semoga informasi tersebut bisa membantu Anda yang sedang merintis bisnis laundry rumahan untuk memenangkan persaingan pasar. Salam sukses!

Sumber gambar : http://www.organizedliving.com/sf-images/default-source/laundry-gallery/freedomrail_white_laundry-room_2

1 Komentar

  1. yang paling sering saya temui didaerah saya adalah sistem kupon dan diskon.
    usaha ini menguntungkan tapi untuk modalnya juga cukup besar.

Comments are closed.