Sukses Berwirausaha Dengan Bisnis Busana Pengantin Muslim

ilustrasi bisnis baju pengantin muslimBagi para pelaku bisnis fashion khususnya mode busana muslim, nama Irna Mutiara tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Kiprahnya di dunia mode busana muslim yang dirintisnya sejak tahun 2006 silam, kini dibayar dengan kesuksesan manis baik di pasar lokal maupun internasional.

Terlahir dari keluarga pengusaha, dimana orangtua Irna saat itu menekuni bisnis jahit-menjahit. Tentunya sejak kecil wanita kelahiran 1970 ini sudah cukup akrab dengan mesin jahit sehingga keterampilan kedua orangtuanya juga mengalir pada dirinya.

Mulai tertarik menekuni bidang fashion pada tahun 1998, kala itu modal usaha yang dimiliki Irna hanyalah sebuah mesin jahit warisan orangtuanya dan dorongan semangat dalam dirinya untuk menciptakan sebuah busana. Dari sinilah Irna mulai serius menekuni bisnis fashion wanita, hingga pada akhirnya di tahun 2006 yang lalu Irna memutuskan membidik konsumen muslim khususnya busana muslim wanita.

Mengusung brand Irna la Perle untuk merek busana pengantin muslim yang Ia ciptakan, sekarang ini Irna tak hanya sukses di pasar Indonesia namun juga mulai merambah pasar negara tetangga seperti misalnya Malaysia, Australia, Turki, hingga Amerika Serikat. Dengan merintis butik yang mendesain dan membuat busana pengantin muslim, saat ini Irna la Perle telah membuka cabang di dua kota yaitu Jakarta dan Bandung.

Mulai Ekspansi ke Luar Negeri

pengusaha wanita suksesSelain mengandalkan promosi melalui dua toko cabang yang Ia miliki, saat ini Irna mengandalkan pemasaran online untuk menjangkau konsumen di luar negeri. Cara ini ternyata cukup efektif, sehingga pada tahun 2007 yang lalu produknya berkesempatan mengikuti acara fashion show di luar negeri seperti misalnya di Dubai, Abu Dhabi, dan Turki. Tidak hanya itu saja, sekarang ini bungsu dari sembilan bersaudara ini juga tergabung dalam komunitas muslim di Paris sehingga nama besar Irna la Perle semakin familiar di kancah dunia.

Dengan kisaran harga mulai dari Rp 7 juta hingga lebih dari Rp 10 juta, sampai saat ini Irna mampu memproduksi 100-150 potong busana pengantin muslim dan dalam setahun sedikitnya bisa mengantongi omzet hingga Rp 83 miliar. Dari omzet tersebut Irna bisa meraup keuntungan sekitar 20%.

Kendati sekarang ini Ia telah menjadi pengusaha sukses, namun Irna tak lantas tinggi hati dan tetap memperhatikan kesejahteraan semua karyawannya. Dari seluruh keuntungan yang didapatkannya, Irna menyisihkan sebagian labanya untuk memberangkatkan karyawannya ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah umroh. Walaupun dari 180 karyawan yang Ia miliki belum semuanya diberangkatkan umroh, namun wanita berusia 43 tahun ini berharap bila suatu saat nanti seluruh karyawannya bisa memenuhi panggilan ibadah umroh.

Semoga profil pengusaha yang sukses berwirausaha dengan bisnis busana pengantin muslim ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menjadi salah satu inspirasi bisnis bagi para seluruh masyarakat di Indonesia. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://mudahmenikah.files.wordpress.com/2009/08/mm_books_08.jpg
2. http://1.bp.blogspot.com/_IEVC5Dn6paQ/TOxvefZS_wI/AAAAAAAAACw/Zsi8DHZyOV8/s640/Irna+La+Perle+_10.jpg

1 Komentar

Comments are closed.