Sukses Memajukan UKM Dengan Optimalkan Internet

pemasaran onlineKetatnya persaingan pasar dan banyaknya jumlah pelaku UKM yang belakangan ini bermunculan di Indonesia, mendorong sebagian dari mereka mulai memutar otak dan mencari strategi baru untuk memenangkan persaingan yang ada. Salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, informasi dan jaringan internet untuk memperluas jangkauan pasarnya.

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa keberadaan internet menjadi salah satu akses bagi para pelaku UKM untuk mengembangkan usahanya. Mudahnya sistem pemasaran di internet dan luasnya jangkauan pasar online membuat para pelaku usaha menjadikan internet sebagai solusi tepat untuk menunjang perkembangan UKM di Indonesia.

Namun sebelum Anda ikut terjun memanfaatkan internet untuk memajukan UKM Indonesia, sebaiknya mari kita pahami terlebih dahulu beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menjalankan pemasaran UKM secara online.

Pahami Manfaat Internet

Sebelum Anda menggunakan internet, sebaiknya pahami terlebih dahulu seberapa besar manfaat internet bagi kemajuan bisnis Anda. Jangan sampai Anda hanya sekedar ikut-ikutan trend saja tanpa mendapatkan hasil yang berarti bagi kemajuan bisnis yang sedang dijalankan.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan pelaku UKM dari jaringan internet antara lain mempermudah untuk menjalin komunikasi dengan berbagai pihak, misalnya saja menjalin komunikasi dengan partner kerja maupun calon konsumen melalui email, skype, chatting, dan lain sebagainya. Sehingga masalah jarak dan waktu tidak menjadi penghalang bagi para pelaku UKM untuk mengembangkan usahanya.internet marketing

Selain itu para pelaku usaha kecil dan menengah juga bisa menjadikan internet sebagai media promosi yang cukup efektif. Luasnya jangkauan internet mempermudah pelaku UKM untuk mempromosikan produk atau jasa mereka hingga pasar mancanegara. Misalnya dengan membuka toko online melalui website, blog, atau bisa juga memanfaatkan media gratisan seperti facebook, twitter, atau forum-forum bisnis lainnya yang saat ini mulai ramai bermunculan di internet.

Cara Mengoptimalkan Bisnis Online

Selain menawarkan banyak manfaat, menjalankan bisnis online juga memberikan resiko baru bagi para pelaku UKM yang masih asing dengan perkembangan teknologi tersebut. Meskipun memasarkan produk atau jasa melalui internet terbilang mudah, namun pada dasarnya dibutuhkan skill dan pengetahuan khusus agar situs yang digunakan bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian dan mudah ditemukan para konsumen. Tanpa adanya SEO, keyword, backlink, serta beberapa faktor pendukung optimasi website lainnya, maka bisa dipastikan bahwa bisnis online yang dijalankan sulit ditemukan konsumen dan sangat mustahil bisa mendatangkan keuntungan yang optimal seperti apa yang Anda harapkan.

Jadi agar bisnis online Anda berjalan optimal, pastikan bahwa Anda telah memiliki bekal skill dan pengetahuan khusus untuk mengembangkan UKM secara online. Atau bagi Anda yang memiliki modal lebih, bisa juga mempercayakan masalah pemasaran online kepada para ahlinya, agar Anda bisa lebih fokus memikirkan pengembangan bisnis. Semoga informasi sukses memajukan UKM dengan optimalkan internet ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Tetap semangat, teruslah berkarya dan salam sukses untuk UKM Indonesia.

Sumber gambar : http://www.consultoriaonet.es/wp-content/uploads/2010/03/consultoria-marketing-online.png dan http://www.erdpk.net/images/marketingpic.jpg

4 Komentar

  1. Sy pernah puny keinginan untuk membuat usaha jasA yg menawarkan jasa pemasaran online kepada ukm2. Bgai mn prospeknya n apa langkahny? Mohon sarannya.

  2. saya sangat tertarik banget bisa jalankan bisnis online, tapi saya bingung memilih bisnis online yg prospectiv & menguntungkan dari sekian banyak bisnis yg di tawarkan melalui internet. mohon solususinya dong ……..?!

  3. pikiran ku mulai terbuka stelah membaca artikel optimalkan bisnis online ngapa bukan dari dulu aja………..?

Comments are closed.