Cara Pemasaran Produk UKM

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa keberadaan strategi pemasaran menjadi salah satu kunci kesuksesan sebuah usaha. Bahkan saat ini tidak hanya perusahaan besar saja yang membutuhkan cara-cara jitu untuk memasarkan produk maupun jasa mereka. Para pelaku usaha kecil dan menengah pun membutuhkan dukungan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan produknya dan memperluas jangkauan pasar yang dimilikinya. Hal ini penting agar produk atau jasa yang ditawarkan para pelaku UKM bisa dikenal masyarakat luas, dan bisnisnya bisa berkembang pesat.

Karena itu, untuk membantu para pelaku UKM dalam memasarkan produk-produknya. Berikut ini kami informasikan beberapa hal yang perlu diperhatikan para UKM dalam melakukan pengembangan pasar.

1. Menentukan harga jual ke konsumen

Penentuan harga memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan penjualan, biasanya harga yang murah menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Karenanya, usahakan harga jual yang Anda tawarkan tidak melampaui harga eceran tertinggi (HET) di daerah tersebut. Sehingga harga yang Anda tawarkan bisa bersaing dengan produk lainnya yang ada di pasaran.

2. Menentukan segmentasi pasar

Sebelum memasarkan sebuah produk, penting bagi Anda untuk menentukan target pasar yang ingin dibidik. Dalam hal ini Anda bisa memecah beberapa konsumen menjadi kelompok-kelompok kecil. Misalnya saja dengan membagi segmentasi pasar sesuai dengan umur konsumen, gaya hidup masyarakat, kebutuhan konsumen, dan lain sebagainya.

ukm

3. Menentukan jalur distribusi produk

Selain menentukan harga jual dan segmentasi pasar, Anda juga harus memperhatikan jalur distribusi produk Anda. Hal ini sangatlah penting, agar produk yang dihasilkan bisa sampai ke tangan konsumen. Beberapa alternatif yang bisa Anda gunakan untuk mendistribusikan produk UKM yaitu dengan cara konsinyasi (titip jual), mengenalkannya melalui pameran-pameran, memasarkannya langsung melalui toko online maupun offline, atau bisa juga bekerjasama dengan para agen atau reseller produk dengan memberikan komisi tertentu.

4. Memanfaatkan media iklan

Saat ini sudah banyak media iklan yang bisa dimanfaatkan para pelaku UKM untuk mempromosikan produk atau jasa mereka. Sebut saja media cetak seperti koran, majalah, tabloid, brosur, poster, atau bisa juga memasang iklan melalui media elektronik seperti radio, televisi, hingga pemanfaatan jaringan internet. Semakin sering Anda memanfaatkan media iklan, maka semakin besar pula peluang pasar yang Anda ciptakan untuk mendatangkan penjualan sebanyak-banyaknya.

Setelah memahami beberapa cara pemasaran produk UKM, kini saatnya Anda mempraktekannya langsung untuk mendapatkan untung besar setiap bulannya. Mulai dengan cara yang paling kecil, mulai dengan yang paling mudah, mulai dari sekarang. Salam sukses.

16 Komentar

    • Selamat siang Pak Akbar, untuk mengoptimasi pemasaran produk silahkan mendaftarkan UKM Anda di list direktori UKM yang ada di BisnisUKM.com. Pendaftaran silahkan membuka link berikut https://bisnisukm.com/direktori Salam sukses.

  1. Teman teman Mahasiswa Tehnologi Hasil Perikanan (THP) Universitas Maritim Raja Ali Haji melaksanakan Praktek pembudidayaan Spirulina dan berhasil sampai menjadi spirulina kering. Mohon informasi kalau mau dilanjutkan ke pemasaran .. kemana untuk link bayer nya.. terimakasih atas perhatiannya, salam

    • Selamat Siang Bapak Ronald, terimakasih atas respon yang disampaikan. Untuk mengoptimalkan pemasaran, Bapak bisa mengggunakan salah satu fitur promosi yang ada did BisnisUKM.com, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

    • saya adalah salahsatu ukm yg bergerak di bidang furniture apa bapak bisa membantu memasarkan saya tunggu kabarnya .facebook saya wijaya_226@yahoo.co.id.

  2. saya punya beberapa hasil kerajinan kreatifitas,cuma tidak bisa memasarkan munkin bisa bantu memasarkan,trima kasih

    • Kerajinan berupa apa bu??
      Bsa dkrimkan foto n flow proses produkny bserta harga nett k akun fb ato email saya!!
      Dtggu klanjutannya!!

Comments are closed.