Sukses Mengangkat Potensi Lokal ke Pasar Global

Bisnis Carica WonosoboBelajar memulai usaha semenjak duduk di bangku perkuliahan, Alfha Gemilang (25) yang saat itu menuntut ilmu di salah satu perguruan tinggi negeri di Semarang tidak hanya pernah mencoba satu atau dua peluang usaha. Ia sempat merintis bisnis bimbingan belajar, bisnis katering, usaha cafe kecil-kecilan, hingga membuka jasa analisis data, namun sayang semuanya gagal di tengah jalan.

Setelah kurang lebih 7 tahun menetap di Semarang untuk menyelesaikan pendidikannya dan mencoba peruntungan bisnis di kota tersebut, pengusaha muda yang akrab dipanggil Alfha ini memilih untuk pulang ke kampung halamannya di Wonosobo untuk mengawali kembali usaha barunya.

Baca Juga Artikel Ini :

Mengungkap Potensi Getah Pepaya di Mata Dunia Industri

Segarnya Bisnis Minuman Dari Buah Carica

Dengan memperhatikan potensi lokal yang ada di sekitarnya, Alfha akhirnya memberanikan diri untuk membantu ibunya memasarkan produk siup carica. “Carica sendiri merupakan buah khas dari dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa tengah. Buah carica hanya bisa berbuah di ketinggian di atas 1500 mdpl, dan hanya bisa tumbuh di beberapa tempat saja di dunia, salah satunya kampung halaman saya,” kata Alfha.

Serius Mengembangkan Usaha Sirup Carica

Owner Carica GemilangKarena kebetulan orang tua (ibu) sedang belajar membuat sirup carica, Alfha pun ingin memasarkan produk tersebut dengan lebih serius. Dari pemasaran yang sebelumnya tidak tahu sama sekali, Ia mulai mempelajarinya secara perlahan hingga memiliki target pasar yang jelas.

“Perkembangan usaha carica Gemilang berjalan cukup pesat. Dari karyawan yang dulunya hanya 1 orang, sekarang belum genap dua tahun sudah merekrut karyawan sekitar 34 orang. Yang awalnya hanya dari teras rumah, sekarang kami sudah memiliki tempat produksi sendiri,” ujarnya.

Mengusung nama Gemilang yang diambil dari nama pemilik sekaligus kepanjangan dari seGEr, ManIs, LezAt, dan NGangeni, dalam sehari pengusaha muda ini bisa mengolah kurang lebih 700 kg buah carica. “Untuk bahan baku sendiri kami bekerjasama dengan petani carica dan supplier gula yang ada di sekitar Wonosobo. Saat ini, jangkauan pasar Carica Gemilang meliputi daerah Jateng, DIY, Jakarta, Bandung, Banjarmasin, Manado, Batam, dan lain-lain,” terang Alfha. Tidak hanya pasar lokal saja yang Ia bidik, Alfha juga mulai memperluas jangkauan pasarnya hingga ke beberapa negara tetangga seperti Arab Saudi dan Hongkong.

Sigap Dalam Menghadapi Kendala Usaha

Proses pembuatan sirup caricaKendati buah carica bisa ditemukan dengan mudah di daerah Wonosobo, tapi pada musim panas kapasitas produksi buah ini sedikit menurun. Untuk mensiasati kendala tersebut, Alfha meningkatkan kapasitas produksi di saat musim panen carica, karena di luar musim terseebut kapasitas produksi bisa menurun hingga 50%.

“Kedepan saya berharap bisa mengenalkan Carica Gemilang ke masyarakat luas dan sekaligus menjadi produsen sirup carica terbesar di dunia,” tuturnya. Bagi Alfha, bisa membahagiakan kedua orang tua serta mensejahterakan tetangga dan warga sekitar yang sebelumnya tidak bekerja, menjadi salah satu kemenangan terbesar yang tengah Ia raih saat ini.

BINGUNG CARI IDE BISNIS ?
Dapatkan Ratusan Ide Bisnis Dilengkapi Dengan Analisa Usaha.
Klik Disini

“Untuk teman-teman yang ingin terjun di dunia usaha, seperti kata Steve Jobs, “If you can dream it, you can do it”. Jadi selama kita punya keinginan dan disertai doa, dan kita mau melakukannya, pasti disitu ada jalan untuk bisa berhasil. Doa orang tua juga sangat penting dalam hal ini,” pesan Alfha.

Tim Liputan BisnisUKM

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba