Pengusaha Sukses

Sukses Menjalankan Bisnis Modal Kecil Dari Belut

bisnis budidaya belutBapak Sulaiman adalah seorang pembudidaya belut yang meraih kesuksesan di daerah Cianjur Sukabumi. Berawal dari budidaya kecil-kecilan, Bapak Sulaiman mencoba untuk membudidayakan belut dengan memanfaatkan drum sebagai medianya.

Sampai dengan saat ini Sulaiman mengolah sendiri hasil panen dari budidaya belutnya menjadi beraneka macam makanan olahan yang dibuat dari belut. Dari hasil penjualan aneka macam olahan belut tersebut, Sulaiman mampu mengantongi keuntungan kotor sekitar 20 juta setiap bulannya.

Pada awalnya sebelum memulai bisnis budidaya belut, Sulaiman sempat merasa tidak yakin bahwa bisnis yang akan dijalankannya bisa meraih kesuksesan. Namun, dengan niatnya yang kuat, kerja keras dan seiring dengan berjalannya waktu kini Sulaiman telah dapat menikmati hasil jeri payahnya yang telah dimulai sejak tahun 2005 silam.

Kesuksesan yang diraih oleh Sulaiman dengan budidaya belut ini tidak dengan mudah didapatkannya. Pada tahun pertama Sulaiman memulai bisnis belutnya, dia sempat mengalami gagal panen. Akan tetapi dia tidak pernah pantang menyerah karena niatnya yang kuat, rasa ingin suksesnya yang tinggi serta tanggung jawabnya sebagai seorang suami yang ingin mencukupi kebutuhan istri dan ketiga anaknya membuatnya semakin bersemangat dalam berbisnis.

Sekarang ini Sulaiman telah kebanjiran order untuk produk olahan belutnya. Untuk mencukupi semua permintaan dari para konsumen yang semakin lama kian meningkat, Sulaiman juga membeli belut dari orang lain yang sama-sama membudidayakan belut di Sukabumi. Produk olahan dari belut yang banyak dijual oleh Sulaiman antara lain adalah dendeng belut, abon belut, keripik belut tepung dan keripik belut original.

Bagi Anda yang tertarik mengikuti jejak keberhasilan Sulaiman yang kini sukses menjalankan bisnis modal kecil dari belut, tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk membudidayakan belut dalam kapasitas kecil terlebih dahulu.

Budidaya belut dengan modal kecil dapat dilakukan dengan media drum, namun bisa juga menggunakan kolam terpal maupun kolam dengan lantai semen. Berikut ini adalah langkah yang penting untuk Anda perhatikan untuk bisnis modal kecil budidaya belut.

Persiapan kolam

Kolam untuk budidaya belut bisa dibuat dari terpal, drum bekas maupun kolam dari semen.

Persiapan media tanah

  • Masukkan tanah kedalam kolam atau drum hingga ketinggian 30-40 cm
  • Masukkan air sampai tanah yang yang ada dalam drum becek, namun air tidak menggenang.
  • Masukkan EM 4 sebanyak 4 botol ke dalam drum
  • Aduk tanah dalam drum sebanyak 2 kali sehari sampai tanah lembut dan juga gembur.

Media pakan

Kunci sukses dalam budidaya belut adalah adanya ketersediaan pakan. Media tanah harus berisikan bibit-bibit cacing yang bisa tumbuh dan berkembang biang dengan sangat baik sehingga kebutuhan akan pakan untuk belut bisa terpenuhi dengan baik. Pemberian pakan untuk belut juga bisa dilakukan dengan menambahkan pelet, keong atau bekicot.

Pemilihan bibit

Setelah semua media untuk budidaya belut siap, tahapan selanjutnya adalah menebarkan bibit belut. Dalam satu drum, sebaiknya bibit yang ditebar sebanyak 2 kg dengan jumlah bibit belut sebanyak 80 hingga 100 ekor setiap kilogramnya. Untuk penebaran bibit belut sesuaikan dengan luas media kolam yang digunakan.

Itulah kisah sukses Sulaiman dengan bisnis modal kecil dari belut. Semoga bermanfaat dan salam sukses!

Sumber gambar : http://1.bp.blogspot.com/-V5daw1Jm1a4/TaIlDIh7omI/AAAAAAAAACY/_O3arzGZun4/s1600/belut.jpg