Alasan Utama Para Pengusaha Membeli Bisnis Waralaba di Indonesia

alasan-utama-para-pengusaha-membeli-bisnis-waralaba-di-indonesia

Membeli bisnis waralaba di Indonesia kini telah menjadi salah satu pilihan bisnis yang sangat menarik, karena tingkat resiko yang akan dihadapi dalam menjalankan bisnis waralaba relatif lebih kecil. Mengapa demikian? Karena bisnis waralaba hampir tidak memerlukan banyak percobaan atau “trial and error”, semuanya itu sudah ditentukan dan dilakukan oleh para pemilik merek sebelum usaha mereka tersebut diwaralabakan.

Pemilik merek sudah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk mendukung kesuksesan investornya, karena pemilik merek bertanggung jawab dan sangat berkepentingan untuk menjaga nama baik bisnis waralabanya dengan berusaha menjadikan bisnis waralaba miliknya mempunyai reputasi 100% sukses bagi para pengusaha atau pembeli waralabanya.

Lalu, apa saja yang menjadi alasan utama para pengusaha membeli bisnis waralaba tertentu? Pertanyaan itulah yang sering muncul dan harus ditanyakan oleh siapapun saja yang tertarik ingin membeli sebuah merek bisnis waralaba. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi alasan utama mengapa orang atau pengusaha membeli sebuah bisnis waralaba terutama di Indonesia

Alasan Membeli Bisnis Waralaba

1. Waralaba tidak hanya sekedar membeli usaha

Membangun sebuah bisnis dari awal bukanlah perkara yang mudah. Pelaku bisnis akan membutuhkan waktu yang sangat lama agar bisnis yang mereka jalankan bisa dikenal banyak orang dan sukses di pasaran. Dengan membeli waralaba secara langsung maka akan sangat membantu para pelakunya bisnisnya, karena merek yang dibeli biasanya sudah banyak dikenal dan memiliki banyak pelanggan. Selain itu, membeli waralaba juga sudah sekaligus membeli pengalaman sehingga kita tidak perlu repot dan susah payah lagi memulai bisnis dari awal.

2. Tidak perlu branding usaha

Salah satu hal yang paling sulit saat memulai bisnis dari awal adalah membangun brand agar bisa dikenal oleh masyarakat luas dan memiliki banyak pelanggan. Beda halnya dengan bisnis waralaba yang telah dikenal oleh banyak orang, tentu saja hal itu akan menjadi alasan utama mengapa Anda membeli waralaba karena Anda tidak perlu repot lagi branding dari awal dan tidak pusing memikirkan strategi untuk mempromosikan bisnis Anda dari awal.

3. Adanya dukungan dari pihak penjual waralaba

Franchisor akan membantu para pembeli waralaba baik dari saat mulai membuka bisnis, survey lokasi, menjalankan usaha, training karyawan, bimbingan operasional, supply bahan baku, evaluasi, bimbingan pasca launching dan pengawasan selama menjalankan bisnis. Bahkan Anda dapat berkonsultasi dan berbagai dengan para pemilik mengenai kendala, cara menyelesaikan masalah, cara menghadapi resiko dan juga menghadapai hambatan-hambatan yang ada.

4. Adanya promosi yang berkesinambungan

Besarnya kekuatan jaringan waralaba tentu saja bisa memungkinkan biaya promosi lebih murah, lebih efisien dan efektif karena dapat dijalankan secara bersama-sama. Promosi  untuk bisnis waralaba ini juga tentunya akan sangat efisien karena biaya promosi yang biasanya dikeluarkan oleh pelaku bisnis akan ditanggung oleh seluruh jaringan bisnis waralaba secara bersama-sama. Cukup menguntungkan ya dengan kemudahan dalam mempromosikan produk waralaba.

5. Peluang untuk sukses lebih besar

Bisnis waralaba yang sudah memiliki pengalaman serta mempunyai management yang baik akan memiliki peluang sangat besar untuk meraih kesuksesan. Kemungkinan untuk sukses dengan menjalankan bisnis waralaba ini berdasarkan penelitian bisa mencapai angka 70%.

Sedangkan bisnis yang dibangun sendiri mulai sejak awal peluang untuk suksesnya hanya sekitar 60% saja. Namun, untuk menjalankan sebuah bisnis apapun itu kembali lagi pada pelaku bisnisnya. Apakah pelaku bisnis bisa menjalankan bisnisnya sesuai dengan prosedur bisnis ataukah tidak.

6. Memulai Bisnis Lebih Cepat

Memulai membuka bisnis waralaba pastinya jauh lebih cepat dibandingkan dengan membuka usaha sendiri. Hal tersebut karena bisnis waralaba sudah memiliki konsep, model bisnis dan yang pastinya pemilik waralaba akan memberikan  panduan sukses menekuni bisnis waralaba tersebut. Sehingga perencanaan menjadi lebih singkat dan mudah. Nah apabila ingin memulai bisnis dengan cara yang lebih cepat memilih bisnis waralaba menjadi pilihan yang paling tepat.

7. Panduan Memilih Lokasi

Memilih lokasi yang strategis dan tepat memang bukanlah hal yang mudah bagi para pelaku bisnis perorangan. Setiap pelaku bisnis pastinya akan selalu menginginkan lokasi yang mudah dijangkau, ramai dan banyak dilalui kendaraan lalu lalang.

Jika Anda memilih lokasi sendiri tentunya akan sangat sulit, namun dengan memilih bergabung dengan bisnis waralaba maka Anda tidak perlu memikirkan sulitnya mencari lokasi yang tepat. Dari pihak pemilik waralaba akan membantu mencari lokasi yang optimal, sebelumnya melakukan penelitian lokasi yang paling sesuai dengan bisnis.

8. Dukungan Rekan Franchise

Kemudahan yang bisa Anda peroleh dengan bergabung bisnis waralaba adanya jaringan dengan sesama partner pemegang waralaba. Tentu dengan begitu akan memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis. Bagaimana tidak, dengan adanya rekan yang sama-sama dalam satu brand tentu akan saling memberikan saran, dukungan dan berbagi pengalaman. Sehingga Anda tidak akan terasa seperti menjalankan bisnis sendiri.

Tertarik Dengan Bisnis Waralaba di Indonesia?

Demikian ulasan mengenai beberapa alasan orang memilih bisnis waralaba di Indonesia. Jika Anda tertarik ingin bergabung dengan waralaba Anda juga bisa bergabung dengan beberapa mitra waralaba kami disini. Atau pelajari lebih lanjut 5 cara promosi bisnis waralaba yang bisa Anda terapkan.

Simak juga beberapa inspirasi bisnis untuk pemula dan inspirasi bisnis dari para pengusaha sukses berikut ini. Sedikitnya ada 50 lebih pegusaha cafe, restoran, rumah makan, strategi pemasaran, tips dan trik membangun bisnis dari nol. Untuk mengetahui lebih lengkapnya bisa mengunjungi video dari bisniskuliner.id atau bisa KLIK DISINI.

Semoga informasi diatas bisa memberikan manfaat bagi para pemula dan menjadi bekal atau tips memilih bisnis waralaba agar tak salah dalam menjalin kemitraan. Maju terus UKM Indonesia. Salam Sukses!

 

Sumber gambar : https://www.storania.com/faktor-kunci-strategi-sukses-usaha-bisnis-waralaba-franchise/

1 thought on “Alasan Utama Para Pengusaha Membeli Bisnis Waralaba di Indonesia”

  1. Memang bisnis waralaba mempunyai prospek yang menjanjikan, tetapi terkadang tidak memperhatikan situasi dan lingkungan sekitar, dimana bisnis waralaba merambah sampai kedesa-desa padahal didesa tersebut banyak masyarakat dengan modal kecil hidup dari berdagang, dan mereka kalah bersaing, dari waralaba dengan modal besar dan usaha mereka mati, harus ada kebijakan dan aturan dari pemerintah yang mengatur mengenai keberadaan waralaba!

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba