Tips Meningkatkan Penjualan Lewat GoFood!

Meningkatkan penjualan lewat gofood menjadi salah satu hal yang sedang digencarkan oleh para pelaku bisnis kuliner. Bukan tanpa alasan, sekarang ini tren pesan antar makanan secara online memang makin meningkat. Selain memudahkan konsumen dalam membeli makanan, model bisnis yang satu ini dirasa akan meningkatkan penjualan makanan secara drastis. Nah salah satu layanan pesan antar makanan online adalah layanan gofood dari aplikasi Gojek. Gofood adalah layanan yang menyediakan jasa pemesanan dan pengantaran makanan dari restoran yang terdaftar ke konsumen.

Gofood memang terbukti memberikan banyak keuntungan bagi pebisnis kuliner. Karena Gofood bisa menjadi alat untuk mempromosikan makanan dan minuman yang bisa menjangkau seluruh wilayah. Jadi nggak heran hampir semua pemilik usaha kuliner memanfaatkan layanan ini. Tapi berjualan makanan di aplikasi gofood juga tidak mudah, karena sudah banyak pesaing-pesaing bisnis kuliner yang juga menggunakan aplikasi pesan antar makanan ini. Apalagi untuk produk ayam geprek atau aneka olahan ayam lainnya.

Tips Meningkatkan Penjualan Lewat GoFood!

Tips Meningkatkan Penjualan Lewat GoFood

Tapi jangan khawatir, buat kamu yang punya bisnis ayam geprek kesempatan untuk menguatkan daya saing masih ada. Ada tips spesial buat para pelaku usaha ayam geprek untuk meningkatkan penjualan lewat gofood. Yuk kita simak tips meningkatkan penjualan lewat gofood berikut ini!

1. Gunakan Nama yang Spesifik

Kalau untuk bisnis kuliner skala besar, menggunakan nama merchant atau nama toko tidaklah menjadi masalah karena brand sudah banyak dikenal. Tapi kalau usaha kuliner ayam geprek rintisan, kamu perlu menggunakan nama yang tepat. Kamu harus memilih nama merchant yang relevan dengan apa yang kamu jual. Jadi kalau kamu jualan ayam geprek, maka nama toko yang kamu gunakan harus mengandung unsur ayam geprek. Misalnya “Ayam Geprek Bu Rum” “Ayam Geprek Mas Brewok” dan nama lain sesuai nama usaha kamu.

Setidaknya, nama makanan atau minuman yang kamu jual menjadi identitas nama merchant kamu. Karena kebanyakan, konsumen akan mengetikkan nama menu yang mereka cari, bukan nama merchant atau nama toko. Jadi tips pertama untuk meningkatkan penjualan lewat gofood adalah gunakan nama merchant yang sama dengan jenis makanan yang kamu jual.

2. Meningkatkan Penjualan Lewat GoFood : Sesuaikan dengan Lokasi

Lokasi merchant juga sangat mempengaruhi hasil penjualan di gofood. Kamu harus mengenal karakter dan kondisi di sekitar lokasi kamu menjalankan usaha ayam geprek, karena konsumen akan lebih memilih lokasi merchant terdekat supaya menghemat ongkir dan mempersingkat waktu tunggu. Kalau dekat dengan kampus, artinya pasar potensial adalah mahasiswa. Siapa yang berada di sekitar lokasi kamu jualan, maka merekalah target pasar potensial.

3. Tentukan Titik Lokasi dengan Tepat

Titik lokasi yang kamu daftarkan harus tepat dan akurat dengan sebenarnya. Kalau kamu memberikan titik lokasi yang kurat tepat, hal ini bisa sangat merugikan. Karena titik lokasi yang tidak akurat bisa jadi meningkatkan cancel pesanan. Karena konsumen biasanya akan melihat peta map untuk meyakinkan mereka bahwa toko kamu memang yang mereka cari. Kalau memang lokasi yang kamu berikan kurang tepat, sebaiknya segera hubungi sales. Jangan membuat konsumen bingung dengan lokasi merchant.

4. Meningkatkan Penjualan Lewat Gofood : Sajikan Menu yang Menjual

Menu makanan yang disajikan menjadi daya tarik utama dalam bisnis kuliner. Sajikan berbagai menu yang menarik, memiliki cita rasa khas dan berkualitas. Cari tau menu seperti apa yang paling banyak dicari oleh konsumen untuk produk ayam geprek. Menu-menu yang menjual akan mendongkrak bisnis kuliner ayam geprek kamu. Selain sajian menu yang menarik, kamu juga harus memperhatikan kualitas dan kebersihan menu yang disajikan. Pastikan olahan ayam geprek yang kamu jual berkualitas.

5. Waktu Operasional Tepat

Dalam menjalankan bisnis kuliner ayam geprek yang memanfaatkan layanan gofood, kamu harus memahami waktu-waktu tertentu dimana pesanan meningkat. Waktu ini biasanya bergantung pada mayoritas calon konsumen yang ada di sekitar tempat kamu jualan. Kalau mayoritas mahasiswa, maka waktu yang efektif adalah pagi sebelum jam 8, siang pada jam makan siang, dan malam hari saat jam makan malam. Beda halnya kalau konsumen kamu mayoritas pekerja kantoran. Mereka akan ramai pada saat jam makan siang saja. Supaya lebih efektif, sebaiknya buka merchant minimal 12 jam yang menjangkau jam-jam ramai.

6. Meningkatkan Penjualan Lewat GoFood dengan Kenali Kompetitor

Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi bisnis kuliner adalah memahami karakter kompetitornya. Pesaing yang ada di sekitar lokasi kamu sangat menentukan untuk meningkatkan penjualan lewat gofood. Supaya kamu tetap bisa bersaing, cari tau apa yang belum kompetitor miliki. Misalnya dari sajian menu, pilihan paket, harga, atau pun penawaran diskonnya. Begitu juga dengan layanannya, kamu bisa tambahkan pelayanan khusus bagi driver.

7. Tawarkan Harga Menarik

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa harga menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi psikologis konsumen. Mereka bisa jadi berubah pikiran dalam sekejap ketika melihat makanan dengan harga yang menarik. Yang awalnya mereka tertarik dengan menu yang kamu jual, bisa saja berubah dalam hitungan detik saat mereka melihat menu yang sama dengan harga yang lebih murah dari merchant lain. Jadi, buatlah penawaran harga yang menarik.

8. Foto Menu Original dan Menggiurkan

Percaya atau tidak, gambar mengambil peran penting dalam mempengaruhi psikologis konsumen. Faktanya, banyak orang yang tertarik dengan suatu menu bukan karena melihat daftar menu, namun karena melihat gambar menu. Kebanyakan merchant di gofood tidak menyertakan gambar menunya, hanya menuliskan daftar. Ini adalah peluang besar untuk mencuri perhatian konsumen dengan deretan gambar menu. Pasang gambar terbaik untuk menu ayam geprek yang kamu tawarkan. Tampilkan gambar yang dapat menggiurkan konsumen. Tempatkan gambar menu terbaik pada foto utama merchant di aplikasi gofood. Selain itu gunakanlah gambar yang asli, karena tidak jarang konsumen kecewa karena makanannya tidak sesuai dengan gambar.

9. Meningkatkan Penjualan Lewat Gofood : Tawarkan Paket Lengkap

Untuk menarik perhatian pelanggan, kamu bisa menawarkan menu paket lengkap. Paket lengkap di sini berarti menu ayam geprek yang ditawarkan sudah termasuk minuman yang diberikan secara gratis. Kamu bisa memberikan harga menu paket ayam geprek lebih murah daripada membeli satuan. Ini akan memberikan kesan kalau menu paket yang ditawarkan worth it untuk dibeli. Buatlah konsumen merasa untung banyak saat membeli menu ayam geprek yang kamu jual.

10. Kemasan yang Terbaik

Ketika memesan makanan di gofood itu artinya konsumen akan mendapatkan makanan atau minuman yang sudah dikemas atau dibungkus. Maka dari itu kamu harus memberikan kemasan terbaik untuk bisnis kuliner ayam geprek kamu. Mulai dari kualitas kemasan ayam gepren dan cara pengemasannya. Pastikan juga kemasannya berkualitas supaya produk tetap terlindungi selama proses pengiriman. Jadi ketika sampai di tangan konsumen tetap dalam keadaan baik.

Itulah 10 tips meningkatkan penjualan lewat gofood untuk bisnis kuliner ayam geprek yang kamu jalankan. Semoga tulisan ini bermanfaat. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis kamu makin #NaikKelas ya. Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang mengetahui cara meningkatkan penjualan lewat gofood.

Ikuti terus informasi menarik seputar strategi bisnis lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba