Mie Setan, Bisnis Kuliner Pedas yang Masih Menjanjikan!

Mie setan merupakan salah satu sajian kuliner pedas yang sempat meredup beberapa waktu lalu sejak kemunculannya. Tren mie setan sempat digeser oleh sederet kuliner pedas lainnya seperti ayam geprek, seblak, atau pun bakso aci. Tapi kalau kita amati lagi sekarang, mie setan tengah naik daun lagi dengan inovasi varian topping yang lebih beragam mulai dari topping pangsit goreng, lumpia, ceker, dan aneka dimsum lainnya. Begitu juga dengan varian rasa yang juga menghadirkan pilihan antara pedas manis atau pedas asin. Sebut saja Mie Gacoan, salah satu kedai mie setan yang outletnya sudah tersebar di wilayah pulau Jawa dan Bali. Kehadirannya tidak dipungkiri menjadi salah satu titik balik bagaimana kuliner pedas mie setan naik lagi ke permukaan dan siap bersaing dengan sederet kuliner pedas lainnya.

Mie Setan, Bisnis Kuliner Pedas yang Masih Menjanjikan!

Peluang Bisnis Mie Setan

Olahan mie merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Dari anak kecil, remaja, hingga orang tua adalah penikmat makanan dari tepung terigu ini. Selain mengenyangkan layaknya nasi, mie juga nikmat kalau dipadukan dengan berbagai pelengkap. Mulai daging, sayuran, telur, bakso, pangsit, dan juga kerupuk. Pamor mie makin meningkat saat tren makanan bercita rasa pedas juga trennya makin naik. Jadi nggak heran kalau makanan mie setan dengan beragam variasi di dalamnya membuat orang penasaran dan ingin mencicipinya.

Faktor tersebutlah yang akhirnya membuat peluang bisnis kuliner mie setan dengan variasi pedas berlevel menjadi semakin terbuka lebar.  Banyak juga dari pebisnis yang membuka kemitraan usaha kuliner mie pedas berlevel. Kemunculan usaha kuliner mie pedas berlevel yang kian marak membuat kompetisi  menjadi semakin menarik terutama di kota-kota besar. Peluang usaha kuliner mie pedas ini akan semakin besar ketika belum banyak atau belum ada kompetitornya di tempat kamu mulai usaha. Kamu bisa menyasar pelajar dan anak-anak muda sebagai konsumen potensial kamu.

Apakah kamu tertarik untuk memulai bisnis mie setan kekinian? Kalau di tempat kamu tinggal masih terdapat banyak orang dari kalangan anak muda maka bisnis mie setan kekinian akan sangat menjanjikan untuk mendapatkan keuntungan besar. Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis mie pedas juga terbilang tidak terlalu besar. Kamu bisa menjalankan usaha kuliner pedas ini dengan skala rumahan terlebih dahulu.

Strategi Pemasaran Mie Setan

Manfaatkan media sosial untuk memasarkan produk mie setan kekinian yang kamu jual. Media sosial adalah alat pemasaran yang sangat efektif untuk memasarkan sebuah produk. Apalagi segmen konsumen yang kamu sasar adalah anak muda. Mereka adalah pengguna aktif media sosial yang kemungkinan besar segala aktivitas yang mereka lakukan selalu berkaitan dengan media sosial. Seperti mencari rekomendasi kuliner enak atau mencari produk yang mereka inginkan. Selain itu ketika memulai usaha kuliner pedas mie setan kekinian manfaatkanlah juga kemitraan merchant di aplikasi layanan pesan antar online. Hal ini akan sangat efektif untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Selain itu juga akan lebih memudahkan konsumen untuk bisa menikmati mie setan kekinian yang kamu jual dengan lebih simpel dan praktis.

Resep Mie Setan Pedas

Dalam menjalankan bisnis kuliner, cita rasa adalah modal yang sangat penting untuk bisa bersaing dan terus berkembang untuk menjangkau pasar yag lebih luas. Rasa nggak pernah bohong, itulah ungkapan yang bisa menggambarkan bagaimana bisnis kuliner harus punya cita rasa khas dan sesuai dengan selera pasar. Maka dari itu menciptakan resep yang terbaik adalah modal yang sangat penting.  Berikut ini resep mie setan yang bisa kamu jadikan acuan dan kembangkan.

Bahan

Toping Ayam

– 250 gram ayam

– 2 siung bawang putih

– Merica bubuk

– Penyedap rasa

– 150 mili air

Mie

– 1 bungkus mie urai

– 1 bungkus saos tiram

Sambal

– 20 biji cabai kecil atau sesuai selera

– 1 siung bawang putih

Toping Mie

– Ayam giling

– Keripik pangsit

– Sawi

– Bawang goreng

– 1 tangkai daun bawang

Cara Membuat

1. Blender bahan toping ayam. Tumis sampai bergerindill kemudian tiriskan terpisah dengan air.

2. Masak cabai dan bawang putih, kemudian blender tanpa air.

3. Goreng keripik pangsit dan sosis.

4. Masak mie hingga matang. Kemudian campurkan cabai dan saos tiram. Aduk sampai merata.

5. Taburkan toping di atas mie.

6. Mie setan diap disajikan.

Kemasan Mie Setan

Kalau makanan berat biasanya dikemas dengan kertas minyak atau sterofoam, kamu bisa banget nih bikin inovasi kemasan yang lebih vancy sekaligus ramah lingkungan. Sekarang kemasan makanan itu tidak hanya sebatas menjadi wadah atau kemasan suatu produk saja. Tapi lebih dari itu kemasan makanan merupakan bagian dari identitas produk itu sendiri.  Jadi kalau kamu sudah punya resep mie setan yang super enak, selanjutnya adalah buat kemasan dengan desain yang menarik.

Ada beberapa jenis kemasan yang cocok untuk mengemas mie setan yang kamu jual. Tapi yang paling cocok adalah kemasan dari kertas yang bisa membuat tampilan mie setan pedas makin berkelas. Sekaligus memudahkan konsumen ketika membeli mie pedas yang kamu jual. Terutama untuk layanan delivery. Berikut ini kemasan makanan yang cocok untuk mengemas mie setan pedas.

Paper Bowl

Paper Bowl
https://dikemas.com/

Kemasan berbentuk mangkuk dari bahan kertas ini banyak digunakan untuk produk-produk makanan. Mulai dari camilan, makanan berat, sampai makanan berkuah. Ukurannya juga beragam mulai dari ukuran kecil, sedang sampai besar. Kemasan paper bowl dilapisi bahan anti panas dan anti air. Jadi jangan khawatir kemasan akan bocor atau rembes. Untuk desainnya kamu bisa gunakan stiker atau sablon. Kemasan paper bowl juga dilengkapi dengan penutup. Jadi mie pedas setan akan tetap aman sampai ke konsumen ketika dikirimkan dengan layanan delivery.

Food Pail

Food Pail
https://dikemas.com/

Kemasan berbahan kertas layaknya box nasi ini punya tampilan dan desain yang unik serta menarik. Bahan kertas untuk kemasan ini sudah dilaminasi dan masuk kategori food grade. Jadi tidak akan rembes atau bocor. Model kemasan seperti box tapi ada kuncian di bagian atas atau tutup kemasan sehingga lebih praktis untuk digunakan. Kamu bisa pilih teknik cetakan menggunakan printing full warna atau sablon kalau kamu ingin desain kemasan mie pedas setan yang simpel. Ukurannya mulai dari kecil, sedang, sampai besar.

Paper Lunch Box

Paper Lunch Box
https://dikemas.com/

Bahan kemasannya mirip dengan food pail, tapi beda bentuk dan model. Paper lunch box biasanya digunakan untuk mengemas produk makanan berat seperti nasi atau pun mie. Ukurannya bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Kalau satu porsi mie pedas yang kamu jual lumayan banyak, kamu bisa cetak kemasan paper lunch box custom untuk lebar dan tingginya. Supaya bisa disesuaikan dengan produk yang kamu jual. Teknik cetakannya juga bisa menggunakan full color printing atau sablon.

Itulah ulasan seputar peluang usaha kuliner pedas mie setan yang bisa kamu jadikan ide untuk mulai berbisnis. Semoga tulisan ini bisa menginspirasi kamu ya. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis kamu #NaikKelas! Bagikan juga artikel ini ke teman-teman kamu supaya makin banyak orang yang mau berproses untuk memulai sebuah bisnis.

Simak terus artikel tentang usaha kuliner menarik lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba