Tips dan Trik Membuat Konten Tiktok Biar Cepat Viral

Membuat sebuah konten tiktok untuk kepentingan bisnis memang bukan perkara mudah. Meskipun bisa dibilang mudah untuk kegiatan hiburan namun untuk membuat konten menarik pada bisnis dibutuhkan trik dan juga konsep. Karena jika asal – asalan maka orang akan malas dan kurang tertarik dengan konten kita. Jika sudah begitu maka tidak akan tepat sasaran.

Seperti yang kita ketahui tiktok ini sudah banyak dimanfaatkan untuk kegiatan bisnis. Saking banyaknya para pelaku bisnis yang promosi dengan menggunakan aplikasi ini maka kita harus kreatif dan pandai – pandai dalam membuat sebuah konten yang segar dan tidak membosankan.

Tiktok merupakan aplikasi yang muncul sejak beberapa tahun belakangan dan sekarang ini sedang fenomenal. Sosial media ini kini banyak digandrungi para anak muda milenial rentan usia sekitar 15-35 tahun. Bahkan pengguna aktifnya termasuk paling banyak di dunia.

Tiktok Untuk Bisnis

Tidak hanya untuk kepentingan pribadi saja kini tiktok sangat ramai digunakan untuk berbisnis. Tiktok ini menjadi pilihan media yang digunakan untuk mempromosikan produk karena responnya yang sangat cepat. Bahkan dalam hitungan jam saja apabila kamu kreatif dalam membuat konten maka video yang kamu buat akan menjadi viral.

Cara kerja tiktok ini memang menarik, hanya dengan video berdurasi 15 detik saja maka bisa dengan mudah memperkenalkan produk. Adanya beberapa fitur pendukung seperti halnya musik, filter, efek, dsb juga turut membantu menjadikan video semakin menarik.

Apabila kamu kreatif dalam mengolah video dan memiliki banyak inovasi dalam membuat konten maka akan dengan mudah kamu memperkenalkan produkmu pada khalayak umum yang lebih luas. Menariknya tiktok ini memiliki pengguna yang culup banyak mencapai 500 juta yang terbagi diseluruh dunia. Dengan begitu kesempatan kamu untuk menggaet pelanggan akan semakin besar.

Cara Membuat Konten Tiktok

Terlebih jika target yang kamu bidik adalah para anak muda milenial. Maka memaksimalkan tiktok untuk berbisnis ada pilihan cerdas. Namun dengan banyaknya para pesaing yang juga menggunakan tiktok untuk promosi bisnis. Menjadikan tantangan tersendiri untuk membuat konten yang unik dan menarik. Tidak semudah yang kita bayangkan membuat konten perlu inovasi dan kreasi. Lalu bagaimana tips membuat konten tiktok biar produkmu cepat dikenal khalayak luas dan cepat viral? Berikut ini beberapa cara membuat konten tiktok :

Mempelajari Platform Tiktok

Untuk lebih fasih dan mahir dalam menggunakan sosial media tiktok ini untuk kegiatan bisnis maka pelajari dengan betul. Dengan mempelajari platform dan juga jenis konten tiktok beserta fungsinya. Serta bagaimana berinteraksi dengan pengguna lainnya. Maka bisnismu akan dapat dengan mudah masuk dalam budaya. Untuk mendapatkan ide, gambaran serta referensi konten menarik kamu bisa melihat halaman trending di tiktok.

Bekerjasama Dengan Influncer

Cara yang satu ini sudah kita bahas disebelumnya. Bekerjasama dengan influncer ini memang sudah banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya. Memang influncer di tiktok belum sebanyak di instagram dan juga youtube. Dengan bekerjasama dengan influncer ini manfaatnya adalah memperluas jangkauan di tiktok. Cara ini dianggap benar – benar membantu membuat koneksi dengan generasi milenial.

Konten Menyenangkan

Kebanyakan konten di tiktok berisi tentang kesenangan dan kreativitas. Nah maka dari itu buatlah konten yang kreatif, menyenangkan dan menghibur. Membuat konten yang bertemakan produk itu sendiri merupakan ide yang menarik. Dengan konsep simpel namun dikemas dengan cara yang kreatif tentunya akan menarik. Bahkan cara tersebut adalah cara termudah dan murah untuk mempromosikan produk di tiktok. Kemudahan lain dengan membuat video iklan produk di tiktok kamu tidak perlu membuat video yang sangat halus dari segi editingnya.

Buat konten yang sederhana, simpel namun tidak berlebihan. Dengan membuat konsep yang simpel maka maka iklan akan terasa ringan dan mudah diterima oleh pengguna lain. Buat konsep konten yang relevan dan sesuai dengan produk yang kamu jual. Bisa berupa video menyenangkan, untuk sekedar refresh dan have fun. Atau bisa juga kamu membuat tips dan trik dengan mengemasnya secara kreatif.

Challenge Hashtag

Salah satu cara lain untuk mempromosikan produk bisnismu adalah dengan menggunakan challenge hashtag. Apakah challenge hashtag itu? Nah ini adalah tantangan khusus bagi para pengguna tiktok untuk membuat ulang konten dengan menambahkan hashtag merk produkmu didalamnya. Penggunaan challenge hashtag tentunya tidak hanya menyenangkan untuk mempromosikan bisnis namun juga berfungsi sebagai cara untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Memanfaatkan Iklan Tiktok

Pada awal kemunculannya dulu tiktok tidak memiliki iklan, namun seiring dengan terupgradenya fitur – fitur baru. Kini kamu bisa mendapati iklan berbayar, iklan ini memang sudah ada sejak tahun 2019 lalu. Ada beberapa macam iklan yang harus kamu ketahui, diantaranya :

Konten Asli
Iklan ini mirip dengan iklan stories snapchat dan instagram yang mana mendukung banyak fitur seperti klik situs web atau bahkan unduhan aplikasi.

Challenge Hashtag
Untuk mendapatkan lebih banyak engagemet kamu bisa membuat tantangan hashtag yang dipromosikan. Ini tentu akan membantu memudahkan menjadikannya viral dari pada membuat tantangan hashtag menjadi viral sendiri.

Penyebutan Brand
Dengan ini memungkinkan brand mengambil alih tiktok dengan membuat gambar, GIF dan video dengan penggunaan link ke halaman yang dituju atau challenge hashtag.

Lensa Brand
Berisikan konten brand layaknya lensa snapchar 2D dan 3D untuk wajah dan juga foto.

Sama dengan platform sosiak media, dengan iklan tentu mampu membantu menjangkau lebih banyak pengguna. Tiktok ini menawarkan penargaetan yang tepat. Sehingga dapat memastikan iklanmu menjangkau pengguna yang tertarik dengan brandmu dan mendapatkan pengguna yang tepat.

Nah itu tadi ada beberapa cara membuat konten tiktok untuk promosi bisnis agar cepat viral. Manfaatkan dan maksimalkan fitur yang ada dengan baik. Gunakan tips dan trik untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari beberapa strategi konsep konten yang kamu buat. Selamat mencoba, dan semoga berhasil.

Sumber gambar : https://gizmologi.id

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba