Usaha Tanaman Hias Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

Usaha tanaman hias akan sangan cocok untuk Bunda yang ingin punya bisnis sampingan. Ada banyak ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan bisa Bunda mulai sejak sekarang. Karena menjadi seorang ibu rumah tangga bukan berarti tidak bisa berkarya dalam bidang bisnis. Zaman yang semakin berkembang tidak menutup kemungkinan bagi para ibu rumah tangga untuk berkarya dengan memulai sebuah bisnis.

Peluang Usaha Tanaman Hias

Begitu juga dengan usaha tanaman hias yang menjadi salah satu ide bisnis yang bisa Bunda coba. Untuk memulai usaha tanaman hias memang Bunda perlu memiliki jiwa kewirausahaan. Supaya setiap kendala atau halangan bisa ditembus dengan konsistensi dan tekad yang kuat. Ketika seorang ibu rumah tangga memulai sebuah bisnis biasanya kekuatan dan kecerdasannya akan semakin bertambah. Sebab makin beragam peran yang dilakukan oleh Bunda sebagai ibu rumah tangga dan juga sebagai pelaku usaha tanaman hias. Jenis usaha tanaman hias untuk ibu rumah tangga tentu akan mendatangkan banyak manfaat selain dari sisi material. Bunda akan menjadi superwoman yang bisa melakukan banyak hal.

Usaha Tanaman Hias Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga
angieslist.com

Sekarang ini usaha tanaman hias telah hadir dengan berbagai inovasi baru. Jadi tidak hanya menjalankan usaha tanaman hias dengan menjual tanaman berserta pot dan benih tanaman saja. Melainkan ada konsep dan inovasi baru yaitu usaha tanaman hias yang menjual produknya sebagai souvenir sampai dekorasi untuk berbagai jenis acara atau kegiatan. Ada juga yang menjalankan usaha tanaman hias sekaligus sebagai konsultan untuk dekorasi rumah. Nah sangat menggiurkan bukan usaha tanaman hias sekarang ini?

Ide Usaha Tanaman Hias

Kali ini Bisnis UKM akan mengulas peluang usaha apa saja yang bisa Bunda kembangkan dalam menjalankan usaha tanaman hias. Sebab semakin banyak referensi ide yang Bunda dapatkan maka semakin banyak juga kesempatan yang bisa Bunda kembangkan. Simak ulasan tentang ide usaha tanaman hias selengkapnya berikut ini!

1. Bisnis Tanaman Hias Green Souvenir

Green souvenir sendiri merupakan produk souvenir yang berisi tanaman hias ukuran kecil dan dikemas dalam bentuk parcel yang menarik. Biasanya jenis tanaman yang ditawarkan sebagai green souvenir antara lain adenium, kaktus dan sukulen, soka, melati, serta aglaonema. Berbagai jenis bunga tersebut dikemas cantik dengan menggunakan tas keranjang rotan, pot keramik unik, plastik mika, atau bisa juga dikemas dengan menggunakan gelas dan memanfaatkan media tanam berupa hidro gel. Untuk setiap souvenir yang ditawarkannya memiliki harga yang berbeda, disesuaikan dengan jenis tanaman dan kemasan yang digunakan. Misalnya saja untuk souvenir adenium, melati dan soka ditawarkan Maki dengan harga Rp 6.500,00 sampai Rp 11.500,00/pot. Sedangkan untuk jenis kaktus dihargai Rp 7.000,00-Rp 12.000,00/pot.

Produk kreatif green souvenir cocok untuk membidik masyarakat umum maupun perusahaan-perusahaan di Indonesia yang mulai konsen dengan pemanasan global di berbagai negara dan ingin menghijaukan kembali lingkungan sekitarnya dengan aneka tanaman hias. Biasanya produk green souvenir ini ramai diburu konsumen untuk dijadikan souvenir pernikahan, souvenir acara seminar atau workshop, serta sering dipesan oleh perusahaan atau instansi dan lembaga pemerintahan maupun swasta yang menyelenggarakan kegiatan dengan tema Go Green. Selain harga jualnya yang cukup terjangkau, cara pembuatannya pun cukup sederhana. Produk yang biasanya paling laku terjual adalah souvenir dengan kemasan mika. Kemasan menarik tersebut hanya dibuat dari lembaran mika yang dibentuk tabung dengan bantuan pipa paralon. Kemudian dilem dan dialasi dengan styrofoam serta ditambahkan pemanis berupa hiasan pita dan tali.

2. Jasa Persewaan

Hadirnya peluang usaha tanaman hias untuk persewaan menjadi salah satu bukti bahwa peluang bisnis bisa muncul dimana saja dan kapan saja. Ide usaha ini muncul dari keadaan di mana sebagian pengelola kantor, gedung, serta ruang publik tidak sempat untuk menghadirkan suasana asri dan keindahan dalam ruangan. Maka dari itu menjalankan usaha tanaman hias untuk persewaan adalah solusi atas keadaan yang banyak terjadi di Indonesia tersebut. Selain biasa disewakan di perkantoran, gedung, dan ruang publik, jasa persewaan tanaman hias juga biasa digunakan untuk beragam jenis event tertentu. Biasanya banyak event organizer atau bahkan wedding organizer yang akan menggunakan jasa persewaan tanaman hias jika mengadakan acara dengan tema tertentu. Misalnya pada saat seminar, acara pesta pernikahan, serta acara lain yang membutuhkan hiasan ruangan dengan tanaman hias.

Usaha tanaman hias untuk persewaan banyak dicari perusahaan maupun konsumen perseorangan yang akan membuat suatu acara dengan tema tertentu. Biasanya pengusaha jasa sewa tanaman hias akan mendapatkan dua pekerjaan sekaligus. Pertama adalah mendesain ruangan yang digunakan untuk acara serta yang kedua adalah menyewakan tanaman hias yang digunakan untuk mendekorasi ruangan. Selain itu pemilik gedung perusahaan maupun gedung apartemen juga biasa memakai jasa sewa tanaman hias.

3. Jasa Dekorasi Rumah

Sekarang ini banyak pasangan atau pun keluarga yang ingin memiliki hunian yang asri. Apa lagi untuk rumah atau hunian di wilayah perkotaan yang lahannya sangat terbatas. Kebutuhan akan keberadaan tanaman hias menjadi satu hal yang pokok. Sebab keberadaan tanaman hias di rumah memiliki banyak manfaat. Mulai dari manfaat untuk keseharan fisik, keseharan pikiran, serta menghadirkan estetika pada sudut rumah. Tidak jarang perusahaan arsitektur menjalin kerjasama dengan para pelaku bisnis tanaman hias untuk memenuhi kebutuha mereka bagi client yang menginginkan konsep rumah go green. Terutama di wilayah perkotaan, banyak rumah dengan konsep minimalis dengan tema go green.

Maka dari itu bisnis tanaman hias untuk dekorasi rumah akan sangat menjanjikan melihat peluang yang makin terbuka lebar saat ini. Selain menjalin kerjasama dengan perusahaan arsitektur mau pun developer, Bunda juga bisa menyasar konsumen secara langsung tanpa perantara. Mulailah dari orang-orang terdekat seperti keluarga, tetangga, dan tekan Bunda untuk menjadi client. Tawarkanlah harga yang terjangkau dengan konsep minimalis dan sesuaikan dengan jenis tanaman hias yang dipakai untuk dekorasi. Menjadikan hunian lebih nyaman dengan kehadiran tanaman hias adalah satu hal yang bisa mendatangkan banyak keuntungan.

4. Usaha Jual Tanaman dan Bibit

Selain menawarkan jasa dekorasi dan persewaan, Bunda juga bisa menjual secara langsung tanaman hias serta bibitnya ke pada konsumen. Sekarang ini sudah semakin banyak orang yang menjadikan berkebun di rumah sebagai gaya hidup. Sebab gaya hidup berkebun di rumah ini memang dipahami sebagai hal yang sangat positif dan menguntungkan. Siapa sih yang tidak merasakan kenyamanan dan ketenangan saat melihat pemandangan hijau dan asri di sekitar? Hal inilah yang menjadikan banyak orang menerapkan gaya hidup berkebun di rumah. Selain menyehatkan badan dan pikiran sekaligus juga menciptakan lingkungan yang sehat.

Itulah ulasan mengenai ide usaha tanaman hias yang bisa Bunda jadikan inspirasi untuk mulai menjalankan bisnis. Semoga tulisan ini bermanfaat ya Bund. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis yang Bunda jalankan #NaikKelas Ikuti terus ulasan tentang bisnis ibu rumah tangga menarik lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga tulisan ini ke rekan Bunda yang lain supaya makin banyak orang yang terdorong untuk menjalankan bisnis!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba