Rekomendasi Kemasan Sabun Cair Berkualitas Siap Naik Kelas!

Kemasan sabun cair merupakan salah satu jenis kemasan yang modelnya beragam. Mulai dari kemasan botol, kemasan sabun cair sachet, kemasan jerigen, sampai kemasan sabun cair standing pouch. Sabun sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan perkembangannya telah banyak berevolusi. Cairan yang berguna untuk membersihkan berbagai hal ini banyak mengalami inovasi. Bisa kita lihat dari bentuk, aroma, dan juga kegunaannya. Bentuk saat ini ada sabun batang dan sabun cair. Aroma yang dihadirkan sekarang sangat bervariasi. Jenis sabun bermacam-macam, terbagi sesuai kegunaannya. Ada sabun mandi, sabun cuci piring, sabun laundry, sabun untuk kendaran, sabun untuk hewan dan masih banyak lagi.

Perkembangan Produk Sabun

Sabun merupakan salah satu kebutuhan pokok yang dikonsumsi oleh banyak orang dalam keseharian dalam hal untuk menjaga kebersihan. Bahkan kebutuhannya juga bukan hanya untuk konsumsi rumah tangga. Tapi juga untuk kebutuhan industri mulai dari skala yang kecil sampai industri skala besar. Hal ini tentunya akan menjadikan sabun sebagai produk yang jumlah permintaan pasarnya akan terus bertambah. Jadi nggak heran kalau para produsen sabun dengan beragam produknya berlomba-lomba untuk menggunakan kemasan sabun cair terbaik untuk meningkatkan daya saing.

Saat ini sebagian besar sabun cair dikemas menggunakan botol atau kemasan standing pouch. Tapi sekarang sudah banyak juga kemasan sabun cair sachet yang beredar di pasaran. Inovasi kemasan sabun cair sachet tentu saja hadir dengan melihat peluang yang ada. Kebutuhan setiap orang itu semakin kompleks dan kebutuhan akan produk yang dipersonalisikan merupakan realita yang terjadi saat ini. Seperti kemasan sabun cair sachet yang hadir untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang sering melakukan perjalanan atau kebutuhan lain yang sifatnya simpel, praktis, dan lebih ekonomis.

Inovasi Kemasan Sabun Cair

Selain kemasan sabun cair sachet, ada juga model lain yang digunakan untuk mengemas sabun cair sesuai jenis dan fungsinya. Salah satunya adalah kemasan sabun cair standing pouch yang biasa digunakan untuk mengemas sabun mandi cair, sabun cuci piring cair, sabun cuci tangan, deterjen cair, softener, pembersih lantai, dan cairan pembersih lainnya. Biasanya untuk produsen sabun cair skala kecil akan memilih kemasan sabun cair dalam bentuk botol, jerigen, atau standing pouch polos dengan mengandalkan stiker sebagai label kemasannya.

Dari segi tampilan, standing pouch, botol, atau jerigen dengan label kemasan stiker terlihat kurang menarik dibandingkan dengan kemasan sachet atau pun kemasan sabun cair standing pouch printing. Meski dari segi harga lebih terjangkau, tapi kemasan polosan yang ditambahkan label kemasan berupa stiker dari sisi marketing juga tidak terlalu kuat. Maka dari itu untuk produsen sabun cair ketika ingin mengembangkan produknya supaya bisa naik kelas, salah satu caranya adalah dengan upgrade kemasan produk. Pilihan yang paling tepat untuk upgarde kemasan sabun cair adalah standing pouch printing. Selain banyak digunakan untuk mengemas sabun cair juga digunakan untuk mengemas produk jenis lain seperti minyak goreng, handsanitizer, produk perawatan mesin, dan produk cair lainnya.

Dalam memilih kemasan sabun cair standing pouch printing juga harus dipertimbangkan dari jenis bahannya. Secara umum yang biasa digunakan adalah bahan Nylon dengan ketebalan dan kerapatan yang bagus sehingga bisa melindungi produk dengan baik. Ada juga bahan PET dengan harga yang lebih terjangkau. Tapi pertimbangan pemilihan material kemasan adalah hal yang sangat penting. Terutama dalam menyesuaikan dengan karakter produk itu sendiri. Misalnya produk yang dikemas punya sifat panas maka kemasan yang tepat adalah bahan Nylon supaya tidak mengalami percampuan kimia antara matrial kemasan dengan produk. Selain itu tujuannya juga untuk menghindari kebocoran atau kerusakan produk.

Kelebihan Kemasan Sabun Cair Bahan Nylon

Kemasan sabun cair standing pouch printing bahan Nylon dari segi kualitas sudah tentu lebih baik jika dibandingkan dengan bahan PET. Jadi sudah pasti mampu melindungi produk di dalamnya dari kontaminasi bahan kima dan hal lain yang bisa mengubah kualitas produk. Bahan Nylon ini mudah beradaptasi dengan situasi dan kondisi. Plastik Nylon termasuk dalam produk polimer sintetik, di mana plastik ini memiliki tingkat elastis yang tinggi dan selain itu daya keratnya juga cukup kuat. Hal ini karena Nylon terdiri dari serat sintetis yang dibuat dari minyak bumi. Berikut ini beberapa keunggulan plastik Nylon untuk mengemas sabun cair.

Menjaga Kualitas Sabun Cair

Kemasan standing pouch bahan plastik Nylon ini mampu menjaga kualitas isi produk dengan baik. Apalagi untuk produk-produk liquid atau cairan seperti sabun cair atau cairan minyak lainnya. Di mana isi produk akan terlindungi dari kontaminasi bahan kimia atau perubahan kualitas produk karena ada percampuran bahan kimia dalam kemasan.

Tampilan Lebih Menarik

Material plastik Nylon lebih tebal, jadi ketika digunakan untuk cetakan full warna akan tampil lebih menarik. Warna atau desain kemasan ketika dicetak akan lebih jelas dan sesuai. Tentunya ketika tampilan lebih menarik, produk juga akan semakin mudah diingat oleh konsumen.

Anti Bocor

Memiliki ketebalan dan kekuatan plastik yang bagus menjadikan kemasan sabun cair standing pouch dengan material Nylon tidak mudah rusak dan juga bocor. Apalagi untuk produk yang jalur distribusinya panjang. Pastinya material Nylon akan melindungi produk tetap aman selama proses distribusi.

Tahan Banting

Penggunaan kemasan plastik vacuum Nylon ini tahan banting, sehingga produk dalam kemasan terhindar dari kerusakan dan tidak mudah pecah. Hal ini karena terkadang dalam proses pendistribusian ada ketidaksengajaan terbanting. Maka dengan menggunakan kemasan ini jauh lebih aman dan terhindar dari kerusakan dan pecah kemasan.

Elastis

Kemasan aman digunakan, sudah banyak para pelaku bisnis yang membuktikan sendiri. Hal ini karena bahan kemasan plastik Nylon ini sangat elastis dan sangat kuat sehingga tahan dua kali lipat melindungi produk.

Nilai Marketing

Dari sisi marketing standing pouch Nylon pastinya lebih unggul dibandingkan kemasan polos yang ditempel stiker. Strategi permainan psikologi harga juga bisa diterapkan dalam jenis kemasan ini. Misalnya untuk ukuran standing pouch 1lt volumenya diisi 750ml kemudian ditambah dengan keterangan khusus ekstra 15% sehingga total volume yang terisi 865ml. Begitu juga untuk standing pouch ukuran 500ml, 250ml, atau 125ml.

Media Informasi

Dalam setiap kemasan pastinya dibutuhkan informasi yang jelas mengenai produk itu sendiri. Seperti halnya standing pouch printing bahan Nylon. Untuk ukuran apa pun masih bisa diberikan informasi produk seperti izin dari BPOM, sertifikasi halal dari MUI, Cara Penggunaan, Peringatan pada Bahaya atau Kecelakaan yang bisa terjadi, dan informasi lainnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Itulah ulasan seputar rekomendasi kemasan sabun cair yang bisa dijadikan wawasan seputar kemasan UKM. Bagikan juga tulisan ini ke rekan yang lain supaya makin banyak orang yang mendapat pengetahuan soal kemasan UKM.

Ikuti terus informasi menarik seputar kemasan produk UKM lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba