Tips Memulai Bisnis Sampingan Bagi Karyawan

Bisnis sampingan karyawanPenghasilan sebagai seorang karyawan terkadang tidak sepenuhnya bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Misalpun cukup, mungkin Anda tidak mampu membeli barang yang Anda inginkan seperti gadget terbaru, dan lain sebagainya. Itu sebabnya kenapa banyak para karyawan yang tertarik untuk menjalankan bisnis sampingan di sela-sela kesibukannya menjadi seorang karyawan.

Menjalankan bisnis sampingan karyawan berarti bahwa Anda mengerjakan aktivitas bisnis dengan memanfaatkan waktu senggang di tengah kesibukan Anda sebagai seorang karyawan. Namun, tidak mudah untuk menjalankan bisnis sampingan sambil bekerja sebagai seorang karyawan.

Jadi, ada beberapa hal spesifik yang perlu Anda lakukan agar bisnis sampingan yang Anda jalankan dapat meraih kesuksesan. Karena, keterikatan Anda dengan pekerjaan utama sebagai seorang karyawan dapat menjadi sebuah rintangan sekaligus nilai tambah dalam memulai bisnis.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips sukses memulai bisnis sampingan karyawan.

Pertama yang perlu Anda perhatikan adalah jalankan bisnis sesuai bidang yang Anda sukai. Bagi Anda yang mempunyai hobi memasak, membuka bisnis toko kue kering bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang dapat Anda jalankan sambil menyalurkan hobi. Kegemaran atau hobi memang selalu memberikan efek relaksasi yang menyenangkan, jadi pada saat Anda mengembangkan bisnis dari hobi Anda, bisa jadi hal itu akan menjadi hal yang menyenangkan.

Poin kedua yang tak boleh Anda lupakan adalah bangun sistem yang efisien. Menjalankan bisnis di tengah kesibukan Anda sebagai seorang karyawan tentu saja bukan perkara mudah. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis sampingan namun memiliki keterbatasan waktu, Anda perlu membangun sistem seperti tim kerja, sistem komputer, jaringan pemasaran dan lain sebagainya yang membuat Anda bisa mengerjakan beberapa hal tanpa Anda terjun langsung. Namun, Anda tetap bisa memastikan bahwa segala sesuatunya berjalan dengan baik, efisien dan peghematan waktu yang rasional.

Hal penting lainnya yang tak bisa Anda abaikan adalah pemisahan dua pekerjaan. Saat Anda menjalankan bisnis sampingan untuk karyawan, masalah yang sering dihadapi adalah ketika terjadi tumpang tindih antara pekerjaan utama sebagai karyawan dan urusan bisnis. Inilah yang perlu Anda perhatikan sejak awal, pengelolaan yang terpisah antara pekerjaan utama dan bisnis sampingan. Mulailah dari step usaha, keuangan, administrasi sistem bahkan masalah pembagian pikiran serta pengelolaan tekanan kerja.

Keempat, manfaatkan fasilitas yang efektif. Cara terbaik untuk memaksimalkan waktu yang Anda miliki untuk dua bidang kerja sekaligus adalah dengan memaksimalkan manfaat setiap waktu luang yang ada. Salah satu caranya dengan memanfaatkan sarana dan fasilitas di sekitar Anda demi mencapai efektivitas. Buatlah segala sesuatunya terlihat sederhana dan juga cepat.

Tips bisnis sampingan yang kelima yaitu manfaatkan asset yang dapat Anda akses dengan mudah. Saat Anda bekerja di kantor, maka rekan kantor Anda adalah asset bagi Anda. Misalnya saja Anda bingung mencari pasar untuk menjual produk yang Anda jual, maka cobalah untuk menjual produk pada rekan di kantor. Pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Terakhir, bangun kesepahaman. Saat Anda memutuskan untuk memulai bisnis sampingan untuk karyawan, maka mau tidak mau Anda harus mengorbankan waktu senggang Anda untuk urusan bisnis. Oleh sebab itu bicarakan dengan keluarga mengenai keputusan yang akan Anda ambil karena lama kelamaan Anda akan tenggelam dalam kesibukan. Selain itu, Anda juga dapat membangun kesepahaman dengan klien Anda supaya tidak mengganggu waktu kerja Anda sebagai karyawan.

Meskipun butuh lebih banyak upaya dan juga pengorbanan agar bisa menjalankan bisnis sampingan untuk karyawan. Namun, dengan kerja keras dan juga kesungguhan, menjadi pengusaha sukses bukanlah hal yang tidak mungkin. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar : file:///C:/Documents%20and%20Settings/User/My%20Documents/Downloads/bisnis%20sampingan%20karyawan.jpg

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba